• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Fashion
  • >
  • 5 Jurus Jitu Jadi Fashion Designer Andal Tanpa Sekolah Fashion

5 Jurus Jitu Jadi Fashion Designer Andal Tanpa Sekolah Fashion

Bercita-cita ingin jadi fashion designer terkenal tapi nggak perlu repot-repot sekolah fashion? Bisa banget, lho! Coba ikuti trik jitunya berikut!

Banyak banget cara yang bisa kamu tempuh buat jadi seorang fashion designer andal sekelas desainer-desainer beken di Indonesia, seperti Biyan, Didi Budiardjo, Adrian Gan, Didiet Maulana, dan lain sebagainya. Tapi apa benar untuk bisa jadi seorang desainer itu harus sekolah fashion? Selain biaya pendidikan yang nggak murah, belum tentu juga orangtua setuju dengan pilihan kamu. Tenang, Didiet Maulana juga jadi salah satu desainer yang mengawali kariernya tanpa sekolah fashion, lho! Semua berkat passion dan kerja keras. Plus, 5 trik jitu berikut!

Magang Jadi Asisten Desainer

intern

Mulai sekarang coba lamar kerja atau magang jadi asisten desainer. Nggak perlu jadi asisten desainer yang sudah go international, desainer-desainer yang baru memulai kariernya justru bisa membantu kamu melihat perjuangan mereka dan upaya apa yang mereka tempuh biar sukses. Kamu juga bisa tahu cara kerja mereka mulai dari membuat desain, menjahit, sampai memasarkan produknya. Pasti jadi bekal berguna buat kariermu ke depan.

Baca juga: Tips Memilih Baju Buat Wawancara Kerja

Banyak Baca Buku

baca_buku

Kamu tentu tahu istilah “buku adalah jendela dunia”. Semakin banyak pengetahuanmu, semakin terbuka pintu kesuksesan. Jadi, mulai sekarang daripada baca komik atau novel terus, coba beli buku tentang biografi desainer atau buku lain yang bisa mengajari kamu gimana caranya mendesain dan membuat pola baju.

DIY Fashion

diy_fashion

Nah, percuma kalau kamu sudah magang jadi asisten desainer dan baca banyak buku tapi nggak pernah mempraktikkan ilmu yang kamu dapat. Coba deh buat baju sendiri mulai dari sekarang. Kamu bisa mulai dengan DIY paling sederhana seperti membuat jeans robek-robek. Atau mau yang lebih menantang? Bisa juga bongkar pola baju yang ada di lemari dan modif menjadi model baju yang baru versi kamu.

Jadi Fashion Volunteer

A model prepares backstage at the Cristiano Burani fashion show during Milan Fashion Week Womenswear Fall/Winter 2013/14 in Milan, Italy. (Tullio M. Puglia/Getty Images)

Seorang fashion designer pasti dalam kurun waktu beberapa bulan sekali mengadakan sebuah fashion show. Kamu harus tahu persiapan membuat koleksinya sampai proses di belakang panggung. Oleh karena itu, sekali-kali jadi sukarelawan di backstage akan membantu kamu memahami pekerjaan seorang desainer.

Cari Kolega yang Tepat

cari_kolega_yang_tepat

Sudah belajar ke-4 trik di atas, saatnya memberanikan diri untuk menjadi seorang fashion designer. Kalau kamu belum cukup pede dengan kemampuanmu, mencari teman yang punya passion serupa denganmu akan sangat membantu. Cari kolega yang punya visi, misi, dan tentunya semangat kerja keras seperti dirimu, ya!

Percaya saja, dengan passion dan kerja keras semua bakal tercapai. Sekolah hanya menjadi faktor penunjang. Percuma juga kan kalau sudah bayar sekolah mahal tapi kamu nya malas kan? Jadi, teruskan kerja kerasmu sampai menjadi desainer andal!

Baca juga: 5 Desainer Ini Pakai Kain Tradisional Buat Koleksi Baju Mereka

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza