• Home
  • >
  • Zodiac
  • >
  • Hiburan
  • >
  • Mengenal Lebih Lanjut Niantic, Inc, Sang Pencipta Pokemon GO

Mengenal Lebih Lanjut Niantic, Inc, Sang Pencipta Pokemon GO

Pokemon GO memang sedang populer saat ini. Namun, apa kamu tahu siapa penciptanya? Berikut ulasan tentang Niantic, Inc, pencipta Pokemon GO

Siapa sih yang nggak tahu Pokemon GO? Beberapa minggu terakhir, Pokemon GO menjadi game mobile yang paling populer karena cara bermainnya yang unik dan tentu saja karena ada karakter-karakter Pokemon di dalamnya. Untuk bermain game yang ternyata adalah buatan Niantic, Inc ini, kamu diwajibkan untuk berpindah-pindah lokasi untuk mencari dan mengoleksi berbagai jenis Pokemon.

Pada awalnya semua orang berasumsi game ini adalah buatan Nintendo dan ternyata itu nggak benar. Franchise Pokemon GO memang dimiliki oleh Nintendo, tapi yang menciptakan game Pokemon GO adalah Niantic, Inc.

Bagi kamu yang masih asing dengan Niantic, Inc, berikut adalah beberapa informasi tentang pencipta game Pokemon GO ini.

Sejarah dan Awal Mula

Mengenal Lebih Lanjut Niantic Inc Sang Pencipta Pokemon GO2.jpg

Sumber: Gage Skidmore

Niantic, Inc merupakan perusahaan software development yang didirikan pada tahun 2010 dan berpusat di San Fransisco, California. Perusahaan ini terkenal dengan 2 game buatannya, yaitu Ingress dan Pokemon GO. CEO Niantic, Inc adalah John Hanke. Ia dikenal sebagai tokoh di balik kesuksesan Google Maps dan Google Earth ketika masih bekerja di Google.

Sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi perusahaan mandiri di tahun 2015, Niantic merupakan bagian dari Google. Bersama dengan beberapa teknisi lain, Hanke memiliki impian untuk menciptakan aplikasi berdasarkan teknologi pemetaan menggunakan Google.

Produk Niantic, Inc

Mengenal Lebih Lanjut Niantic Inc Sang Pencipta Pokemon GO3

Sumber: isparavanje

Sebelum sukses menciptakan Pokemon GO, Niantic, Inc sudah terlebih dulu menciptakan game Ingress yang menggunakan teknologi Augmented Reality di tahun 2012. Game ini juga menampilkan dunia sebenarnya lewat kamera smartphone dan mengharuskan para pemain untuk berpindah-pindah lokasi di dunia nyata.

Dalam permainan game Ingress, pemain dikelompokkan ke 2 kubu, yaitu kubu Enlightened yang berusaha mengaktifkan “portal” di beberapa lokasi publik, dan kubu Resistance yang berusaha mencegah kubu Enlightened mengaktifkan portal tersebut. Wah, seru juga ya permainan ini!

Siapa itu John Hanke?

Mengenal Lebih Lanjut Niantic Inc Sang Pencipta Pokemon GO4

Sumber: Wildscreen Film Festival

Sebelum menjadi CEO Niantic, Inc, John Hanke pernah menjadi Co-Founder dan CEO di Keyhole, Inc dan Vice President of Product Management untuk divisi “Geo” (Google Earth, Google Maps, Google Street View, dan Local).

Di tahun 2010, John Hanke diberi kebebasan untuk membentuk Niantic, Inc yang saat ini sudah menjadi perusahaan mandiri dan nggak lagi di bawah Google. Pada tahun 2015, Nintendo bekerja sama dengannya untuk memulai proyek Pokemon GO.

Investasi Pokemon GO

Mengenal Lebih Lanjut Niantic Inc Sang Pencipta Pokemon GO5

Sumber: Aafreen butt

Saat penggarapan Pokemon GO, Niantic berhasil menarik perhatian perusahaan besar untuk berinvestasi di proyek ini. Perusahaan besar tersebut adalah Google, Nintendo, dan Pokemon Company. Dana yang disiapkan nggak tanggung-tanggung, yaitu US$ 20 juta atau sekitar 260 milyar rupiah!

Namun, ternyata dana tersebut nggak hanya digunakan untuk mengembangkan Pokemon GO. Niantic, Inc juga akan mengembangkan game mereka sebelumnya, yaitu Ingress. Apa jadinya ya kalau Pokemon GO dan Ingress sama-sama berjaya nantinya?

Pada awalnya, banyak yang menganggap game Pokemon GO hanyalah sebuah mimpi. Namun, siapa sangka kalau ternyata game ini justru mengejutkan masyarakat dan menjadi salah satu fenomena yang nggak akan terlupakan di tahun 2016. Pokemon GO juga baru merilis update 0.33, loh! Di update terbaru ini, beberapa bug dan kesalahan teks sudah diperbaiki dan ada fitur baru yang ditambahkan yaitu trainer bisa mengubah nickname sebanyak 1 kali dan penambahan visual untuk team leader Candela, Blanche, dan Spark. Kamu bisa segera update untuk mencoba fitur-fitur baru Pokemon Go lainnya.

Sumber gambar utama: Android Community

Categorised in: , ,

This post was written by Tiffany Nastasia