• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Cek 7 Hal ini Sebelum Pergi Ninggalin Rumah Buat Liburan

Cek 7 Hal ini Sebelum Pergi Ninggalin Rumah Buat Liburan

Jangan sampai ninggalin rumah kosong tanpa mengecek 7 hal ini. Percaya deh, keamanan rumah kamu pasti terjamin.

Rencana liburan sudah di depan mata. Tak peduli hanya satu, dua, atau bahkan lima malam sekalipun, yang pasti kamu perlu melakukan beberapa hal sebelum meninggalkan rumahmu dalam keadaan kosong. Gunanya, tentu untuk memastikan bahwa rumah yang sedang tak berpenghuni ini terhindar dari segala gangguan yang tak diinginkan.

Matikan Aliran Listrik

raynorelectricnj.com

Untuk menghindari terjadinya segala gangguan aliran listrik, kamu perlu memastikan semua stop kontak atau colokan listrik nggak dalam keadaan tersambung. Khususnya buat benda-benda elektronik yang tentunya nggak memerlukan aliran listrik karena nggak kita gunain. Misalnya televisi, kipas angin, modem wi-fi, hingga semua peralatan dapur.

Cabut Gas Kompor

Kitchen; Shutterstock ID 58759675; PO: aol; Job: production; Client: drone

Kompor juga penting untuk dicek. Kalau kamu sudah menggunakan kompor listrik, tentu cukup dengan mematikan aliran listriknya dan cabut kabelnya. Namun, jika masih menggunakan kompor gas, jangan lupa mencabut atau menutup akses ke tabung gas yang dipakai. Jadi, kompormu aman untuk ditinggal dalam waktu lama.

Pakai Lampu Sensor Cahaya

www.aliexpress.com

Agar rumahmu tak gelap gulita, sementara waktu kamu bisa mengganti semua lampu teras (baik depan maupun belakang) dengan bohlam yang ada sensor cahaya. Ketika bohlam mendapatkan sensor cahaya (dalam hal ini datang dari sinar matahari), maka sinar lampu nggak akan menyala. Semantara jika hari sudah mulai gelap dan sudah tak ada cahaya, sensor akan bekerja dan membuat lampu otomatis menyala. Praktis, bukan?

Bersihkan Isi Kulkas

340364804

Khususnya buat kamu yang akan meninggalkan rumah lebih dari tiga malam, sangatlah dianjurkan untuk melakukan “screening” dulu terhadap isi kulkas. Pastikan bahan-bahan mentah yang cepat layu dan tak tahan lama (seperti buah-buahan, aneka sayur, dan susu) sudah disingkirkan. Termasuk sisa-sisa makanan dan minuman yang kemasannya sudah terbuka. Hal ini tentu agar makanan dan minuman yang busuk nggak mengeluarkan bakteri dalam kulkas.

Kosongkan Tong Sampah

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 100

Tepat malam hari sebelum pergi, pastikan kamu sudah mengosongkan semua tong sampah yang ada di rumah, sekalipun tong sampah yang digunakan dengan model penutup. Sampah yang didiamkan berhari-hari tentu mengundang kuman dan bakteri untuk hidup di dalamnya. Jadi, daripada pulang liburan tercium bau tak sedap di dalam rumah, lebih baik mencegahnya sebelum berpergian.

Tutup Penampungan Air

pellcenter.org

Jika di rumahmu ada bak atau pun wadah lain yang sifatnya menampung air, kosongkan airnya. Kalau air yang didiamkan itu menjadi menggenang, akan mengundang jentik-jentik nyamuk untuk berkembang di sana. Setelah dikosongkan, pastikan juga kamu menutup semua wadah tersebut, ya. Sementara, jika kamu memiliki kolam ikan atau semacamnya, sebelum pergi kamu bisa taburi airnya dengan obat jentik nyamuk.

Baca juga: Jangan Sampai Air Jadi Boros Saat Kamu Pergi, 7 Langkah Ini Bikin Kamu Hemat Air

Kunci dan Tutup Rapat

www.rekeyingmylocks.com

Terakhir, sebelum meninggalkan rumah untuk jangka waktu yang lama, pastikan untuk menutup rapat semua jendela, pintu, dan segala akses keluar-masuk yang ada di rumahmu. Kunci dua kali, dan jangan biarkan kuncinya menggantung di balik pintu. Lebih baik seluruh kunci dibawa selama kamu bepergian.

Baca juga: Kalau Mau Ninggalin Rumah Saat Musim Hujan, Lakukan 5 Langkah Ini

Selain tujuh hal di atas, jangan lupa beritahu tetangga atau ketua RT bahwa rumahmu ditinggal dalam keadaan kosong. Have a nice holiday!

This post was written by Diona Ratrixia