• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Beauty
  • >
  • 4 Cara Pakai SPF yang Benar Supaya Kulit Kamu Nggak Hitam

4 Cara Pakai SPF yang Benar Supaya Kulit Kamu Nggak Hitam

Kamu pakai sunblock setiap hari? Tapi yakin nggak sudah pakai SPF dengan cara yang benar? Ikutin deh cara pakai SPF yang benar.

Tahu nggak sih kamu, kalau berbagai ancaman masalah kulit mulai dari kulit belang, terbakar, bahkan yang paling ngeri kanker kulit awalnya disebabkan paparan sinar UV. Hiiii, nggak mau kan? Nah, makanya penting banget nih yang namanya pakai SPF setiap hari. Yuk, simak cara pemakaian SPF yang tepat.

Bukan cuma kulit wajah, seluruh bagian tubuh yang kemungkinan terkena sinar matahari perlu dilindungin sama SPF. Apalagi kalau kamu berencana pergi ke pantai waktu liburan nanti. Tapi nggak terkecuali juga kalau kamu pergi liburan ke tempat yang dingin. Kamu juga tetap wajib pakai SPF. Walaupun udara dingin, sinar UV hampir 80 persen bisa tembus. Jadi, apa pun cuacanya, krim SPF untuk wajah adalah hal yang penting untuk menjaga kulit dari kerusakan. Dalam cara pemakaian krim SPF, kamu juga nggak boleh sembarangan supaya perlindungannya maksimal.

Pilih yang sesuai jenis kulit kamu

via GIPHY

Syarat paling utama dalam penggunaan krim SPF adalah harus disesuaikan dengan kondisi kulit kamu secara umum.

  • Kulit kering. Untuk jenis kulit ini sebaiknya pilih tabir surya berbentuk krim, salep, atau losion.
  • Kulit berminyak. Untuk menghindari kulit kamu makin berminyak, pilih SPF yang berlabel oil-free.
  • Kulit sensitif. SPF yang mengandung pengawet dan wewangian sebaiknya dihindari kalau kamu punya jenis kulit yang gampang alergi atau berjerawat. Sebaiknya pilih SPF berbentuk gel sehingga bisa membuat jerawat cepat kering dan kecil kemungkinan memperparah jerawat.

Oleskan krim SPF di waktu yang tepat

via GIPHY

Nah, kesalahan yang sering terjadi biasanya kamu terburu-buru mengaplikasikan krim SPF tepat sebelum keluar ruangan. Padahal, cara yang paling efektif supaya kamu nggak kehilangan banyak manfaatnya adalah oleskan krim SPF 15 menit atau 30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Selain itu, jangan pelit memakai krim SPF. Oleskan sekitar 2 sendok makan krim SPF ke seluruh tubuh supaya kamu dapat perlindungan yang maksimal.

Nggak cukup diaplikasikan cuma sekali

shutterstock_404967124

Yup, krim SPF emang nggak cukup diaplikasikan ke kulit satu kali untuk seharian. Perlu berkali-kali diulang supaya kulit kamu terus terlindung dari efek buruk sinar UV, terutama di jam-jam 10 pagi sampai jam 2 siang, karena saat itu merupakan waktunya sinar UV paling berbahaya untuk kulit kamu.

Baca jugaNggak Hanya SPF, Pelembap Juga Perlu Untuk Kecantikan Kulitmu, Lho!

Pakai kadar SPF yang tepat

via GIPHY

Kalau kamu suka bingung milih kadar SPF yang tepat, nah ini dia caranya. Sebenarnya untuk ukuran kulit orang Indonesia, kamu cuma perlu kadar SPF 15. Kenapa? Kadar tersebut menunjukkan seberapa efektif krim SPF mencegah kulit kamu terbakar akibat sinar UV. Krim SPF 15 bisa melindungi kulit kamu selama 150 menit setelah diaplikasikan. Kadar SPF yang lebih tinggi hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kulit sangat putih, atau terlahir dari keluarga yang memiliki riwayat kanker kulit.

Nah, girls udah tahu kan gimana cara yang tepat pakai krim SPF? Satu lagi yang perlu kamu ingat, bahwa sebagus apa pun krim SPF yang kamu pakai, tetap aja nggak akan 100% melindungi kamu dari efek buruk sinar UV. Jadi, kamu juga harus tetap melindungi kulit dengan memakai kacamata, topi, payung, atau pakaian panjang.

Categorised in: , , ,

This post was written by Kak Moza