• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Manfaat Mendesain Kamar Secara Minimalis

5 Manfaat Mendesain Kamar Secara Minimalis

Siapa bilang kamar minimalis sempit? Desain kamar minimalis bisa membuat jiwa lebih damai loh. Simak juga keuntungan lainnya disini.

Walaupun kamar minimalis baru-baru ini kembali menjadi tren, konsep minimalis sebenarnya bukanlah hal yang baru. Konsep tersebut ternyata sudah ada semenjak tahun 60an, dan pertama kali digunakan untuk mendefinisikan karya seorang seniman Amerika, Donald Judd.

Definisi dari konsep ini memang semakin luas, tapi arti sebenarnya dari minimalis adalah sederhana dan rapih. Konsep minimalis menggunakan ruangan dengan bentuk dasar, warna dasar, dan perabotan yang minim.

Minimalis ataupun maksimalis, semua ada pro dan kontranya. Bacaan ini akan mengulas lebih dalam tentang beberapa manfaat yang di dapatkan dengan menggunakan desain kamar minimalis. Yuk, langsung saja.

1. Biaya yang relatif lebih murah

kamar minimalisSumber: MoneyMiniBlog

Karena menggunakan furnitur yang lebih sedikit dan luas ruang yang lebih kecil, maka biaya yang kamu keluarkan untuk kamar minimalis nggak akan terlalu banyak. Dengan menggunakan lebih sedikit furnitur, nggak berarti kamu harus membuang semua barang-barang kamu. Kamu bisa membeli sebuah furnitur yang multi-fungsi, artinya, yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang kamu yang lain juga.

Dengan desain minimalis, kamu juga nggak perlu membeli dekorasi berlebihan untuk kamar kamu. Nah, sudah mulai tertarik? Ada beberapa keuntungan yang lain loh.

2. Ada ruang untuk bergerak

kamar minimalisSumber: Maria Garkusha

Walaupun luas ruangan nggak begitu besar, tapi dengan furnitur yang praktis dan nggak banyak, kamar kamu masih terlihat luas. Sebenarnya yang membuat kamar terlihat lebih sempit dan kecil adalah jumlah dan posisi furnitur di kamar kamu.

Kalau kamu sudah mengurangi jumlah furnitur, pasti akan ada ruang lebih agar kamu bisa bergerak bebas. Dengan adanya ruang lebih untuk bergerak ini pun kamar kamu akan secara otomatis terlihat lebih rapih dan mengundang. Meskipun ada di dalam ruangan yang sebenarnya sempit, kamu masih bisa berlari-lari ataupun berguling-guling dengan bebas.

Baca juga: 8 Rekomendasi Barang untuk Membuat Kamar Kos Lebih Cozy

3. Mengurangi stress

kamar minimalisSumber: Elisha Goldstein

Nggak hanya sekedar berantakan dan sempit saja, kamar yang sumpek dan penuh akan menimbulkan stress. Bayangkan ketika kamu capek-capek pulang kerja dan melihat kamar kamu yang penuh dengan furnitur dan barang-barang yang sebenarnya nggak perlu, pasti akan menambah stress kamu.

Lain halnya kalau kamu pulang kerja dalam keadaan capek dan melihat kamar yang lega dan rapih, pasti kamu akan merasa lebih nyaman dan damai.

Bentuk dan warna kamar ternyata sangat berpengaruh terhadap mood kamu loh. Sebagai contoh, kamar yang terlihat sempit akan membuat kamu merasa tertekan dan nggak bebas. Kamar dengan cahaya yang berlebihan bisa meningkatkan stress dan perasaan terlalu terbuka. Sedangkan kamar yang terlalu gelap bisa membuat kamu merasa sedih dan depresi. Maka dari itu, konsep kamar minimalis juga berarti mencari keseimbangan antara hal-hal ini.

4. Lebih gampang untuk dibersihkan

kamar minimalisSumber: Wikihow

Kamu pasti pernah merasa susah untuk membersihkan kamar yang mempunyai terlalu banyak barang kan? Kamu harus mengangkat atau memindahkan barang tersebut supaya kamu bisa membersihkan lantai. Dengan konsep kamar minimalis yang nggak terlalu banyak menggunakan barang atau furnitur, kamu bisa membersihkan kamar dengan lebih cepat dan mudah.

Kebersihan kamar akan terlihat lebih kalau kamu menggunakan warna putih sebagai warna tembok kamu, dan furnitur dengan warna serupa (beige, krem, atau kuning muda). Dengan mengurangi perabotan, kamu juga membuat kamar kamu bebas debu.

5. Lebih ramah lingkungan

kamar minimalisSumber: svasterix

Kamar minimalis yang sederhana nggak banyak butuh listrik, satu lampu saja mungkin sudah cukup. Desain kamar minimalis banyak menggunakan sumber cahaya alami, walaupun sebaiknya nggak terlalu berlebihan juga. Karena menggunakan matahari sebagai “lampu” pada kamar, kamu nggak perlu memasang lampu pada siang hari. Lampu hanya akan digunakan pada malam hari saja.

Selain itu, kamu juga masih bisa memiliki pohon besar di sekitar rumah karena masih banyak ruang untuk hal-hal lain, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.


Nah, gimana? Bagi kamu yang nggak terlalu mau keluar modal banyak untuk mendesain tempat tinggal kamu, kamu bisa merujuk ke desain minimalis.

Baca juga: Do it Yourself! 10 Kreasi DIY Untuk Kamar Kos Ini Buat Kamar kamu Lebih Keren

Categorised in: , ,

This post was written by Sharon Hambali