• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Channel YouTube yang Bisa bikin Kamu Melihat Dunia dengan Lebih Baik

5 Channel YouTube yang Bisa bikin Kamu Melihat Dunia dengan Lebih Baik

Channel youtube ini berisi berbagai video tentang sisi lain kehidupan manusia, seperti emosi, percintaan, politik, kemanusiaan, dan lainnya.

YouTube merupakan situs yang menyediakan berbagai jenis video yang bisa kamu nikmati. Mulai dari video musik, tutorial, edukasi, dan lainnya. Jadi selain sebagai media hiburan, YouTube juga dapat digunakan untuk menambah wawasan kamu.

Untuk itu, dalam artikel ini saya telah merangkum lima channel YouTube men
arik yang akan memberikan wawasan yang lebih luas dan sisi lain dari kehidupan sekeliling kamu. Penasaran? Ayo lihat apa saja channel tersebut.

AreWeFamousNow

Mungkin kamu pernah menonton video ‘prank’ yang keterlaluan atau eksperimen sosial yang seringkali hanya rekayasa belaka. Namun AreWeFamousNow merupakan channel eksperimen sosial yang berbeda. Karena channel yang memiliki lebih dari 900.000 subscriber ini melakukan eksperimen-eksperimen yang berkaitan dengan SARA dan kehidupan sehari-hari.

Misalnya video eksperimen tentang sepasang muslim yang dilecehkan karena menggunakan pakaian muslim. Hasil eksperimen tersebut sangat menarik, karena banyak orang-orang yang melindungi pasangan tersebut dari sekelompok orang yang melecehkan pasangan tersebut.

The School of Life

Sekolah memang tempat untuk menimba ilmu. Namun banyak ilmu yang nggak diajarkan di sekolah, tapi digunakan dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Misalnya cara mengontrol emosi, mengejar karir yang tinggi, dan menjadi orang yang lebih baik.

Nah, ilmu-ilmu tersebut terdapat di channel The School of Life yang telah memiliki 1,1 juta subscriber. Channel ini dikelola oleh sekelompok ilmuwan yang berasal dari seluruh dunia. Salah satu video dari The School of Life yang cukup menarik adalah tentang bagaimana dan mengapa kita harus minta maaf. Dalam video ini dijelaskan apa saja faktor-faktor yang dapat mendorong seseorang meminta maaf, dan indahnya akibat dari sebuah kata maaf.

TED

Jika pikiranmu ingin lebih terbuka terhadap isu-isu yang terjadi di masyarakat, saya merekomendasikan channel TED. Video-video yang disediakan selalu melibatkan seorang pakar yang berbicara tentang sebuah isu masyarakat. Misalnya video tentang kontroversi apakah sekolah membunuh kreativitas anak-anak?

Dalam video tersebut Sir Ken Robinson, seorang penulis, pembicara, dan penasihat internasional menjelaskan bahwa sistem edukasi sekarang menghambat kreativitas siswa, bukan mendorong kreativitas mereka.

Selain itu, terdapat juga banyak video yang mengajarkan cara berpikir yang nggak terpaku terhadap lingkungan sekitar. Misalnya video dari Sir Ken Robinson ini mengajarkan penonton untuk berpikir tanpa pengaruh doktrin-doktrin pendidikan.

SoulPancake

SoulPancake terkenal dengan video yang menyentuh jiwa dan membuat kamu berpikir, tertawa dan menangis. Pasalnya, video dari channel yang memiliki 1,7 juta subscriber ini membahas tentang hal-hal yang unik dan nggak pernah terpikirkan sebelumnya. Misalnya, pertanyaan “apa itu cinta?” dan “apa arti rumah bagi kamu?”. Pertanyaan-pertanyaan itu dilontarkan kepada anak muda hingga orang tua.

Video lain yang nggak kalah keren adalah daftar putar saat tim SoulPancake turun ke jalanan untuk memberi kejutan ke para pejalan kaki. Dalam salah satu videonya, tim SoulPancake meletakkan sebuah kolam bola di tengah jalan dan mengajak para pejalan kaki untuk masuk ke kolam tersebut. Kemudian berkenalan dan bercerita tentang kehidupan.

VICE

VICE merupakan channel dokumenter yang bertemakan investigasi tentang berbagai hal penting yang jarang terdengar. Misalnya, video menyedihkan tentang perempuan dan anak-anak yang tertindas oleh tentara militer di Afrika.

Selain itu, channel ini telah memiliki lebih dari 7 juta subscriber juga memiliki banyak daftar putar dengan berbagai format, seperti film pendek, dokumenter, dan berseri. Sehingga seolah-olah kamu menonton sebuah rangkaian cerita.

This post was written by Tommy Prayoga