• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 10 Pekerjaan Paruh Waktu Anak Kuliahan Buat Dapat Uang Jajan Lebih

10 Pekerjaan Paruh Waktu Anak Kuliahan Buat Dapat Uang Jajan Lebih

Meski sedang kuliah, kamu tetap bisa produktif menghasilkan uang dan menabung modal pengalaman dengan pekerjaan paruh waktu. Simak selengkapnya di sini.

Sebagai mahasiswa, kamu mungkin sudah pengen banget mencari uang sendiri biar bisa meringankan beban orang tua, bisa belanja barang-barang yang kamu inginkan, serta menambah pengalaman untuk bekerja di kemudian hari. Tapi, apa sekarang kamu galau karena masih berkewajiban untuk menimba ilmu dan meraih IPK setinggi-tingginya selama kuliah?

Memilih pekerjaan yang terlalu berat justru berisiko menghabiskan banyak waktu dan usaha yang nantinya membuatmu menelantarkan kuliah, dan akibatnya malah nggak lulus. Lalu, apakah itu artinya bekerja sambil kuliah itu mustahil? Tentu saja nggak. Kamu masih bisa mengambil pekerjaan paruh waktu yang cocok untuk anak kuliahan. Berikut adalah 10 pilihan yang bisa kamu pertimbangkan.

Penulis konten

10 Pekerjaan Paruh Waktu Anak Kuliahan Buat Dapat Uang Jajan Lebih2

Sumber: Unsplash

Kalau kamu mahasiswa yang berkutat di bidang jurnalistik atau sejenisnya, kamu bisa melamar menjadi penulis konten, baik freelance ataupun bekerja paruh waktu. Jam kerja seorang penulis konten cenderung fleksibel asalkan kamu bisa menyelesaikan target yang sudah ditetapkan perusahaan.

Biar lebih gampang mengimbangi dengan aktivitas jam kerja yang fleksibel membuat kamu bisa mengimbanginya dengan aktivitas perkuliahan. Saat ini, pekerjaan penulis konten cukup juga banyak diminati karena berbagai perusahaan sedang membangun media online-nya.

Programmer


10 Pekerjaan Paruh Waktu Anak Kuliahan Buat Dapat Uang Jajan Lebih3

Sumber: Unsplash

Pekerjaan yang nggak boleh kamu lewatkan kalau kamu jago coding. Pekerjaan di bidang ini bervariasi mulai dari Software Engineer, Android Developer, serta Web Developer. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan khusus untuk bisa menguasai beberapa bahasa pemrograman selain PHP dan MySQL. Sebagai seorang Android Developer, kamu harus bisa menguasai bahasa Java dan software Android, seperti AndroidStudio.

Dari beberapa varian bidang pemrograman, mungkin yang paling laku adalah Web Developer yang membutuhkan skill seperti PHP, MySQL, HTML, Javascript, dan lainnya. Pokoknya, kalau kamu hobi banget coding, nggak bakalan rugi kalau nge-apply sebagai programmer paruh waktu karena programmer sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi.

Asisten dosen

10 Pekerjaan Paruh Waktu Anak Kuliahan Buat Dapat Uang Jajan Lebih4

Sumber: QUT IP Law Research

Pekerjaan ini bisa dikatakan paling ideal buat mahasiswa dengan jurusan apapun karena kamu bisa mempraktikkan apa yang kamu pelajari di perkuliahan dan kamu juga bisa membagikannya ke mahasiswa-mahasiswa lain. Kamu juga akan sering mendampingi dosen dan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dibandingkan teman-teman seangkatan kamu.

Menjadi asisten dosen juga nggak mengganggu jam perkuliahan kamu karena kampus sudah telah mengatur jadwal kerja dengan jadwal kelas kamu. Namun, untuk terpilih menjadi asisten dosen, nggaklah mudah karena kamu harus mampu memenuhi syarat IPK minimum dan melewati beberapa tes yang diberikan.

Guru privat

10 Pekerjaan Paruh Waktu Anak Kuliahan Buat Dapat Uang Jajan Lebih5

Sumber: Wikimedia

Sedikit berbeda dengan asisten dosen, sebagai guru privat kebanyakan, kamu lebih terfokus mengajar ke satu sampai tiga orang saja. Menjadi guru privat nggak terbatas mengajar anak-anak SD, SMP, atau SMA saja. kamu juga bisa menawarkan jasa kamu ke teman sekelas yang mungkin kurang mengerti mata kuliah tersebut.

Namun, tentu saja untuk menjadi guru privat, kamu harus menguasai materi pelajaran tersebut. Kamu harus rajin belajar dan memahami berbagai macam pelajaran agar bisa mengajari anak didik kamu.

Barista

10 Pekerjaan Paruh Waktu Anak Kuliahan Buat Dapat Uang Jajan Lebih6

Sumber: Wikimedia

Satu lagi pekerjaan paruh waktu yang menjadi pilihan favorit mahasiswa adalah barista. Pekerjaan sebagai barista dipandang sangat keren karena nggak kamu nggak hanya mendapat gaji yang lumayan dan seragam yang keren, tetapi juga bisa membuat berbagai jenis kopi atau minuman lain yang enak.

Rata-rata jam kerja seorang barista adalah 20 jam per minggu sehingga jadwal kamu nggak akan se-fleksibel pekerjaan paruh waktu lain, seperti penulis konten. Oleh karena itu, biasanya mahasiswa yang melamar jadi barista adalah mahasiswa semester 5 ke atas karena mata kuliah yang diambil udah nggak begitu banyak.

Waiter/waitress

10 Pekerjaan Paruh Waktu Anak Kuliahan Buat Dapat Uang Jajan Lebih7

Sumber: Wikimedia

Sama halnya dengan barista, bekerja sebagai waiter/waitress termasuk pekerjaan paruh waktu yang diidamkan. Beberapa restoran juga menawarkan sistem kerja daily worker dan paruh waktu. Sebagai daily worker, kamu nggak terikat kontrak dan dibayar harian. Sementara untuk paruh waktu, kamu harus menandatangani kontrak dan datang bekerja sesuai jadwal yang diberikan.

Tugas seorang waiter/watresses nggak hanya sekedar mencatat dan mengantarkan pesanan kepada pelanggan saja, tapi kamu juga harus mencatat stok bahan makanan dan beres-beres restoran kalau kamu kebagian shift malam.

Event organizer

via GIPHY

Buat kamu mahasiswa komunikasi, perhotelan, dan management, kamu bisa melamar menjadi event organizer. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan berkomunikasi dan mengorganisir bervariasi acara. Kamu bisa bergabung dengan sebuah agensi atau bekerja sebagai freelancer.

Bayaran sebagai seorang event organizer pada umumnya adalah per acara yang dieksekusi. Jam kerja kamu juga fleksibel tergantung jadwal agensi tempat kamu bekerja. Tetapi, kalau sedang mendekati hari H acara, Event Organizer akan sangat sibuk mempersiapkan dan melaksanakan acara sehingga akan memakan waktu dan usaha yang cukup besar. Jika kamu tertarik untuk bekerja di suatu acara, menjadi MC juga bisa menjadi salah satu opsi kamu.

Fotografer

10 Pekerjaan Paruh Waktu Anak Kuliahan Buat Dapat Uang Jajan Lebih8

Sumber: Stock.tookapick.com

Salah satu pekerjaan paruh waktu dengan bayaran yang top adalah menjadi fotografer. Apalagi kalau di-hire oleh perusahaan media yang ternama. Kamu juga bisa menjadi fotografer pernikahan, fotografer bayi, fotografer acara ulang tahun, dan banyak lagi deh.

Kamu juga bisa memasukkan hasil foto kamu ke berbagai perlombaan fotografi sebagai pemasukan tambahan, serta menaikkan reputasi kamu sebagai fotografer. Namun, salah satu kendalanya adalah dari segi modal, untuk mendapatkan hasil jepretan yang baik, dibutuhkan kamera yang oke juga, dan bagi mahasiswa, harga sebuah kamera profesional nggak murah.

Penerjemah

via GIPHY

Apakah kamu adalah mahasiswa jurusan sastra atau menguasai lebih dari satu bahasa? Jika iya, gunakanlah kemampuan berbahasa kamu untuk menerjemahkan beberapa dokumen ke bahasa yang diminta. Gaji yang kamu dapatkan sangat tergantung dengan banyaknya dokumen yang kamu terjemahkan.

Kamu juga bisa bekerja sebagai penerjemah yang turun ke lapangan. Banyak pebisnis-pebisnis asing yang datang ke sebuah negara untuk memperluas bisnisnya, namun mereka nggak menguasai bahasa lokal. Kamu bisa menemani dan membantu menerjemahkan kalimat-kalimat mereka ketika sedang meeting dengan klien atau partner. Tetapi, waktu kamu akan lebih tersita karena kamu harus menemani klienmu satu hingga beberapa hari secara beruntun.

Driver transportasi online

10 Pekerjaan Paruh Waktu Anak Kuliahan Buat Dapat Uang Jajan Lebih9

Sumber: Wikimedia

Menjadi driver transportasi online adalah pekerjaan paruh waktu yang baru nge-hits akhir-akhir ini. Bagi kamu yang mempunyai kendaraan yang bisa kamu pakai sehari-hari, kamu bisa melamar sebagai supir Uber, Go-Jek, ataupun Grab. Persyaratan yang diperlukan nggak terlalu susah hanya perlu kelengkapan dokumen seperti SIM, STNK, dan KTP.

Bayaran yang kamu dapatkan tergantung dari jam, jarak, dan jumlah penarikan penumpang. Semakin banyak penumpang yang kamu layani, semakin besar gaji yang kamu terima. Khusus untuk Uber, nggak ada jam minimum yang kamu harus penuhi. Jadi, pekerjaan ini benar-benar fleksibel dan menguntungkan kamu.

Itulah 10 jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu pertimbangkan. Meski nggak semuanya bisa secara langsung berkaitan dengan jurusan kuliah kamu, namun kamu tetap bisa mendapatkan pengalaman bekerja, dan tentu saja uang jajan tambahan.

Jika kamu sudah menentukan pekerjaan paruh waktu yang kamu inginkan, selanjutnya adalah mengirim surat lamaran dan melaksanakan tahap wawancara. Mau tahu beberapa tips berpakaian yang sesuai untuk wawancara? Bisa dilihat disini

Sumber gambar utama: Bykst

This post was written by Sharon Hambali