• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Sebelum Beli Rumah di Cluster, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Sebelum Beli Rumah di Cluster, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Berniat membeli rumah di cluster? Ternyata posisi rumah dalam sebuah cluster itu penting lho, perhatikan 5 hal penting berikut ini.

Kalau ingin beli rumah, tentu memang lebih praktis kalau memilih bangunan jadi dalam sebuah komplek perumahan atau cluster saja. Apalagi buat para pasangan muda yang supersibuk, beli rumah dengan model ini paling diminati. Nah, selain memerhatikan di mana lokasi cluster tersebut berada, bentuk bangunan, dan juga harganya, kamu perlu berpikir cermat juga saat menentukan pilihan di mana spot atau titik rumah kamu bakal berada. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Letak Ideal

httpwww.mountainview-residence.com

Kalau cluster atau komplek perumahannya cukup besar, idealnya kamu pilih yang di area bagian tengah saja. Karena jika terlalu depan, maka rumahmu akan lebih bising karena lalu-lintasnya cukup tinggi. Tapi, kalau pilih terlalu belakang atau memojok, periksa kembali apakah ada akses dengan lingkungan di sekitar atau nggak. Karena biasanya, ada akses kecil yang tak sengaja dibuat sehingga orang mudah lalu-lalang. Membuat kita sebagai penghuni yang tinggal di dekatnya perlu perhatian ekstra dalam soal keamanan.

Baca juga: Plus dan Minus Beli Rumah Seharga 100 Juta Rupiah

Jarak dari Fasum

httppropertyinsight.com.my

Kalau cluster yang diincar punya fasilitas umum (fasum), seperti kolam renang, taman bermain anak, atau lainnya, sebaiknya hindari pilih rumah yang langsung bersebelahan atau terlalu berdekatan jaraknya. Karena selain bising, ada kemungkinan lahan di depan rumahmu akan termakan oleh parkir. Namun bukan berarti terlalu jauh juga, memilih rumah satu atau dua blok dekat fasum rasanya lebih ideal. Tetap bisa berjalan kaki, namun nggak bakal terganggu dengan segala gangguan.

Hindari Tusuk Sate

httpwww.rumahmaterial.com

Ilmu feng shui memang nggak menganjurkan memiliki rumah dalam posisi lahan yang tusuk sate, karena posisi tersebut dianggap akan memberi pengaruh buruk kepada penghuninya. Lahan tersebut lebih cocok untuk dijadikan tempat usaha. Secara logika, posisi tusuk sate memang sedikit merugikan, karena aktivitas rumah di bagian terdepan akan mudah kelihatan dari jalanan yang tegak lurus di depannya.

Baca juga: 5 Ilmu Feng Shui Dapur Ini Bisa Bikin Tambah Hoki dan Tubuh Lebih Sehat Arah Bukaan

Arah Bukaan

httpsgreenresidence.wordpress.comtaghouse

Semungil apa pun rumahmu, pastikan cukup bukaan atau bidang jendela. Tapi, ada baiknya kamu memilih spot rumah dengan posisi depan bangunan yang menghadap ke arah utara atau selatan (jadi sisi barat dan timurnya di bagian samping). Karena jika memilih rumah yang langsung menghadap barat atau timur, panasnya sinar matahari bakal lebih terasa menyengat masuk ke dalam rumahmu. Kamu pun akan ketergantungan dengan pendingin ruang.

Rumah Baru

new-prestigious-cluster-at-citra-garden-lampung-home-remedies

Ya, yang namanya beli rumah di cluster baru pasti adalah bangunan baru. Tapi, ada juga manajemen cluster yang akhirnya menawarkan rumah contohnya untuk dijual dengan harga yang lebih miring. Sebaiknya sih, kamu nggak mengambil bangunan tersebut. Karena selain “bekas”, ada kemungkinan rumah contoh dibangun dengan kualitas material yang sesuai. Dan juga, rumah contoh biasanya terletak di sisi terdepan cluster, di mana secara privasi tentu sedikit lebih kurang dibanding spot lainnya.

Sudah tau mau menentukan posisi rumah yang mana di cluster incaran? Selamat memilih ladies!

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia