• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Mengenang 10 Tahun Big Bang dan Perjalanan Karir Mereka

Mengenang 10 Tahun Big Bang dan Perjalanan Karir Mereka

2016 merupakan tahun perayaan ulang tahun grup K-pop Big Bang yang ke 10. Yuk kita lihat apa saja yang sudah mereka capai selama ini.

Tahun 2016 menjadi tahun yang sangat penting bagi Big Bang karena mereka akan merayakan ulang tahun yang ke sepuluh sejak debut. Big Bang debut pertama kali pada tanggal 19 August 2006 dan karir mereka di dalam dunia entertainment pun terus meroket sangat cepat. Kalau kamu mengaku sebagai K-popers, mustahil kalau nggak pernah dengar nama Big Bang. Lagu dan MV mereka selalu dikenal penuh dengan sensasi dan kejutan.

Selama sepuluh tahun, Big Bang banyak mengalami perubahan dan terus berusaha memberikan kebahagiaan kepada para VIP (fans Big Bnag) melalui musik mereka. Yuk kita kenang kembali 10 tahun perjalanan mereka.

View post on imgur.com

2006 – Debut Perdana

Setelah diperkenalkan dalam konser ulang tahun YG yang ke sepuluh, Big Bang memperkenalkan lagu pertama mereka, “We Belong Together” yang berhasil terjual sebanyak 40.000 copy di Korea. Di tahun yang sama, mereka juga mengeluarkan album pertama yang laris terjual sebanyak 48.000 copy hanya dalam waktu dua bulan. Konser perdana mereka juga sukses diadakan di Korea di tahun yang sama.

Baca juga: 3 Pro dan Kontra Mempunyai Cowok yang Suka K-Pop

2007 – Bakat G-Dragon Menuai Pujian

Big Bang mengawali tahun 2007 dengan tur konser di 5 kota besar di Korea. Di tahun ini juga, lagu “Lies” yang ditulis oleh leader grup, G-Dragon berhasil terjual sebanyak 87.000 copy. Kesuksesan lagu ini menjadi tombak yang membuat grup boyband ini mulai menjadi sorotan. Lagu kedua mereka “Last Farewell” juga mendapat respon yang sangat positif sehingga mereka berhasil mendapatkan penghargaan “Best Male Group” untuk pertama kalinya.

View post on imgur.com

2008 – Lagu “Haru-Haru” Yang Mengharukan

Kalau kamu mengaku sebagai VIP setia, kamu pasti pernah mendengar lagu “Haru-Haru” yang menjadi salah satu lagu andalan mereka. Lagu ini diperkenalkan di tahun 2008 dan berhasil terjual sebanyak 4.9 juta copy, lho! Di tahun ini, Big Bang kembali meraih penghargaan sebagai “Artist of the Year” di Korea.

2009 – Album Solo Pertama GD

Setelah beristirahat di awal tahun 2009, Big Bang kemudian mulai fokus untuk memasarkan musik mereka di Jepang. Selain itu, personil grup Big Bang juga mulai mempersiapkan karir solo masing-masing.

GD si ketua grup memperkenalkan album solo pertamanya “Heartbreaker” yang tentunya kembali mendapatkan respon hangat. Taeyang dengan lagu “Wedding Dress” juga berhasil memikat hati para fans setia. Sedangkan TOP mulai menginjakkan kaki di dunia akting dalam film yang berjudul IRIS.

View post on imgur.com

2010 – Album Kolaborasi TOP & GD

Di awal tahun 2010, Big Bang kembali mengadakan tur konser mereka dengan status sebagai grup band. Para personil juga masih fokus pada perkembangan karir solo masing-masing. GD dan TOP mencoba berkolaborasi dan mengeluarkan album duet baru yang berjudul “GD& TOP” sedangkan Taeyang dengan albumnya yang berjudul “Solar” membuatnya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai “Best Male Artist” di tahun ini. Nggak mau kalah, Seungri juga mengeluarkan lagu solo pertamanya yang berjudul “VVIP”.

2011 – Kembali Bersatu

Setelah dua tahun mencoba perkembangan karir solo masing-masing, Big Bang kembali bersatu pada tahun 2011 dengan konser mewah mereka “Big Bang Show 2011” di Korea. Big Bang juga mengeluarkan album mini mereka yang berjudul “Tonight” dengan genre yang sedikit berbeda dibandingkan album sebelumnya,, yakni bernuansa rock.

View post on imgur.com

2012 – Semakin Bersinar di Mata Dunia dengan “Alive”

Di tahun ini, keberadaan Big Bang sudah mulai diakui secara Internasional. Hal ini bisa dibuktikan dengan album “Alive” mereka yang berhasil masuk ke dalam Top 200 Chart di Billboard Amerika serta tur konser global dari Asia sampai ke Amerika .

Ada banyak sekali lagu baru Big Bang yang akan melegenda dalam album ini, seperti “Fantastic Baby” dan “Monster”. Big Bang juga mengalami perubahan gaya yang sangat drastis di dalam album ini, seperti warna rambut yang sangat terang serta gaya yang lebih funky.

2013 – Kembali dengan Perkembangan Karir Solo

Setelah meraup kesuksesan besar di tahun 2012, personil Big Bang kembali fokus ke perkembangan karir solo masing-masing. Daesung dengan album “D’scover”, Seungri dengan lagu barunya “Let’s Talk About Love” ,dan G-Dragon’s dengan album keduanya “Coup D’Etat”. Sedangkan TOP justru lebih memilih untuk kembali fokus ke dalam dunia akting dengan film “The Commitment”. Tentu saja Taeyang juga kembali hadir dengan status sebagai penyanyi solo dengan albumnya yang berjudul “Rise”.

2014 – Kejayaan Taeyang

Di tahun ini, para personil masih berfokus pada perkembangan karir solo, tapi sepertinya tahun 2014 menjadi tahun kejayaan untuk Taeyang. Lagu ““Eyes, Nose, Lips” ciptaannya sendiri berhasil membuat personil Big Bang yang satu ini maju sebagai penyanyi solo Korea pertama yang masuk ke dalam list Top 200 di Billboard Amerika, lho!

View post on imgur.com

2015 – Album MADE dan World Tour Kedua

Di tahun 2015, Big Bang kembali fokus untuk album grup mereka yang berjudul “MADE”. Lagu-lagu dalam album ini dirilis di bulan yang berbeda-beda, tapi hebatnya hampir semua lagu dalam album ini selalu berada di posisi atas top chart ketika diperkenalkan.

Di tahun 2015 kemarin, mereka kembali menggelar World Tour yang kedua dan juga ada mampir ke Indonesia, loh! Kesuksesan album “MADE” dan tur konser memberikan mereka pendapatan yang bahkan melebihi band Amerika, Maroon 5.

2016 – 10 Years of Big Bang

Tahun 2016 merupakan perayaan tahun ke 10 grup band yang dijuluki sebagai “Icon of K-pop” ini. Selain melanjutkan World Tour “MADE” di beberapa negara, mereka juga mempersiapkan beberapa kejutan sebagai balasan atas dukungan para VIP di seluruh dunia.

Contohnya seperti flim dokumentasi “BIGBANG MADE” yang ditayangkan di bioskop CGV dan ada juga pameran “A TO Z” di Korea yang menceritakan perjalanan 10 tahun Big Bang. Selain itu, mereka juga akan kembali menggelar konser mewah di di Seoul World Cup Stadium dengan tema “0.TO.10”

Baca juga: Mengagumi Idol Berbeda, Beberapa Fandom Ini Menyulut Fanwar K-Pop


Big Bang bisa dikatakan merupakan salah satu kontributor besar dalam penyebaran fenomena K-pop di seluruh dunia. Semoga di sepuluh tahun mendatang, mereka tetap akan membawakan lagu -lagu yang sensasional dan menyentuh hati. Baca juga fakta menarik konser “MADE” mereka disini.
Kamu juga bisa membeli ear phone berkualitas tinggi untuk dengerin lagu-lagu kece mereka.

Categorised in: ,

This post was written by Keimmy Xu