• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Fashion
  • >
  • 5 Desainer Lokal Internasional yang Pakai Kain Tradisional Indonesia buat Koleksinya

5 Desainer Lokal Internasional yang Pakai Kain Tradisional Indonesia buat Koleksinya

Pakai kain tradisional jadi salah satu cara para desainer ini tunjukkan rasa cinta dan hormat pada Indonesia. Kalau kamu caranya apa?

Sebal nggak sih waktu itu kain kecintaan kita, batik, sempat diklaim sama negara tetangga. Padahal batik adalah kain warisan asli nenek moyang kita. Kalau kita yang nggak melestarikan dan mengenalkan pada dunia, siapa lagi? Masa mau nanti kain tradisional lainnya juga diklaim lagi. Nah, oleh karena itu mulai sekarang kamu harus tunjukkan rasa cinta dan bangga pakai kain tradisional. Nggak harus batik kok, kalau kamu nggak suka coraknya. Masih ada kain lain yang juga keren.

Seperti misalnya para desainer dalam dan luar negeri berikut yang bangga pakai kain Indonesia buat koleksi mereka.

BACA JUGA: 5 Designer Berhijab Yang Stylish Banget

Didiet Maulana

didiet

Desainer favorit banyak seleb di Indonesia ini punya koleksi baju dari kain ikat yang dinamakan Ikat by Didiet Maulana. Nggak perlu diragukan lagi, karyanya jenius banget. Didiet bisa lho bikin kain ikat jadi super modern. Mulai dari ditambahkan manik-manik sampai potongan bajunya yang anak muda banget. Eits, ibu-ibu pejabat saja jatuh cinta, masa kamu nggak?

Chitra Subiyakto

chitra_subiyakto

Awalnya profesi Chitra adalah seorang fashion stylist. Namun karena kecintaannya pada kain batik sejak kecil, Chitra memutuskan bikin satu brand bernama Sejauh Mata Memandang. Koleksinya adalah kain-kain dengan motif ayam yang biasa kamu lihat di mangkuk bakmi. Kalau kamu nonton film AADC 2 kemarin pasti nggak asing sama koleksinya yang dipakai oleh Dian Sastro.

BACA JUGA: Seleb Yang Punya Clothing Line Sendiri

Desainer Lokal Dea Valencia

dea_valencia

Siapa sih perempuan cantik asal Semarang satu ini? Dia adalah Dea Valencia, si pebisnis muda yang fokus melestarikan kain-kain batik lewat brand bernama Batik Kultur. Koleksi Dea Valencia sudah nggak diragukan lagi disukai banyak kalangan. Harganya terjangkau dan modelnya masuk buat setiap perempuan bergaya apapun. Psst, Dea Valencia sendiri sampai sudah jadi bintang iklan banyak produk karena berhasil bikin anak muda terinspirasi.

Lulu Lutfi Labibi

lulu_lutfi

Mungkin awalnya kamu berpikir, sepertinya koleksi desainer satu ini bukan kain tradisional deh. Kamu salah besar. Lulu Lutfi Labibi selalu setia sama kain lurik asal Yogya buat bikin koleksi bajunya. Banyak lho perempuan di luar sana yang belum pede pakai batik atau tenun lalu memutuskan pakai desain Lulu Lutfi. Asal sama-sama kain tradisional, kenapa nggak?

Dries Van Noten

dries_van_noten

Nah, kalau desainer ini bukan orang Indonesia. Beliau adalah desainer asal Belgia yang sukses di London dan New York. Kamu tahu nggak kalau di tahun 2010 kemarin Dries Van Noten sempat memakai motif batik buat menghiasi koleksinya? Kabarnya Dries Van Noten terinspirasi sama negara-negara di Asia saat liburan. Pasti dia liburannya ke Indonesia, deh!
Itu adalah langkah yang mereka ambil buat mengharumkan nama Indonesia. Nggak usah muluk-muluk dulu, ikutan upacara kemerdekaan atau ikutan lomba 17-an di komplek juga boleh!

Categorised in: , ,

This post was written by Jessica Esther