• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 7 Pernik Interior Jadul yang Bikin Kamu Jadi Nostalgia

7 Pernik Interior Jadul yang Bikin Kamu Jadi Nostalgia

Mulai dari kursi goyang, lampu gantung, sampai peralatan makan enamel, barang-barang jadul ini bisa jadi item dekor lintas era yang menarik.

Meski rumahmu bergaya modern, tak ada salahnya memadukan benda-benda dekorasi dengan gaya yang berbeda. Salah satunya adalah memadukannya dengan yang vintage alias jadul karena benda-benda ini bisa bikin kamu nostalgia ala rumah nenek atau pun kampung halaman sendiri. Kuncinya kamu harus rajin hunting atau bisa temukan barang-barang tersebut di sini.

Baca juga: 5 Tempat Menggiurkan untuk Hunting Perabotan Unik

Kursi Goyang


 Apa yang dilakukan kakekmu saat pagi dan sore hari? Duduk santai sambil baca koran dan minum kopi jawabnya. Di mana? Di kursi goyang! Kursi yang umumnya dari rotan atau kayu ini adalah kursi malas yang nggak punya kaki alias pakai dua pijakan yang melengkung. Jadi, kursi ini memang sengaja diciptakan supaya bisa diayunkan ke depan dan ke belakang.

Jam Dinding

A photo posted by @goller_vintage on

Zaman dulu, jam dinding bentuknya sangat kaku, besar dimensinya, dan kelihatan berat. Ya maklum saja, umumnya terbuat dari bahan kayu dan berwarna cokelat gelap. Bahkan, ada juga jam yang setiap 15 menit mengeluarkan bunyi sebagai tanda perubahan waktu. Kalau sekarang kamu punya dan dipasang di dinding ruang tengahmu, pasti jadi benda yang eye catching.

Lampu Gantung

Siapa yang ingat, di teras-teras pada rumah zaman dulu pasti ada lampu gantung dengan kap dari kaca dan berwarna-warni? Kap-nya lumayan besar dengan diameter sekitar 30 sentimeter. Rangka lampunya sendiri dari besi atau bahan kuningan. Teras ataupun ruang makan kamu pasti kelihatan seru kalau kamu gunakan lampu model ini.

Baca juga: 5 Tempat Beli Pernak-Pernik untuk Contek Dekorasi Dapur Diana Rikasari

Cermin Klasik

A photo posted by @adinkabelle on

Rumah zaman dulu pasti minimal punya satu cermin bergaya klasik. Umumnya, cermin diletakkan di dekat ruang tamu agar kamu bisa touch-up sebelum berangkat pergi meninggalkan rumah. Cermin klasik umumnya besar dan lebar, dengan bingkai yang tentunya bermotifkan sulur-sulur melengkung nan klasik.

Lemari Kayu Jati

Furnitur-furnitur jadul banyak menggunakan bahan kayu jati karena awet dan motifnya memang bagus. Nah, biar bikin suasana ruang jadi beda, kamu perlu punya satu lemari vintage ini. Kalau buat ruang tengah di rumahmu, pilih saja model kabinet terbuka yang model terbuka buat nyimpen koleksi pajanganmu.

Perangkat Elektronik


 Mungkin sekarang sudah nggak berfungsi, tapi kalau kamu menaruh sebuah radio manual, televisi tabung atau pun telepon putar di sudut ruangan, pasti langsung mata langsung tertuju pada benda itu. Bisa juga kamu letakkan mesin ketik atau satu set meja jahit manual peninggalan sang nenek.

Alat Makan Enamel

Sekarang ini, gampang banget lho menemukan alat makan dari bahan kaleng dan enamel yang biasa dipakai di rumah-rumah era lalu. Alat makan bermotif khas ini memang ukurannya lebih besar dari alat makan modern sekarang ini. Selain unik, alat makan model ini lebih tahan lama dan tahan banting.

Jangan lupa, semua barang vintage yang kamu miliki harus dirawat dan dibersihkan secara berkala supaya awet dan tahan lama ya!

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia