• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Jalur Hiking Gunung di Pulau Jawa yang Ramah buat Newbie

5 Jalur Hiking Gunung di Pulau Jawa yang Ramah buat Newbie

Masih newbie dan belum pernah naik gunung? Liburan ini, kamu bisa jajal jalur hiking gunung-gunung di Pulau Jawa berikut ini.

Salah satu wisata yang nggak membosankan dan penuh tantangan adalah wisata alam. Kalau berbagai pantai sudah sering kamu datengin, liburan ini saatnya kamu menjajal yang namanya berjalan-jalan di pegunungan. Nggak usah khawatir kalau memang ternyata kamu belum pernah naik gunung, karena di setiap wisata pegunungan, ada jalur hiking yang ramah untuk dilewati. Pilihan pun ada di tanganmu sendiri; mau jalan sekuatnya, atau ingin mencapai puncak gunung.

Oh ya, sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya melapor ke bagian pengelola untuk alasan keamanan dan agar kamu tahu situasi pegunungan tersebut. Bahkan, ada beberapa pengelola gunung yang menyediakan jasa pemandu, jika kamu memang memerlukannya. Selain itu, kondisi fisik dan perlengkapan menjaga diri juga tetap harus diperhatikan, ya!

Gunung Gede

Yang paling dekat dengan ibukota, tentu berjalanlah ke wilayah Bogor. Di area Cibodas, terdapat wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yang merupakan pintu masuk utama dari kawasan Gunung Gede itu sendiri. Gunung Gede ini salah satu gunung yang favorit didaki bagi para pemula, karena jalurnya termasuk yang nggak terlalu terjal. Namun bukan berarti kamu nggak bakal bertemu pendaki expert saat berjalan di sana. Mereka tetap suka mendaki di gunung ini, karena memang sepanjang jalan disuguhi keindahan Air terjun Cibeureum, sumber air panas, hingga pemandangan hamparan padang bunga Edelweiss yang cantik.

Gunung Papandayan

Kalau lagi ke Garut, Jawa Barat, Gunung Papandayan tentu merupakan salah satu objek wisata yang wajib kamu datengin dibandingkan dengan gunung lainnya. Berada di Kecamatan Cisurupan, gunung ini memiliki jalur yang cukup landai dan nggak mencekam. Bahkan hanya dengan berjalan santai selama 4 jam, kamu sudah bisa mencapai puncak gunung ini. Sepanjang jalan, kamu bakal disuguhi jalan bebatuan bekas kawah letusan Gunung Papandayan, dan juga berbagai hutan mati. Saat mau selfie, tebing-tebing tinggi yang eksotis bakal menjadi background foto-foto kamu.

Baca juga: Wajib Dikunjungi, 5 Wisata Alam Super Cantik di Indonesia yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Gunung Pulosari

A photo posted by Indra Saputra (@indraartupas) on

Tak hanya berbagai pantai cantik yang bisa kamu nikmati di Provinsi Banten, namun ada juga sebuah gunung yang ramah bagi para pendaki pemula. Gunung Polasari namanya, gunung ini berada di area Pandeglang dan memiliki berbagai daya tarik saat kamu menanjakinya. Mulai dari curug atau air terjun, beberapa kawah yang masih aktif, hingga flora dan fauna yang masih cukup terjaga. Untuk mencapai puncaknya sendiri, kamu membutuhkan waktu setidaknya 3 jam perjalanan. Di atas sana, kamu bisa menikmati panorama hutan yang dijamin bikin kamu nggak mau beranjak pergi.

Gunung Penanggungan

A photo posted by umar faruck (@ufaruck) on

Berjarak kurang lebih 55 kilometer dari Surabaya, kamu bisa mendatangi Gunung Penanggungan, Mojokerto. Kalau penasaran ingin mencapai puncak gunung, yang paling favorit, orang-orang start dari Taimajeng, Trawas. Dengan kurang lebih 4 jam berjalan, kamu bisa mencapai puncak gunung. Atau bisa juga memulai mendaki lewat titik Jolutondo, dan bisa menemukan beberapa peninggalan candi di jalur tersebut. Meski ketinggian Gunung Penanggungan ini masih kalah dibanding dengan lainnya, namun gunung ini dikenal dengan sebutan miniatur Gunung Semeru karena kemiringan jalurnya yang cukup menantang.

Baca juga: Selagi di Jalur Hiking yang Seru, Coba Peragain Trik Foto Liburan Superkece Ini

Gunung Prau


Letaknya di Dataran Tinggi Dieng atau tepatnya di Desa Patak Banteng, Wonosobo, Jawa Tengah. Jalur hiking di gunung ini sebenarnya ada 8 titik, namun yang paling favorit dan banyak dilalui orang adalah melewati jalur dari Patak Benteng itu sendiri. Sebagai pemula, tentu direkomendasikan lewat sini. Kalau ingin sampai puncak, kamu harus berjalan selama 3 jam untuk mencapai pendakian. Memang terbayang melelahkan, namun dan di atas sana kamu bisa menikmati keindahan awan-awan cantik dengan pemandangan puncak Gunung Sindoro, Merapi hingga Merbabu. Oh ya, Gunung Prau ini tentu memiliki hawa dingin khas dataran tinggi. Jadi pastikan kamu cukup pakaian buat meng-covernya.

Ayo dari pada penasaran sama keindahan panorama pegunungan, siapkan fisik, siapkan peralatan, cari teman, dan buktikan kalau kamu memang perempuan tangguh!

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia