• Home
  • >
  • Male
  • >
  • 5 Fakta Menarik tentang Idol Group Populer, JKT48

5 Fakta Menarik tentang Idol Group Populer, JKT48

Selama 5 tahun berkarya, JKT48 menjadi idol group yang sangat terkenal di Indonesia. Tapi apa yang membuat mereka begitu populer? Mari simak.

I want you.. I need you.. I love you.. Di dalam benakku.. Keras berbunyi irama myujiku.. Heavy rotation..

Kamu pasti sudah nggak asing dengan lirik lagu yang muncul di salah satu iklan nge-hits beberapa tahun lalu. Ya, lagu “Heavy Rotation” yang ditampilkan oleh idol group JKT48 tersebut memang sangat catchy dan menarik perhatian banyak orang. Masyarakat pun bertanya-tanya, siapa sih sebenarnya kumpulan perempuan muda ini?

Sejak awal debut hingga usia yang sebentar lagi akan mencapai angka 5, idol group satu ini selalu membuat gebrakan baru yang semakin mempopulerkan grup ini di mata para penggemarnya. Inilah 5 fakta menarik tentang JKT48, idol group populer Indonesia!

Baca juga: 10 Tanda Kalau Kamu Sudah Kecanduan K-pop

Idol group pertama di Indonesia

JKT48 Sumber gambar: JKT48

Kalau kamu menganggap JKT48 adalah salah satu girlband di Indonesia seperti Cherrybelle, kamu salah besar! JKT48 adalah sebuah idol group, dimana setiap member akan dididik menjadi seorang “idola” yang multi talenta. Bedanya dengan girlband, para member nggak hanya belajar bernyanyi dan menari, melainkan juga akting dan public speaking.

Grup ini menggunakan konsep akademi keartisan yang akan mendidik para member-nya menjadi idola yang berbakat. Jika pihak akademi merasa ada member grup yang sudah mampu berkarir solo, maka ia akan diluluskan.

JKT48 juga bisa disebut sebagai inisiator yang pertama kali memperkenalkan konsep idol group dan akademi, yang tentunya masih sangat asing di industri musik Indonesia.

Sister group pertama yang ada di luar negeri Sakura

JKT48 Sumber gambar: j.cul

Selain menjadi idol group pertama di Indonesia, ternyata JKT48 juga merupakan sister group pertama dari AKB48 (idol group pertama atau “kakak” dari grup 48 Family) yang berpusat di luar Jepang. Sebelum proyek idol group ini dimulai, AKB48 memang sudah memiliki 3 sister group yang juga berada di Jepang, yakni di Nagoya, Osaka, dan juga Fukuoka.

Indonesia dipilih sebagai negara pertama untuk proyek ini karena banyaknya jumlah fans yang tertarik dengan AKB48 serta konsep idol group-nya. Oleh karena itu, pada tahun 2011, lahirlah idol group yang sangat didambakan masyarakat Indonesia, JKT48.

Joint concert pertama dengan AKB48

JKT48 Sumber Gambar: Today Idol

Sebagai sister group pertama yang ada di luar negeri, JKT48 mendapatkan hak istimewa sebagai sister group overseas pertama yang mengadakan joint concert atau konser gabungan dengan AKB48, lho!

Acara konser gabungan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Februari tahun 2015 lalu di Main Hall The Kasablanka, Kota Kasablanka, Jakarta, dengan tema “Bergandengan tangan dengan kakak”. Acara yang berlangsung sekitar 3 jam ini dihadiri oleh para fans kedua idol group yang nggak pastinya nggak lupa membawa berbagai merchandise JKT48.

Musisi pertama yang memiliki gedung pertunjukan sendiri

JKT48 Sumber Gambar: jkt48

Seperti setiap grup 48 Family yang lain, idol group ini juga memiliki konsep “idol you can meet everyday” untuk menghibur para penggemarnya. Group satu ini rutin mengadakan pertunjukan teater yang bisa kamu datangi sesuai dengan jadwal tampilnya. Kamu bisa cek jadwalnya disini.

Awalnya, para personil mengadakan pertunjukan teater secara nomaden di berbagai lokasi sewaan. Namun, pada awal September tahun 2012, idol group ini akhirnya memiliki tempat pertunjukan milik pribadi bernama JKT48 Theater, yang terletak di lantai 4 gedung fX Sudirman, Jakarta. Dengan begitu, JKT48 pun tercatat sebagai musisi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki gedung pertunjukan sendiri.

Haruka, member JKT48 yang bersepeda dari Jakarta ke Surabaya

DAY 8 #goIONgoHaruka Membuat Legenda bersama @pocariid , pagi di jalanan Mojokerto

Foto kiriman JKT48 (@_officialjkt48) pada

Baru-baru ini, Haruka Nakagawa, salah satu personil idol group ini melakukan hal yang belum pernah dilakukan artis manapun di Indonesia, yaitu mengendarai sepeda dari Jakarta ke Surabaya. Aktivitas unik ini dilakukan Haruka supaya ia bisa selalu diingat oleh fans-nya, sebelum ia lulus dari JKT48 dan 48 Family pada bulan Desember nanti.

Ia memulai petualangan bersepedanya pada tanggal 23 Mei 2016 dengan menempuh 800 kilometer selama 12 hari. Kamu bisa melihat foto-foto kerja keras Haruka untuk para fans-nya, di sini.

Baca juga: Mengenang 10 Tahun Big Bang dan Perjalanan Karir Mereka


Selain tingkah laku lucu dan talenta yang luar biasa dari para anggotanya, 5 fakta di atas jelas menunjukkan keunikan serta kehebatan idol group nomor 1 di Indonesia ini. Gebrakan apa lagi ya yang akan dilakukan JKT48 di masa depan?

Categorised in: ,

This post was written by Caroline Winata