• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Ornamen yang Bikin Suasana Rumah Jadi Indonesia Banget

5 Ornamen yang Bikin Suasana Rumah Jadi Indonesia Banget

Nggak perlu repot-repot bongkar seisi rumah kalau mau menghadirkan suasana tradisional yang Indonesia banget di rumah sendiri. Cukup pakai 5 benda interior ini.

Kalau beli rumah jadi, bentuk bangunannya sangat mungkin bukanlah seperti yang kita inginkan. Apalagi kalau kamu seneng suasana rumah-rumah tradisional. Rasanya bangunan rumah yang banyak ditawarkan properti jauh dari desain rumah kamu. Tenang saja, kamu tetep bisa munculin suasana itu dengan menaruh setidaknya 5 benda di bawah ini, karena furniture dan pernik interior ini memang khas Indonesia banget.

BACA JUGA: 5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Green Home Living

Pintu Gebyok

kudusantiq.blogspot.com

Mata siapa yang nggak terpikat sama pintu yang satu ini? Pintu kayu ala rumah tradisional di Jawa ini memang sangat megah dan ukiran kayunya detil banget. Beli atau bikinnya pun nggak bisa di sembarang tempat. Kalau kamu tertarik, bukan berarti kamu harus bongkar dinding dan pintu rumah, lalu mengganti seluruhnya. Pintu gebyok bisa kamu beli frame-nya dan dijadikan sebagai bingkai dari pintu utamamu. Dengan kata lain, gebyok cuma jadi tempelan dan sebagai aksen saja. Kalau tetap ingin pilih punya satu panel gebyok yang lebar, kamu bisa menaruhnya sebagai salah satu latar belakang dinding saja.

Lantai Tegel

www.livingloving

Masih seputar rerumahan Jawa kuno, pasti kalau mengingat bagian lantainya bikin kamu kepengen punya juga. Lantai rumah Jawa kuno rata-rata tertutup dari lantai tegel kunci yang motif dan warnanya seru-seru banget. Selain bikin lantai lebih keliatan “masterpiece”, lantai dengan tegel kunci ini bikin ruangan kelihatan cerah dan mengkilap. Tentunya, kamu harus sedikit membongkar lantai eksisting kalo ingin menerapkannya. Lantai ini untuk menutup lantai teras, sebagian lantai ruang tamu, ataupun penutup dinding di area dapur. Yang pasti, tegel kunci ini rata-rata harus dipesan atau dicari ke pengrajin daerah.

Patung Bali

www.terapeak.com

Paling mudah memang meletakkan patung sebagai ornamen di dalam satu sudut supaya rumah kelihatan beda. Tapi kalau ingin kental unsur Indonesianya, kamu bisa pilih patung ala penari Bali atau Patung Tari Janger Bali. Bentuk patung yang amat detil dari seorang wanita dengan gerakan tari yang khas pasti bikin ruanganmu jadi kelihatan beda. Kalau mau lebih stand out, pilih yang ukurannya lumayan besar dan belilah sepasang. Taruh di salah satu sudut ruang, yang kelihatan atau sering dilalui banyak orang.

Bale-Bale Bangku

www.shimaabadifurniture.com

Suasana teras, ruang tamu, atau bahkan ruang keluargamu bakalan lebih santai kalau kamu menghadirkan bangku besar (atau yang biasa disebut bale-bale) khas kota Jepara. Kursi besar dan lebar dari kayu jati ini, bukan hanya tahan lama dan kuat banget, tapi juga bikin sudut ruanganmu jadi lebih kasual. Apalagi kursi ini sudah banyak banget dijual di kota-kota besar, sehingga kamu nggak perlu memesan jauh-jauh ke pengrajin daerah.

Kain Batik

splendidglobal.wordpress.com

Tentunya, kain batik adalah alternatif yang bisa kamu pilih buat bikin ruangan di rumah jadi ada unsur Indonesia-nya. Kain batik ini bisa diaplikasikan di gordyn, penutup sofa, sarung bantal, sampai cukup dengan membentangkan koleksi kain batik lawas di salah satu ruang. Kain batik yang dibungkus bingkai foto dan dipajang di salah satu jendela juga bisa jadi pilihan. Batik Indonesia sangatlah beragam, kamu tinggal pilih motif dan warna yang sesuai dengan seleramu.

BACA JUGA: Tempat Belanja Batik Yang Nggak Bikin Kantong Bolong

Dijamin ruang-ruang dalam rumahmu langsung tampak beda dengan aplikasi benda-benda ini. Selamat berkreasi, ladies!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza