• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Gerakan Sederhana Yoga Yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

5 Gerakan Sederhana Yoga Yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Yoga dikenal sebagai olahraga ringan dengan sejuta manfaat kesehatan. Jika masih pemula, kamu bisa mulai dengan 5 gerakan sederhana ini.

Yoga adalah jenis olahraga yang cukup unik. Berbeda dengan olahraga lainnya, kamu nggak perlu bergerak intens dengan keringat bercucuran. Gerakan-gerakan yoga yang sederhana bisa memberikan segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kamu.

Tapi tentu saja gerakan yang terlihat enteng itu nggak semudah yang kita bayangkan. Berikut ini adalah 5 gerakan yoga sederhana yang cocok buat kamu sebagai pemula.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Hidup Bahagia

Mountain Pose (Tadasana)

View post on imgur.com

Tadasana atau yang dikenal sebagai mountain pose merupakan pondasi awal yang harus dikuasai sebelum mempelajari posisi yoga lainnya. Meskipun terlihat santai, dalam melakukan gerakan ini kamu harus mampu mencapai keseimbangan diri.

Gerakan ini dapat dimulai dengan posisi berdiri tegak seperti gunung, kemudian sejajarkan kedua kaki dengan ujung ibu jari saling menempel dan cobalah mencari keseimbangan. Sambil menarik nafas, kencangkan dan longgarkan pinggul secara gantian. Tahan sampai 30 detik hingga 1 menit.

Kamu bisa cek gerakan Mountain Pose (Tadasana) di sini

Cat Pose (Marjaryasana to Bitilasana)

View post on imgur.com

Pose yang menyerupai kucing ini sangat baik untuk melatih punggung. Letakkan kedua tangan dan lutut di lantai dengan kepala menghadap ke bawah. Lengkukkan punggungmu ke dalam dan membentuk huruf ā€œuā€, kemudian kepala menghadap ke atas. Lakukan gerakan yang berlawanan arah yaitu punggung dilengkukkan ke luar membentuk huruf ā€œnā€ dan kepala menghadap ke lantai. Ulangi gerakan ini selama beberapa kali.

Kamu bisa cek gerakan Cat Pose (Marjaryasana to Bitilasana) di sini

Tree Pose (Vriksasana)

View post on imgur.com

Gerakan ini cukup menantang bagi pemula karena keseimbangan kamu sangat diuji di sini. Sebenarnya cara melakukan gerakan ini nggak terlalu sulit, kamu cukup mempertemukan kedua tangan di depan dada dan berdiri dengan posisi tegak. Kemudian angkat kaki kanan dan lipatkan ke paha sebelah kiri.

Coba untuk bertahan selama 30 detik kemudian lakukan gerakan berlawanan. Selain dapat melatih keseimbangan tubuh, gerakan ini juga bisa meningkatkan fokus dan menguatkan otot paha.

Kamu bisa cek gerakan Tree Pose (Vriksasana) di sini

Warrior I (Virabhadrasana I)


Posisi warrior bermanfaat untuk memperkuat kaki dan dapat membantu meregangkan pinggul. Untuk melakukan gerakan ini, kamu bisa mulai dengan posisi mountain, lalu langkahkan kaki kanan ke depan.
Angkat kedua tangan ke atas sejajar dengan telingamu, kemudian tekukkan kaki kananmu hingga membentuk sudut 90 derajat. Secara bersamaan, tarik kaki kiri kamu hingga membentuk sudut 45 derajat. Tahan selama 30 detik sampai 1 menit dengan posisi dada tetap tegak, kemudian lakukan gerakan berlawanan.

Kamu bisa cek gerakan Warrior I (Virabhadrasana I) di sini

Corpse Pose (Shavasana)

View post on imgur.com

Kamu pasti nggak habis pikir kalau berbaring atau tergeletak begitu saja juga merupakan salah satu gerakan yoga. Tentu saja kamu nggak cuma berbaring biasa, tapi yang harus dicapai dalam gerakan ini adalah ketenangan pikiran. Gerakan ini bisa membantu kamu mengurangi stres dan menciptakan ketenangan serta rasa santai.

Biasanya gerakan ini dilakukan pada saat sesi penutupan kelas yoga untuk menenangkan diri. Gerakan ini bisa berlangsung selama 30 detik hingga 10 menit.

Kamu bisa cek gerakan Corpse Pose (Shavasana) di sini


Nah, ternyata yoga nggak sesulit yang dibayangkan kan? Kamu bisa memulai dengan latihan gerakan-gerakan simple di atas. Selain membuat tubuh makin sehat, latihan yoga juga bisa membantu mengurangi stres dan menenangkan pikiran loh! Jadi, segera beli perlengkapannya dan mulai latihan yoga sendiri.

Categorised in: , ,

This post was written by Keimmy Xu