Cara Merawat Sneakers Biar Tetap Tahan Lama

Kamu penggemar sneakers? Wah, berarti harus rajin merawat sneakers koleksi, ya! Ini dia cara merawat sneakers biar awet.

Sneakerhead istilahnya. Koleksinya? Ya jelas sneakers. Tapi bukan sembarang sneakers, lho. Mulai dari Nike, adidas, New Balance, Vans, semua wajib ada di rak sepatu mereka. Harganya pun beragam, tapi pastinya nggak murah. Kamu yang jadi salah satu sneakerheads pasti tahu berapa banyak uang tabungan yang harus direlakan demi sneakers kesayangan. Kalau sudah tahu harganya mahal, maka sepatu andalan harus dirawat. Gini caranya:

Cuci dengan hati-hati

A photo posted by SUMMER (@summer_store_lyon) on

Namanya juga sepatu, pasti ada kalanya kotor. Entah itu gara-gara tanah atau kehujanan, hal ini memang bikin greget. Tapi ada solusinya, kok. Gunakan cairan pembersih khusus sneakers lalu sikat lembut menggunakan sikat gigi supaya bahan seperti mesh dan suede nggak gampang rusak. Selanjutnya, lap sneakers pakai kain. Untuk sepatu kanvas, kamu bisa peras sepatu berikut lap tersebut untuk membantu mengangkat kotoran dan mengeringkan kain kanvas sekaligus.

Kasih perlindungan ekstra

Setelah dicuci dan dikeringkan secara alami, taruh sneakers di atas lap dan semprotkan spray anti basah dan kotoran supaya ngga ada kotoran menempel yang susah hilang. Jadi seberapa sering pun kamu pakai di berbagai kondisi, sneakers tetap aman sentosa. Hati pun sejahtera.

Simpan di tempat yang tepat

A photo posted by HYPEBEAST (@hypebeast) on

Dari sekian banyaknya koleksi sneakers, ada kalanya kamu menyimpan sneakers karena berganti dengan sepatu lain. Yang harus diperhatikan adalah, hindari menyimpan sepatu di tempat lembab. Jangan lupa masukkan gumpalan kertas ke dalam sepatu untuk menjaga sepatu tetap kering. Oh ya, ada baiknya kamu simpan sneakers ke dalam dust bag sebelum dimasukkan ke dus originalnya. Untuk memudahkan kamu saat mencari sneakers yang mau dipakai, coba foto setiap sneakers lalu cetak dan tempel fotonya di atas dus.

Prediksi cuaca

A photo posted by HYPEBEAST (@hypebeast) on

Mungkin terdengar konyol, tapi daripada nyesel di kemudian hari, kamu harus pintar lihat kondisi cuaca sebelum pakai sneakers, khususnya yang berwarna putih. Kalau awan sudah terlihat mendung, mending simpan dulu deh, niat gaya pakai sneakers putih. Selain nantinya bakal bikin nggak nyaman (kalau kamu tetap maksa), noda juga akan lebih mudah menempel pada sneakers saat dipakai dalam keadaan basah.

Sneakerhead hardcore sih boleh aja, tapi bukan berarti kamu rela nggak pernah pakai sepatu baru sama sekali, kan? Asal sudah tahu cara rawatnya, aman-aman aja kok pakai sneakers kesayangan. Sekalian pamer juga, kan?

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza