Merasa Diplagiat, Riot Games Tuntut Moonton

by admin_mozaic
Merasa Diplagiat Riot Games Tuntut Moonton

Riot games tuntut Moonton sedang disibukkan terkait pelanggaran hak cipta dan pencurian aset intelektualitas untuk gim League of Leagends: Wild Rift. Seperti yang telah para penggemar game ketahui, Riot games baru saja memasukan gugatan plagiarisme oleh game yang dikembangkan oleh Moonton, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Moonton dianggap menjiplak game yang dikembangkan oleh Riot Games, yaitu League of Legends: Wild Rift.

Pengajuan gugatan ini sebelumnya sudah pernah terjadi dan dimenangkan oleh Riot Games dengan uang ganti rugi senilai USD 2,9 juta. Kedua perusahaan pengembang game online ini memang sepertinya tidak memiliki hubungan yang harmonis karena beberapa kali pernah terlibat perseteruan. Berikut adalah sejarah perseteruan antara Riot Games dan Moonton. Oh iya, informasi seputar dunia gim dan teknologi bisa dibaca melalui website marlinbooking.co.id, disitu ada banyak referensi games yang patut untuk dicoba seperti Mobile Legends, Free Fire hingga higgs domino rp

Kembali ke bahasan awal seputar kasus yang menimpa Riot games dan Moonton, kronologinya bisa kamu simak pada ulasan berikut ini.

2009

League of Legends pertama kali dirilis pada tahun 2009 sebagai game PC dan hingga kini dikembangkan menjadi game MOBA dan berubah nama menjadi League of Leagends: Wild Rift.

2015

Moonton meluncur game real-tiem strategi (RTS) yang Bernama Magic Rush: Heroes. Game yang memiliki kemiripan dengan League of Legends terutama dari segi kemampuan karakternya ini dengan cepat mendapat perhatian dari penggemar LoL yang menyadari kemiripan dari kedua game tersebut.

2016

Mobile Legends: Bang Bang diluncurkan untuk pertama kali. Para penggemar LoL kali ini juga dengan cepat menyadari kemiripan antara kedua game ini terutama untuk desain map serta kemampuan tiap karakternya. Karena banyak kemiripan inilah akhirnya membuat Riot Games mengambil gugatan hukum atas dasar plagiarisme kepada Pengadilan Distrik Sentral California, Amerika Serikat.

2018

Gugatan hukum tersebut ditolak oleh Pengadilan California karena ada pengadilan lain yang lebih tepat untuk menangani proses gugatan tersebut. Gugatan ini kemudian dialihkan di China dimana induk perusahaan Riot Games. Kasus ini kemudian dimenangkkan oleh Riot Games dengan ganti rugi senilai USD 2,9 juta.

2020

League of Legens: Wild Rift dirilis pada tahun ini dengan mode MOBA tentu saja game ini bersaing langsung dengan Mobile Legends: Bang Bang yang juga bergerak dalam game jenis MOBA.

2022

Riot Games kembali mengajukan gugatan bagi Moonton karena kedapatan memplagiat berbagai aspek dari League of Legends: Wild Rift

You may also like