• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Plus-Minus Bekerja Sesuai Background Studi VS Sesuai Minat

Plus-Minus Bekerja Sesuai Background Studi VS Sesuai Minat

Pilih kerja bisa jadi problematika. Mau bekerja yang sesuai background studi kita, atau sesuai minat ya? Ini gambarannya.

Lepas menyelesaikan kuliah, kamu akan dihadapkan pada fase hidup yang lebih baru, yaitu memilih pekerjaan. Banyak dari kamu pasti ngerasa bingung, mau memilih tempat kerja yang sesuai background studi, atau yang sesuai passion atau minat saja? Ya, karena memang nggak sedikit orang yang ngerasa ‘salah jurusan’ saat kuliah, sehingga ketika lulus merasa kurang PD untuk ngelanjutin pekerjaan sesuai studinya. Ujung-ujungnya mereka akan banting setir bekerja sesuai dengan minatnya.

Hal tersebut sah saja kok, karena memang beberapa jenis pekerjaan terbuka untuk latar belakang ilmu apapun. Nah, sebelum menentukan mau kerja di mana dan bidang apa, kamu bisa pertimbangkan hal-hal berikut ini:

Kesempatan yang Datang

via GIPHY

Mencari pekerjaan sesuai titel sekolah tentu bakalan lebih mudah buat kamu. Kesempatannya lebih banyak dan mudah dicari. Sementara jika kamu membelok, memang kamu perlu ekstra sabar, karena nggak semua kantor atau pekerjaan membuka kesempatan buat pelamar yang melamar pekerjaan namun nggak sesuai background studi. Kamu harus cermat dan jeli saat mencari pekerjaan.

Baca juga: 6 Tips Memilih Busana untuk Wawancara Kerja

Penyesuaian Ilmu

via GIPHY

Kalau bekerja pada bidang yang sesuai bidang studi, tentu kamu nggak perlu lagi ada penyesuaian ilmu. Contoh saja, seorang sarjana ekonomi yang baru masuk bank, tentu akan lebih familier dengan ilmu-ilmu dan istilah yang dipakai. Sementara jika kamu dari sarjana teknik tapi ‘terjun’ bekerja di bank, tentu kamu bakal perlu penyesuaian lagi. Namun postifinya, kamu menambah pengetahuan dan wawasan di dalam dirimu.

Koneksi

via GIPHY

Salah satu keuntungan bekerja nggak sesuai titel kamu, salah satunya kamu bakal ketemu rekan kerja, atasan, klien atau bahkan nara sumber yang tentunya latar belakang studinya lebih beragam juga. Hal ini yang bikin koneksi dan wawasan kamu jadi lebih bertambah. Hal ini juga yang bikin kesempatan buat ngembangin minat kamu jadi lebih besar.

Faktor Sosial

via GIPHY

Tanggapan orang tua dan keluarga besar mungkin akan menjadi pertimbangan yang besar buat dirimu. Jika orang tuamu cukup dinamis, mungkin apapun keputusanmu akan didukung penuh oleh mereka. Namun jika mereka tetap memberi tanggapan miring, kamu harus menunjukkan bahwa mereka bahwa bekerja tak sesuai studi sekalipun, bisa membuat kamu menjadi sukses juga. Selain itu, kamu bisa sering-sering sharing sama mereka, bahwa pekerjaanmu yang sesuai minat itu amat menyenangkan.

Baca juga: 5 Tempat Ngopi di Sekitar SCBD yang Asyik Buat Nongkrong

Kepuasan Batin

via GIPHY

Selain semua pertimbangan di atas, umumnya hal yang satu ini yang paling pengaruh. Semua keputusan tentu akan kembali ke diri sendiri. Karena bagaimana pun pekerjaannya, akan menjadi tanggung jawab diri sendiri, bukan orang lain. Kalau kamu merasa lebih nyaman bekerja sesuai dengan passion, kamu teruskan saja keputusan itu. Namun, kalau merasa mantap ingin mengembangkan diri sesuai dengan studi yang memang sudah jadi pilihanmu sejak lama, jalanmu pasti terbuka lebar.

Apapun keputusannya, pastikan kamu selalu menikmati setiap langkah dalam pekerjaanmu ya. Happy working!

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia