• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Mau hubungan LDR-mu langgeng? Kamu wajib cek 9 Tips ini

Mau hubungan LDR-mu langgeng? Kamu wajib cek 9 Tips ini

Nggak perlu parno sama hubungan jarak jauh! Tips-tips berikut ini sangat berguna untuk kamu yang sedang menjalani hubungan LDR.

Banyak orang bilang bahwa pacaran jarak jauh atau yang biasa disebut Long Distance Relationship nggak bisa bertahan lama. Jumlah frekuensi ketemuan yang terbilang jarang dianggap sebagai pemicu rentannya jenis pacaran ini.

Hubungan LDR sering terjadi karena adanya tuntutan pekerjaan atau kuliah di kota yang berbeda dengan pacar. Pasangan-pasangan LDR ini akhirnya terpaksa berpisah untuk sementara, namun percayalah yang terpisah hanya fisik saja.

Eitss, buat kamu yang lagi jalanin hubungan LDR, jangan langsung kecil hati ya. Yuk cek tips-tips berikut agar hubungan LDR-mu langgeng dan lancar jaya!

1. Komunikasi Nomor Satu

LDR Sumber: quartknie

Untuk kamu yang sedang menjalani hubungan LDR, menjaga komunikasi itu penting lho. Penting untuk mengucapkan selamat pagi atau selamat malam setiap hari agar si dia tetap merasa diperhatikan. Jika kamu dan si dia memiliki waktu luang, jangan lupa untuk video call agar rasa rindu yang kamu rasakan sedikit terobati.

Namun meskipun komunikasi itu penting, jangan sampai kamu terlalu berlebihan dalam berkomunikasi dengan si dia. Kamu nggak perlu setiap jam bertanya dia sedang apa, sudah makan belum, sedang dimana, dan dengan siapa agar dia juga tidak merasa terlalu terikat. Bagaimanapun dia juga butuh waktu untuk melakukan aktivitasnya tanpa gangguan dari kita.

2. Persiapkan Waktu Untuk Ketemuan

LDR Sumber: Story LDR

Mungkin kamu dan si dia sedang sibuk dengan aktivitas masing-masing, namun meluangkan waktu untuk saling mengunjungi itu penting lho. Kamu bisa saja beralasan kamu belum terlalu rindu dengannya, tapi apakah kamu tahu seberapa rindu dia terhadap kamu? Maka dari itu kamu juga harus peka dengan perasaannya ya.

3. Sibukkan Dirimu Dengan Hal Yang Berkualitas

LDR Sumber: IAB UK

Selama kalian berpisah secara fisik untuk sementara waktu, gunakanlah waktumu untuk kegiatan-kegiatan yang berkualitas agar waktumu nggak hanya untuk mikirin si dia terus. Kamu bisa melakukan kegiatan sesuai hobimu, contohnya olahraga atau belanja.

Hindarilah menghabiskan waktu hanya di kamar sembari merenung menggalaukan si dia yang sedang sibuk. Percaya nggak percaya hal tersebut bisa menciptakan peluang untuk kamu berpikiran negatif.

4. Nikmati Waktumu Dengan Sahabat dan Keluarga

LDR Sumber: Benjamin Cohen

Nggak ada pacar di sisimu bukan berarti kamu nggak punya siapa-siapa untuk diajak jalan bareng. Kamu masih punya sahabat dan keluarga yang bisa kamu ajak untuk bepergian di saat kamu merasa kesepian. Jika sebelumnya kamu lebih banyak menghabiskan waktumu sama pacar, melalui kesempatan ini dekatkanlah dirimu dengan para sahabat dan keluarga.

 

Baca juga: 10 Tips Berkomunikasi Untuk Memperkuat Hubungan 

5. Saling Percaya

LDR Sumber: Katie Shanice

Yang namanya LDR pasti tantangan dan godaannya juga lebih besar. Pasti terkadang kamu sering memikirkan “dia sedang sama siapa” atau “apakah ada lawan jenis yang mendekati dia”. Nah, pilihannya buatmu sekarang adalah, kamu mau jadi pacar yang over protective atau pacar yang pengertian dan percaya sama dia? Tentunya dia maunya kamu jadi pacar yang percaya sama dirinya.

Daripada kamu menghabiskan waktu komunikasi kalian berdua dengan curiga-curigaan atau saling cemburuan, lebih baik kalian membicarakan hal yang lebih berkualitas seperti saling mendukung pekerjaan masing-masing.

6. Tetap Jujur Sama Si Dia Dalam Hal Sekecil Apapun

LDR Sumber: Chris S

Agar muncul rasa saling percaya dalam hati kalian, mulailah untuk selalu jujur dalam setiap hal sama si dia ya. Jujur saja kenapa kamu pulang malam hari ini sehingga nggak bisa telepon dia. Palingan setelah itu kamu akan dicerewetin sekitar 15 menit, tapi si dia jadi selalu percaya sama kamu kan.

7. Nggak ada salahnya kepoin Social Media-nya kok

LDR Sumber: Message In A Bottle

Namanya orang nge-post foto di Instagram atau di Path gunanya apa sih selain untuk dilihat dan koleksi jumlah likers? Nah, kamu bisa tunjukin rasa pedulimu dengan si dia dengan like foto-foto yang dia post. Mungkin memang hal kecil tapi bisa bikin dia merasa diperhatikan lho. Kamu juga bisa mengikuti segala aktivitas yang dia lakukan sehingga tidak ada rasa penasaran atau curiga sama si dia.

8. Stay Romantic

LDR Sumber: Lumpi

Siapa bilang romantis hanya dapat dilakukan jika sedang ketemuan saja? Meskipun kamu sedang menjalani hubungan LDR, kamu tetap bisa melakukan hal-hal romantis seperti tiba-tiba mengirim hadiah ke kos atau ke rumah si dia di hari jadi hubungan kalian atau saat dia ulang tahun. Jam tangan couple  juga bisa jadi pilihan tepat untuk hadiah si dia lho. Dijamin hatinya akan langsung klepek-klepek deh!

9. Miliki Visi ke Depan Tentang Hubungan Ini

LDR Sumber: te deno

Kamu wajib memiliki visi ke depan tentang hubunganmu dengan si dia agar dia nggak merasa sia-sia dalam menjalani LDR yang penuh perjuangan ini. Nggak ada salahnya kamu membicarakan perihal rencana kamu kedepannya agar dia semakin yakin dan setia menjalani hubungan ini. Berikan dia alasan kenapa hubungan kalian harus dipertahankan.

Baca juga: 3 Sains Percintaan untuk Menguji Kecocokan Hubungan Kalian


LDR memang berat, namun jika dilalui dengan kesabaran dan kerja keras dari masing-masing pihak, tentunya perjuangan ini akan membuahkan hasil di kemudian hari. Setelah mengikuti tips-tips diatas tentunya kamu tidak perlu khawatir lagi kan hubungan LDR-mu akan berakhir dengan sia-sia?

Categorised in: ,

This post was written by Tiffany Nastasia