• Home
  • >
  • Zodiac
  • >
  • Hiburan
  • >
  • Pocong dan Kuntilanak? Mainstream! 9 Hantu Indonesia ini Lebih Seram!

Pocong dan Kuntilanak? Mainstream! 9 Hantu Indonesia ini Lebih Seram!

Mahluk halus dan hantu Indonesia memiliki beragam jenis. Namun yang paling seram jelas 9 hantu ini! Yuk, kenalan!

Hantu-hantu Indonesia sudah terkenal sebagai para setan dan monster yang sangat menakutkan. Senggaknya, begitulah kata banyak orang yang telah mengetahui berbagai wujud dan juga cerita dibalik para penghuni gaib ini.

Hantu Indonesia yang paling terkenal adalah Kuntilanak dan Pocong. Namun, dibandingkan 9 mahluk halus di bawah ini, keduanya nggak begitu seram. Siapakah mereka? Yuk, kenalan! Jangan malu-malu.

1. Sundel Bolong, melahirkan dari belakang

Pocong dan Kuntilanak Mainstream 9 Hantu Indonesia ini Lebih Seram2

Sumber: Blog Dinding
 

Hantu yang satu ini pastinya sudah nggak asing lagi. Lewat filmnya yang terkenal pada tahun 1981-an (diperankan oleh alm. Susana), hantu ini menuai popularitas, terutama di kalangan ibu-ibu yang suka menakut-nakuti anaknya.

Sundel Bolong merupakan hantu perempuan yang cantik dan meninggal dikarenakan mengandung anaknya dan melahirkan melalui punggungnya. Hal inilah yang membuat bolong pada punggungnya.

Kehadiran Sundel Bolong sendiri selalu menghadirkan bau anyir yang kurang sedap. Hal ini dikarenakan pada punggung Sundel Bolong terdapat beberapa belatung yang menggerogoti punggungnya yang busuk karena melahirkan.

Sundel Bolong juga sangat suka menggoda para pria dan juga benci penolakan. Jadi berhati-hatilah kalau bertemu dengan hantu Indonesia yang satu ini dan menolaknya!

2. Tuyul, si pencuri kecil

Pocong dan Kuntilanak Mainstream 9 Hantu Indonesia ini Lebih Seram3

Sumber: Cyberspaceandtime
 

Apa yang kamu pikirkan setelah mendengar hantu Indonesia yang satu ini? Mungkin beberapa orang berpikir mengenai hantu Indonesia yang suka mencuri.

Beberapa orang lainnya malah mungkin mengingat sinetron lawak “Tuyul dan Mbak Yul” yang super kocak. Namun sebenarnya, Tuyul adalah makhluk halus yang nggak kalah seram.

Mungkin kamu akan berubah pikiran ketika sadar bahwa untuk memelihara Tuyul, orang yang menyimpannya harus memberi makan darah segar… dari istrinya!

Wujud Tuyul biasanya digambarkan dengan sesosok anak kerdil yang gundul dan pandai mencuri. Hal ini yang biasanya dimanfaatkan pemilik Tuyul untuk menjadi kaya dengan sangat cepat.

3. Suster Ngesot, merangkak-rangkak di malam hari

Pocong dan Kuntilanak Mainstream 9 Hantu Indonesia ini Lebih Seram4

Sumber: Scary for kids
 

Begitu banyaknya hantu wanita di tanah air, namun jelas yang satu ini merupakan icon legenda urban yang paling terkenal. Hantu Indonesia yang satu ini bisa membuat kamu menjadi merinding sendiri ketika kamu dirawat di rumah sakit.

Suster Ngesot berasal dari cerita seorang perempuan yang mati dibunuh dan badannya di tanamkan ke dinding rumah sakit. Biasanya, ia akan mengetuk pintu kamar pasien, kemudian ketika dibuka, nggak ada orang.

Namun, ketika si Suster memegang kakimulah, kamu akan merasakan penyesalan yang dingin di sekujur tubuhmu. Besoknya tambah sakit.

4. Leak atau Hantu Jeroan, hantu Indonesia yang masih manusia

Pocong dan Kuntilanak Mainstream 9 Hantu Indonesia ini Lebih Seram5

Sumber: Balimediainfo
 

Hantu yang satu ini merupakan hantu yang paling menyeramkan menurut maysarakat pedalaman. Hal ini dikarenakan hantu yang satu ini memiliki ilmu yang sangat sakti.

Hantu Indonesia yang satu ini sebenarnya adalah orang yang memiliki ilmu hitam dan sedang menyempurnakan ilmunya. Ia membutuhkan darah segar untuk tetap mempertahankan ilmunya. Ia muncul dalam wujud kepala dengan usus dan beberapa organ tubuh terjuntai.

Bisa dikatakan ini Vampir, namun versi lebih terkutuk dan lebih menjijikan lagi dari Indonesia! Semoga nggak pernah ketemu ini deh.

5. Jelangkung, mainan yang berbahaya

Pocong dan Kuntilanak Mainstream 9 Hantu Indonesia ini Lebih Seram6

Sumber: Bp.blogspot
 

“Jelangkung… Jelangset…” merupakan mantra yang katanya diucapkan untuk memanggil arwah dari dunia lain untuk masuk ke dalam sebuah medium boneka yang dibuat oleh manusia.

Boneka yang satu ini memang sering disalahgunakan oleh orang-orang yang memanggilnya. Banyak yang hanya iseng, namun nggak tahu konsekuensinya memanggil jelangkung. Bisa-bisa membuat kesurupan, karena arwahnya berpindah medium!

Jelangkung memang nggak seram apabila bisa dipulangkan dengan tenang. Coba bayangkan bila anda harus mengantarnya pulang sendirian di tengah malam? Bisa-bisa diajak pulang.

6. Genderuwo, raksasa hidung belang

Pocong dan Kuntilanak Mainstream 9 Hantu Indonesia ini Lebih Seram7

Sumber: Nur Cahyadi
 

Pernahkah anda meliihat orang yang sering berubah bentuknya atau orang yang tiba-tiba muncul tapi nggak jelas asal-usulnya? Mungkin saja orang tersebut adalah Genderuwo yang menyamar menjadi manusia!

Hal ini dikarenakan Genderuwo merupakan arwah penasaran yang bertubuh super besar dan berbulu tebal. Namun, hal yang benar-benar menyeramkan dari Genderuwo adalah kemampuannya untuk menghamili wanita! Lindungi pacarmu!

7. Hantu Korod, legenda dari tanah Pasundan

Pocong dan Kuntilanak Mainstream 9 Hantu Indonesia ini Lebih Seram7

Sumber: Primbon
 

Mungkin banyak orang yang belum pernah mendengar nama hantu Indonesia yang satu ini. Hal ini wajar dikarenakan hantu ini merupakan hantu yang berasal dari tanah Pasundan (Bandung).

Mirip Genderuwo, hantu ini merupakan perwujudan seorang laki-laki yang suka mengganggu wanita muda di kala senja. Ketika sang wanita sedang mandi, wanita tersebut akan dihipnotis dan digoda dengan muka sesosok pria ganteng.

Setelah itu sang wanita akan terpengaruh pikirannya untuk menikahi sosok pria tadi. Kalau sudah begini, biasanya wanita tersebut akan menghilang dan ditemukan di tempat yang nggak wajar beberapa hari kemudian. Kalau masih hidup, beberapa hari lagi pasti meninggal.

Makanya, jangan melamun ketika mandi!

8. Jenglot, abadi dengan darah

Pocong dan Kuntilanak Mainstream 9 Hantu Indonesia ini Lebih Seram8

Sumber: Bendabertuahindonesia
 

Hantu yang satu ini konon bisa hidup kekal! Tentunya dengan beberapa syarat seperti (lagi-lagi) meminum darah dengan rutin. Hantu yang satu ini biasanya di pelihara oleh banyak paranormal karena kekuatan magisnya yang luar biasa.

Semakin panjang rambut yang dimiliki Jenglot konon makin sakti kekuatan yang dimilikinya. Jenglot yang biasanya mengambil bentuk boneka juga konon bisa berjalan.

Namun tiba-tiba kalau dilihat orang, bakal kembali menjadi boneka apabila dilihat oleh orang. Berarti, sangat mungkin kalau Jenglot sedang ada disekeliling kamu. Hanya saja kamu nggak sadar.

Baca juga: Film Horor Halloween Buat Kamu yang Nggak Suka Hantu!

9. Hantu Jeruk Purut, keliling memegang kepala

Pocong dan Kuntilanak Mainstream 9 Hantu Indonesia ini Lebih Seram9

Sumber: Bp.blogspot
 

Pendeta mungkin nggak terdengar sebagai hal yang seram untuk kamu. Akan tetapi bagaimana dengan pendeta yang berjalan dengan membawa kepalanya di tangannya?

Sudah merinding? Masih ada lagi! Hantu yang satu ini bisa kamu temukan di kuburan Jeruk Purut. Konon kalian bisa melihat hantu yang satu ini jika kamu datang dengan jumlah teman yang genap di tempat tersebut.

Pendeta tersebut dipenggal semasa hidupnya dan sekarang bergentayangan mengelilingi kuburan Jeruk Purut di Jakarta. Jangan sampai bertatap mata dengan kepala yang dibawanya!

Kalau sudah berpapasan dan bertatapan, resiko tanggung sendiri. Hiy!


Kok, setelah membaca artikel ini, rasanya ada yang memperhatikan dari belakang. Apa cuma perasaan? Terus, ada apasih hantu Indonesia dengan darah? Kok rata-rata perlu darah untuk bertahan hidup ya? Malam ini bisa tidur nggak ya? Banyak sekali pertanyaan yang perlu dijawab.

Sumber gambar utama: IDN Times
 

Categorised in: , ,

This post was written by Samuel Alfino Christanto