• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Beauty
  • >
  • 6 Tips Menjaga Kulit Kamu Tetap Sehat di Ruangan Ber-AC

6 Tips Menjaga Kulit Kamu Tetap Sehat di Ruangan Ber-AC

Cuaca panas membuat kita dekat dengan AC. Namun, AC ternyata nggak bagus untuk kulit, lho! Bagaimana cara menjaga kulit agar tetap sehat?

Cuaca terik yang sudah menjadi keseharian orang Indonesia, membuat kita lebih memilih untuk menghabiskan waktu di ruangan ber-AC. Apalagi jika kamu bekerja seharian di kantor, berada di ruangan full AC memang sangat nyaman dan membuat kamu nggak ingin keluar kemana-mana.

Tapi, tahukah kamu bahwa udara AC memiliki efek yang kurang baik untuk kulitmu? Udara AC menyebabkan kulit kita dehidrasi sehingga kulit menjadi kering dan memproduksi semakin banyak minyak untuk mengatasi kekeringan tersebut. Minyak yang dihasilkan dan terus melapisi kulit kita justru nggak baik, lho!

Jadi, apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kulit kamu agar bisa tetap sehat di ruangan ber-AC?

Body Lotion

menjaga kulitSumber: chezbeate

Cara pertama untuk menjaga kulit kamu adalah dengan menyimpan body lotion di meja kerja atau laci kamarmu. Gunakan body lotion tiga kali sehari, pada pagi, siang, dan malam agar kulit kamu selalu lembab dan aman dari udara AC. Pilihlah body lotion dengan aroma wangi agar kulitmu nggak hanya sehat, namun juga dilapisi bau yang enak.

3-steps Skin Care

menjaga kulitSumber: chezbeate

Walaupun kamu berada di dalam ruangan, kulitmu harus rutin dibersihkan karena angin yang ditiupkan AC sering kali kotor dan mengandung bakteri yang nggak baik untuk kesehatan kulit, khususnya kulit wajah. Kamu dapat menjaga kulit wajahmu dengan 3 langkah sederhana, yaitu cucilah dengan sabun wajah, lalu gunakan toner, dan akhiri dengan pelembab. Pastikan sabun wajah yang kamu gunakan nggak memberikan efek kering karena bisa semakin membuat kulit dehidrasi.

Lip Balm

menjaga kulitSumber: krystofos

Salah satu dampak dari udara AC adalah bibir kamu menjadi pecah-pecah karena kering. Agar bibirmu tetap cantik dan sehat, gunakanlah lip balm secara rutin. Kamu juga harus berhati-hati ketika memilih lip balm, pilihlah yang memberi kelembaban pada bibir, bukan yang membuat kering atau hanya sekedar memberi warna saja.

Baca juga: Inilah Panduan Memilih Warna Lipstick yang Cocok Dengan Warna Kulitmu

Water Spray

menjaga kulitSumber: Ryan McGuire

Water spray atau yang biasa disebut facial mist dapat melembabkan kulit dan mengatasi dehidrasi kamu dalam sekejap. Jika disemprotkan, produk ini akan membasahi kulitmu dengan air berbentuk partikel mikro yang mudah diserap kulit. Semprotan dari water spray dapat membuat kulit wajahmu terasa segar, terlihat lebih bersinar, dan nggak lusuh.

Minum Air

menjaga kulitSumber: LV11

Selain perawatan dari luar, kulitmu juga membutuhkan cairan dari dalam tubuh yang sama pentingnya. Minumlah air minimal delapan gelas setiap hari. Tapi ingat, yang diminum itu air putih loh, bukan soda, teh, atau kopi. Jika kamu sudah memulai kebiasaan untuk minum air putih yang cukup setiap hari, kamu pasti akan melihat dan merasakan perubahan yang terjadi pada kulitmu.

Ruangan ber-AC yang sejuk memang sering membuat kamu nggak merasa haus dan lupa minum air putih. Sebagai tips tambahan, gunakanlah botol air minum besar dan letakkan di tempat yang mudah terlihat dan diambil. Jika perlu, pasang alarm di handphone kamu untuk membantu mengingatkan waktu untuk minum air pada jam-jam tertentu secara rutin.

Makan Sehat

menjaga kulitSumber: jill111

Selain air, makanan kamu sehari-hari juga menjadi faktor penting untuk menjaga kulit dari dalam. Buah-buahan seperti jeruk dan stroberi dan sayuran hijau seperti bayam terbukti berperan sebagai antioksidan dan dapat menghidrasi kulit dari dalam. Jadi, jangan melewatkan buah dan sayur dari daftar makanan kamu ya!

Baca juga: 5 Menu Dessert Ini Bisa Membuat Kulitmu Semakin Indah

Categorised in: ,

This post was written by Karen Tungka