• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Katanya Ada Zodiak ke-13 Sekarang, Apa Benar?

Katanya Ada Zodiak ke-13 Sekarang, Apa Benar?

NASA mengabarkan bahwa ada 13 rasi bintang, bukan 12. Sebenarnya ada 12 atau 13 zodiak sih? Simak kebenarannya di sini.

Tau kah, kamu? Munculnya zodiak baru dapat mempengaruhi ketentuan tanggal dan bulan zodiak lainnya, sehingga urutan seluruh zodiak dapat berubah. Yang sebelumnya Pisces bisa jadi Aries, yang tadinya Taurus bisa jadi Libra! Rumornya, ada zodiak baru, zodiak ke-13 yang keberadaannya bisa mengubah zodiak kamu loh.

Sumber kabar zodiak ke-13

Kebenaran Mengenai Zodiak Ke-13, Serpentarius 2

Sumber:WikiImages

Kabar mengenai kesalahan perhitungan zodiak sudah beredar sejak tahun 1995 di London, Inggris. Isu mengenai zodiak ke-13 baru-baru ini kembali menjadi trending berkat artikel oleh NASA. Dalam artikel tersebut terdapat diagram dengan 13 rasi bintang.

Bila kamu lahir di tanggal 29 November-17 Desember, Sagitarius mungkin bukan zodiakmu yang sebenarnya. Karena, berdasarkan rasi bintang, Ophiochus lah yang menempati posisi tersebut.

Apa itu Ophiochus si zodiak ke-13?

Kebenaran Mengenai Zodiak Ke-13, Serpentarius 3

Sumber:WikiImages

Kehadiran rasi bintang Ophiochus (penyebutan yang tepat adalah of-ee-yoo-kus) atau dapat juga disebut Serpentarius, memang dapat terlihat secara astronomi. Penampakan rasi bintang itu disebabkan oleh perubahan posisi bumi dari deretan antar planet dalam 3000 tahun terakhir.

Rasi bintang Ophiochus, yang digambarkan seperti pria pembawa ular, terletak di antara rasi bintang Scorpio dan Sagitarius. Ophiochus sendiri merupakan simbol dari penjaga kedamaian dan keharmonisan, dokter dari segala obat dan ilmu pengetahuan.

Klarifikasi NASA

Kebenaran Mengenai Zodiak Ke-13, Serpentarius 4

Sumber: ahundt

Karena isu keberadaan zodiak ke-13 ini seringkali dikaitkan dengan artikel NASA, maka NASA sendiri akhirnya turun tangan dan mengklarifikasi informasi tersebut. Lembaga independen yang bertanggung jawab atas program eksplorasi dan penelitian luar angkasa itu menyatakan mereka hanya melakukan perhitungan saintifik. Selain itu, NASA juga menjelaskan bahwa artikel yang mereka keluarkan memiliki sudut pandang astronomi, bukan astrologi.

Astronomi adalah ilmu ilmiah tentang segala objek yang ada di luar angkasa, sedangkan astrologi merupakan studi yang melihat pergerakan objek-objek di angkasa sebagai media untuk meramalkan kehidupan manusia.

Kebenaran Zodiak ke-13

Kebenaran Mengenai Zodiak Ke-13, Serpentarius 5

Sumber: skeeze

Isu mengenai zodiak ke-13 ini tentu membuat gempar dunia astrologi. Seorang ahli astrologi bernama Rick Levine mengatakan, “Ophiuchus tidak ada kaitannya dengan astrologi, Ophiuchus hanyalah sebuah rasi bintang bukan zodiak”. Argumen serupa juga dikeluarkan oleh astrologer San Fransisco, Joyce Van Horn.

Yang dimaksud dalam pernyataan di atas adalah astrologi berbeda dengan perhitungan rasi bintang astronomi. Perhitungan astrologi berdasarkan pada 4 musim yang tidak pernah berubah, setiap musim disertai tahap awal, pertengahan dan akhir, sehingga akan selalu ada 12 zodiak.

Zodiak versi astrologi yang sesungguhnya

Kebenaran Mengenai Zodiak Ke-13, Serpentarius 6

Sumber: geralt

Astrologi 12 zodiak ini berasal dari bangsa Babilonia. Mereka memiliki kalender berdasarkan siklus bulan dan menciptakan kalender yang terdiri dari 12 bulan. Berdasarkan pergerakan matahari dalam 12 bulan tersebut, mereka memilih 12 rasi bintang yang kemudian dijadikan zodiak.

Sebenarnya, bangsa Babilonia memang mengetahui tentang keberadaan 13 rasi bintang. Namun, karena tidak sesuai dengan perhitungan 12 bulan, mereka hanya mengambil 12 rasi bintang. Perhitungan ini akhirnya diadopsi oleh zodiak barat.

Dalam ilmu zodiak barat, zodiak ditentukan berdasarkan posisi rasi bintang terhadap bumi dalam musim-musim berbeda. Oleh karena itu, hanya dihitung 12 rasi bintang berdasarkan 4 musim dengan 3 zodiak di masing-masing musim.

Kesimpulannya, zodiak ke-13, tidaklah benar. Secara astrologi, kita akan selalu memiliki 12 zodiak. Sedangkan menurut perhitungan astronomi, kita memiliki 13 rasi bintang berdasarkan revolusi bumi terhadap matahari. Jadi, tenang aja. Meskipun ada 13 rasi bintang, zodiakmu enggak berubah kok!

Baca juga: 5 Pasangan Zodiak yang Paling Cocok Jadi Soulmate

Sumber Gambar Utama: herwigclaeys0

Categorised in: ,

This post was written by Revin Vandersen