• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 3 Film Indonesia yang Paling Fenomenal di Tahun 2016

3 Film Indonesia yang Paling Fenomenal di Tahun 2016

Tahun 2016, tiga film Indonesia ini paling ramai dibicarakan bahkan sampai dunia internasional. Bikin bangga!

Sepanjang tahun ini, geliat film nasional memang cukup punya catatan yang menggembirakan. Selain produksi yang semakin banyak, di tahun 2016 dunia perfilman Indonesia mencetak rekor baru lewat film dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah film Indonesia. Bukan itu saja, beberapa prestasi dan catatan penting dari film Indonesia yang tayang di tahun 2016, bisa kamu simak di sini.

Terlaris Sepanjang Masa

Nama besar grup komedian Warkop DKI memang sangat legendaris. Nggak heran film remake Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos! Part 1 yang rilis tahun 2016 kemarin berhasil duduk di posisi teratas sebagai film terlaris sepanjang masa. Bagaimana nggak, film ini tercatat menjaring lebih dari 6,8 juta orang penonton. Terpaut sekitar 2 juta angka dengan film Laskar Pelangi (2008) dan Ada Apa Dengan Cinta 2 (2016). Kamu pasti sudah nonton juga, kan?

Biaya Promosi Melebihi Produksi

Salah satu produser film Jangkrik Bos! Part 1, Frederica dari Falcon Pictures, mengakui bahwa biaya promosi (tur ke kota-kota, siaran on air/off air, bikin merchandise dan lain-lain) mencapai angka 15 milyar rupiah. Angka ini lebih besar dari biaya produksi film itu sendiri, yang (hanya) sebesar 10 milyar rupiah. Wow banget, ya!

Baca juga: 6 Film Indonesia Terbaik Rekomendasi Para Jurnalis Film yang Wajib Ditonton

Film Sekuel Paling Dinanti

Untuk ukuran sebuah film sukses, Ada Apa Dengan Cinta (AADC) terbilang cukup lama dibuat sekuelnya. Bayangkan saja, penggemar harus menunggu sampai 14 tahun demi mengetahui kelanjutan “nasib” tokoh Cinta dan Rangga. Meski membutuhkan waktu yang sangat lama, penonton AADC rupanya memang fans loyal. Setelah tayang di bioskop, AADC 2 tercatat meraih hampir 3,7 juta orang penonton. Dan bahkan, pemutaran film ini tergolong sukses juga di negara tetangga, yaitu di Malaysia dan Brunei Darussalam.

Lagu Tema dan Puisi Terkuat

Masih ingat bagaimana hits-nya lagu tema Ada Apa Dengan Cinta yang dibawakan Melly Goeslaw dan Eric di zaman AADC dahulu? Begitu juga dengan puisi Tentang Seseorang yang dibuat oleh Raka Prijatno, yang dibacakan oleh Dian Sastrowardoyo. Dengan ramuan yang sama, sutradara Riri Riza kembali mengangkat lagu tema dan puisi yang kental pada film AADC 2. Hasilnya, lagu tema Ratusan Purnama dan puisi-puisi Rangga terbaru di film ini, nggak kalah jadi sorotan. Penulis puisi Tidak Ada New York Hari Ini, Aan Mansyur, menjadi populer setelah AADC 2 tayang.

Baca juga: Suka Nonton di Bioskop? Ini Bedanya Kalau Nonton di Cinema XXI, Cinemaxx, dan CGV Blitz

Reboot Film Paling Menarik Perhatian

A video posted by Ini Kisah Tiga Dara (@safilms) on

Meski terinspirasi dan mengambil karakter tokoh yang sama dengan film klasik Tiga Dara, film Ini Kisah Tiga Dara arahan Nia Dinata ini juga unik. Secara genre, ini adalah film drama musikal yang jarang diproduksi oleh industri film Indonesia. Belum lagi, film ini mengambil lokasi syuting di Maumere, NTT yang sangat eksotis. Kita bisa menikmati para pemain bernyanyi dan berlenggang di film ini. Yang nggak kalah unik, penayangan Ini Kisah Tiga Dara di bioskop, didahului oleh perilisan film klasiknya yang sudah direstorasi. Film Tiga Dara dengan diperbarui dalam versi digital untuk menghasilkan tampilan dan kualitas film yang lebih bagus.

Melihat catatan di atas, nggak sabar ya menunggu pencapaian yang akan dibuat oleh para pembuat film untuk tahun 2017 nanti.

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia