• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Wajib Dikunjungi, 5 Wisata Alam Super Cantik di Indonesia yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Wajib Dikunjungi, 5 Wisata Alam Super Cantik di Indonesia yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Liburan dan datang ke lima obyek wisata alam di Indonesia ini, dijamin kamu nggak bakal menyesal seumur hidup!

Sesekali, kamu perlu banget untuk melakukan traveling yang cukup jauh dari kota tempat tinggalmu. Selain buat pengalaman dan menambah pengetahuan, kamu juga nggak bakal nyesel ngeliat keindahan negeri sendiri. Apalagi di wilayah ujung atau bagian timur Indonesia, banyak banget kepulauan yang masih virgin alias masih asli dan belum banyak dijangkau masyarakat luas. Bahkan di sana belum berdiri tempat-tempat komersil, seperti yang banyak kita temukan di Pulau Bali. Kira-kira obyek mana saja yang bisa kamu jadikan pilihan?

Air Terjun Mata Jitu

Terbanglah ke kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Di sana ada salah satu pulau yang sangat eksotis bernama Pulau Moyo. Dan di balik hutan Pulau Moyo ini, tersembunyi sebuah air terjun yang pasti bikin kamu berdecak kagum. Kamu memang perlu mencapainya dengan berjalan kaki yang cukup panjang, tapi kelelahan akan terbayarkan melihat indahnya air terjun dengan gradasi warna hijau dan gemericik yang menenangkan. Tapi kamu nggak boleh sembarang terjun, karena untuk menjaga keaslian, disediakan spot sendiri yang memang bisa untuk wisatawan berenang.

Danau Kelimutu

A photo posted by sinikita (@sinikitacom) on

Kalau kamu suka hiking atau treking, pergi ke Danau Kelimutu bisa jadi pilihan. Danau ini diakses dengan menyusuri jalan setapak menuju puncak Gunung Kelimutu, di daerah Ende, Nusa Tenggara Timur. Yang membuat spesial, danau di antara puncak gunung ini airnya dapat berganti warna, dengan tiga warna utama: merah, biru dan putih. Konon danau ini bisa berubah-ubah warna karena proses geokimia yang terjadi di dasar danau itu sendiri. Tentunya nggak ada penginapan di seputar danau ini, tapi memulai treking dari dini hari sangat disarankan supaya kamu bisa ngejar sunrise di pinggir danau.

Baca juga: 5 Cara ini Bantu Kamu Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Liburan

Bukit Mando’o

A photo posted by @muhamadazanil on

Wajib ke sini! Karena Bukit Mando’o adalah obyek yang dikenal dengan 300 anak tangga sebagai satu-satunya akses menuju puncak bukit. Langsung terbayang capek? Nggak usah khawatir, karena sepanjang pendakian anak tangga ada bale-bale yang bisa dijadikan tempat untuk istirahat. Yang pasti, rasa capek dijamin terbayarkan dengan pemandangan 360 derajat dari atas bukit, yang semuanya adalah hamparan laut dan hutan-hutan bakau yang sangat cantik. Kalau beruntung, bahkan kamu bisa didekati oleh kawanan kera yang mencari makan di bukit tersebut. Bukit Mando’o ini bisa diakses dari Pulau Rote, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pulau Bair

A photo posted by Tambalitanzs (@andre.tamba) on

Pulau tak berpenduduk ini diprediksi bakal jadi obyek wisata hits berikutnya di Provinsi Maluku, khususnya di Kepulauan Kei. Letaknya sekitar 20 menit dari pusat kota Tual, dimana akses menuju pulau tersebut dibilang cukup mudah. Pulau ini semacam “hidden paradise” yang dijamin bikin kamu nggak pengen balik ke kota besar. Airnya superjernih, tenang, dan tentunya sangat luas sehingga kamu bebas berenang atau pun snorkeling semaumu. Di sekitar pulau ini, ada juga celah tebing karang yang tampilannya sangat eksotis dan bagus banget buat obyek foto.

Baca juga: Selain Berburu Tiket Murah, Ini 7 Cara Biar Jalan-jalan Bisa Lebih Hemat

Gua Kristal


Kamu yang suka tantangan wajib sekali ke tempat yang terletak di daerah Bolok, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Setiba di sini, tentunya kamu akan menyusuri gua yang minim penerangan dengan pijakan yang cukup licin. Sehingga, kamu perlu ekstra hati-hati dan bersabar. Tapi di balik perjalanan sulit itu, di dalam gua ini ada perairan yang “terjebak” di dalamnya dengan warna air yang superjernih. Bahkan saat sinar matahari menghampiri air, akan keluar pantulan-cantulan cahaya yang bersinar semacam kristal. Pengunjung boleh berenang di perairan kecil tersebut, tapi kalaupun nggak kamu bisa duduk-duduk di pinggir batu dan tentunya bikin foto sebanyak mungkin!

Di samping 5 obyek tersebut, tentunya Indonesia masih punya ribuan spot super cantik lagi yang wajib dikunjungi. Aaah, indahnya negeri Indonesia!

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia