• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Beauty
  • >
  • 5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui untuk Menghilangkan Jerawat

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui untuk Menghilangkan Jerawat

Yang namanya jerawat itu memang mengganggu banget, tapi jangan langsung dipencet. Yuk, cari tahu cara tepat menghilangkan jerawat!

Siapa sih yang nggak jengkel kalau lagi bercermin dan nemuin jerawat? Apalagi kalau si jerawat ini muncul pas kamu lagi ada acara penting, rasanya pengen langsung dipencet aja. Tapi tahu nggak, kalau kamu mau menghilangkan jerawat, ada beberapa hal yang harus kamu hindari, termasuk memencet jerawat. Mau tahu apa saja dan apa alasannya? Ayo ikuti artikel ini.

Kenapa kamu nggak boleh memencet jerawat

menghilangkan jerawat Sumber: Libby Arnold

Bayangkan jerawat itu sebagai gelembung yang sebenarnya menahan bakteri. Kalau kamu memecahkan gelembung tersebut, bakteri di dalam gelembung itu bakal terbebas dan bisa pindah ke pori-pori kulit dan akhirnya menciptakan jerawat lain.

Selain itu, ada kemungkinan bakteri di dalam jerawat malah masuk semakin dalam ke kulit dan memperparah keadaan wajahmu. Apalagi kalau tanganmu nggak bersih, kamu bisa saja membuat jerawat menjadi semakin merah dan bengkak. Maka dari itu, para dokter dermatologi menyarankan untuk nggak memencet jerawat. Biarkan saja selama 3-7 hari dan jerawat akan hilang dengan sendirinya.

Cuci muka secukupnya saja

menghilangkan jerawat Sumber: Mick C

Menjaga kebersihan wajah itu penting kalau lagi punya jerawat, tapi ingat untuk cuci muka secukupnya saja. Meskipun wajah kamu rasanya berminyak, sebaiknya kamu jangan cuci muka lebih dari dua kali sehari. Kenapa?

Selain menghilangkan minyak yang sebenarnya baik untuk melindungi wajah, menggunakan air yang terlalu panas untuk membasuh wajah juga bisa menyebabkan wajah kamu semakin kering. Hasilnya wajahmu akan mengeluarkan lebih banyak minyak untuk mengganti kelembaban yang hilang. Produksi minyak wajah berlebih inilah yang akhirnya malah menyumbat pori-pori dan menciptakan jerawat lain.

Nggak usah pakai produk banyak-banyak buat menghilangkan jerawat

menghilangkan jerawat Sumber: Ratha Grimes

Ada banyak produk di luar sana yang bisa membantu kamu menghilangkan jerawat. Tentu saja dengan menggunakan produk-produk tersebut kamu berharap jerawatmu akan hilang dalam sekejap. Tapi ingat, pada nyatanya butuh waktu sekitar 2 minggu sebelum produk-produk ini menunjukkan hasilnya.

Dalam banyak kasus, karena ingin hasil yang cepat, orang-orang malah menggunakan berbagai produk penghilang jerawat secara bersamaan. Hal ini bisa membuat kulitmu menjadi kering dan terkadang kombinasi yang salah juga bisa membuat iritasi kulit.

Jangan kelupaan sama pelembab kulit

menghilangkan jerawat Sumber: WindyWinters

Meskipun kulitmu berminyak, jangan sampai kamu menghindari menggunakan pelembab kulit. Produk perawatan jerawat bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Agar tetap sehat, wajah kamu selalu membutuhkan kelembapan optimal.

Untuk kasus ini, kamu juga membutuhkan pelembap kulit yang tepat. Carilah produk yang nggak mengandung minyak dalam formulanya karena sejumlah produk perawatan jerawat bisa membuat kulit semakin lebih peka sama matahari. Pelembap kulit yang mengandung SPF (Sun Protection Factor) akan lebih baik untukmu.

Hindarkan wajahmu dari bakteri

menghilangkan jerawat Sumber: stevepb

Meskipun kamu sudah mencuci wajah dua kali sehari, masih ada banyak cara bakteri bisa hinggap di wajahmu. Salah satu contoh yang sering terjadi adalah menggunakan handuk yang nggak bersih ketika membasih wajah. Salah satu media perpindahan bakteri yang sering dilupakan adalah handphone-mu sendiri. Ketika kamu asyik menelpon teman atau pacar, coba pertimbangkan seberapa bersih handphone-mu itu atau kamu dapat menggunakan handsfree.

Baca juga: Obat Alami untuk Bersihkan Wajahmu dari Jerawat dan Komedo


Menghilangkan jerawat itu memang penting untuk kembali tampil percaya diri, tetapi jangan sampai pusing karenanya. Ingat, semua orang pernah memiliki masalah jerawat. Hanya karena kamu punya masalah jerawat, bukan berarti kamu nggak bisa tampil percaya diri.

Categorised in: ,

This post was written by Maximilian Marcel Surjadi