5 Karya Fashion Anak Bangsa Ini Bikin Bangga Indonesia

Di bidang olahraga, nama Indonesia harum karena para atletnya. Gimana kalau soal fashion ya? Ada nggak desainer lokal yang membanggakan?

Dilihat dari segi apapun, sebenarnya Indonesia tidak kalah dari banyak negara maju. Termasuk soal sumber dayanya. Di bidang fashion, banyak banget lho talenta super keren, atau desainer lokal dari negeri ini yang nggak hanya dihargai masyarakat dalam negeri tapi juga luar negeri. Mulai dari model, kualitas, sampai segi bisnis, 5 brand lokal dan fashion designer ini buktikan kemampuan mereka bersaing di pasar internasional. Siapa saja ya mereka?

BACA JUGA: 5 Designer Yang Pakai Kain Tradisional Untuk Rancangannya

Cotton Ink

cotton_ink

Pasti kamu sering belanja online di brand satu ini deh. Gimana nggak, koleksinya khas anak muda banget dan harganya juga masih bersahabat di kantong. Walaupun suka belanja, tapi kamu tahu nggak kalau Cotton Ink yang dimulai sejak 8 tahun ini juga disukai sama perempuan di negeri kangguru, Australia, dan juga Singapura? Ini semua berkat pelayanan mereka yang bisa diantar sampai ke dua negara tersebut.

Toton

toton

Perkenalkan, Toton. Desainer satu ini namanya sudah nggak asing di telinga para pecinta fashion tanah air khususnya di kalangan sosialita Ibukota. Toton Januar, sang desainer, selalu menyelipkan unsur Indonesia di setiap karyanya. Nggak heran ia pun dipercaya Indonesia untuk ikutan dalam kompetisi internasional, Woolmark Prize, di mana ia harus mengolah bulu domba jadi sebuah pakaian keren. Psst, Toton berhasil jadi pemenang mengalahkan sederetan desainer Asia lain dan berhak maju ke tingkat global melawan desainer-desainer top mancanegara.

Alex[a]lexa

alexalexa

Cara menyebutnya adalah Alexa Alexa. Brand yang didirikan oleh Monique Soeriaatmadja ini ternyata laku keras lho di London. Nggak jarang sang desainer jadi sering bolak balik Jakarta-London buat bikin brand-nya ini sukses di sana. Selain itu ia juga punya brand SOE Jakarta yang khusus mengolah kain tenun jadi bermodel keren, dan kemarin baru saja melangsungkan fashion show di Jepang. Duh, salutnya!

Dea Valencia

dea

Usianya masih 22 tahun, tapi perempuan satu ini sudah sukses berkarier. Semua karena idenya mengolah batik yang dikreasikan jadi model masa kini. Setelah beberapa tahun lamanya membangun bisnisnya tersebut, Dea sudah berhasil mengekspor batiknya sampai ke Hongkong, Belanda, Singapura, Jerman, dan Norwegia. Wah kurang apa lagi ya perempuan satu ini, sudah cantik, pintar, sukes pula!

Haryono Setiadi

haryono

Berbeda dengan desainer/brand lain yang bermula di dalam negeri terlebih dahulu baru melebarkan sayap ke luar negeri. Haryono Setiadi yang asli Indonesia justru sukses di Australia, baru namanya sampai ke telinga orang Indonesia. Karyanya sudah jadi ‘sesuatu’ di Australia dan dipakai oleh selebriti di sana. Belum lama ini, Haryono baru saja memamerkan karyanya di tanah air lewat Jakarta Fashion Week 2015. Semua langsung bangga punya desainer seperti dirinya.

Walaupun nggak semua harga produk buatan mereka terjangkau oleh kantong kita, (bahkan ada yang kisarannya puluhan juta) tapi yang penting nama Indonesia diharumkan berkat kegigihan mereka di dunia fashion. Setuju?

Categorised in: , ,

This post was written by Jessica Esther