• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Sebelum Kamu Pergi Liburan, Siapkan Dulu 5 Hal Ini!

Sebelum Kamu Pergi Liburan, Siapkan Dulu 5 Hal Ini!

Akhir tahun sudah mendekat dan apakah kamu sudah nggak sabar untuk jalan-jalan ke luar negeri? Sebelum kamu beli tiket, baca dan pelajari dulu tips ini.

Setiap kali kalau kita mengecek kalender dan melihat ada libur panjang, pasti bawaannya pengen liburan. Walaupun kedengarannya simple, jalan-jalan (apalagi ke luar negeri) membutuhkan persiapan yang sangat matang.

Kamu harus merencanakannya jauh-jauh hari supaya liburan kamu bisa menyenangkan dan nggak kocar-kacir. Jangan buru-buru! Sebelum kamu berangkat liburan, pastikan kamu sudah melakukan 5 hal ini.

Berburu tiket pesawat murah

Sebelum Kamu Pergi Liburan, Siapkan Dulu 5 Hal Ini!

Sumber: Tranmautritam

Belilah tiket transportasi serta penginapan dari jauh-jauh hari agar harganya lebih murah. Jika kamu akan berpergian menaiki pesawat, sebaiknya beli tiket sekitar 3 minggu – 3 bulan sebelum terbang karena tiket pesawat akan mengalami penurunan harga sampai 21 persen, loh!

Dengan naik turunnya harga tiket, sebaiknya kamu mulai iseng membuka situs-situs penjualan tiket pesawat agar nggak rugi. Apalagi jika kamu akan berpergian pada hari-hari libur. Semakin dekat tanggal penerbangannya, maka harga tiketnya juga akan semakin mahal.

Perusahaan agensi travel Skyscanner memberikan tips mengenai pembelian harga tiket pesawat murah berdasarkan negara yang dituju. Tips lainnya yang bisa membantu kamu membeli tiket pesawat murah ada disini.

Mempelajari budaya negara tujuan

Sebelum Kamu Pergi Liburan, Siapkan Dulu 5 Hal Ini!2

Sumber: NYPhotographic

Langkah pertama setelah menentukan tempat tujuan kamu adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat tujuan itu. Baik liburan panjang maupun pendek, kamu tetap harus mengenali tempat tujuanmu dengan mempelajari budayanya, apa yang sedang terjadi di tempat itu, dimana lokasi-lokasi wisata populernya, dan juga bahasa yang digunakan penduduk di sana.

Dengan mempelajari budaya dan bahasa, kamu bisa mendapat pengalaman liburan yang berbeda. Kamu nggak akan tersesat atau tertipu pedagang lokal hanya karena masalah bahasa. Siapa tahu, dengan bergaul dengan penduduk-penduduk disana, kamu bisa mendapatkan berbagai peluang baru, seperti teman hingga kesempatan bisnis.

Mempelajari kondisi keuangan

Sebelum Kamu Pergi Liburan, Siapkan Dulu 5 Hal Ini!3

Sumber: 401(K)2012

Setelah mendapatkan informasi mengenai budaya dan tempat wisata di negara tujuan, kamu juga harus mengetahui keadaan keuangan negara tersebut. Apakah sedang terjadi inflasi? Apakah barang-barang disana mahal? Kamu wajib mengetahui hal ini untuk membantumu memperkirakan jumlah pengeluaran yang akan dihabiskan.

Biaya hidup di setiap negara akan berbeda-beda. Beberapa negara membutuhkan dana yang jauh lebih besar untuk makan dan belanja barang, contohnya adalah negara tetangga kita, Singapura. Namun ada juga negara yang menuntut biaya hidup lebih rendah, seperti Thailand dan Malaysia.

Perencanaan rinci

Sebelum Kamu Pergi Liburan, Siapkan Dulu 5 Hal Ini!4

Sumber: Pexels

Kamu juga perlu merencanakan secara rinci aktivitas-aktivitas yang akan lakukan disana. Nggak hanya lokasi penginapan, namun kamu sudah harus tahu semua tempat yang kira-kira akan dikunjungi dari hari pertama sampai hari terakhir. Hal ini akan menentukan dana yang harus kamu persiapkan.

Melalui perencanaan dan perhitungan yang rinci, kamu bisa meminimalisir terjadinya pengeluaran yang nggak diperlukan. Memang sih kalau lagi liburan bawaannya mau cuci mata dan belanja, tapi tanpa persiapan yang baik, kamu akan kalang kabut ketika menyadari uang kamu nggak cukup untuk liburan di hari-hari seterusnya. Siapkanlah uang lebih untuk kondisi-kondisi nggak terduga, misalnya membeli obat dan berkunjung ke tempat wisata baru.

Menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan

Sebelum Kamu Pergi Liburan, Siapkan Dulu 5 Hal Ini!5

Sumber: Jaymantri

Langkah penting terakhir sebelum kamu pergi liburan adalah mempersiapkan dokumen-dokumen serta barang-barang yang dibutuhkan untuk berlibur. Pastikan paspor dan visa (jika diperlukan) kamu lengkap dan masih berlaku. Selain barang-barang umum seperti uang dan pakaian, siapkan pula barang-barang penting lain, seperti handphone, powerbank, dan kartu kredit. Jangan lupa membawa kamera untuk merekam petualangan liburanmu.

Usahakan untuk nggak membawa pakaian dengan jumlah berlebihan supaya kamu bisa menyisakan ruang di tas atau koper untuk oleh-oleh dan barang belanjaan kamu. Untuk membantumu memilih tas dan cara packing saat liburan, kamu bisa pelajari disini.

Sumber gambar utama: Geneva Vanderzeil

Categorised in: , ,

This post was written by Sharon Hambali