7 Keunggulan Bawang Merah Sebagai Komoditas Paling Laris

by admin_mozaic
Bawang Merah Sebagai Komoditas Paling Laris

Bawang merah adalah salah satu komoditas pertanian yang termasuk dalam bumbu dapur yang paling laris. Hampir setiap jenis masakan tentulah menggunakan bumbu dapur yang satu ini. Bawang merah bisa digunakan pada berbagai jenis masakan seperti masakan yang berkuah, ditumis dan sebagainya.

Tidak hanya menambah kelezatan pada masakan, namun bawang merah juga mempunyai manfaat yang sangat beragam untuk tubuh kita. Kandungan nutrisi dan gizi yang ada dalam bawang merah tidak boleh diremehkan dan tidak kalah dengan sayur dan buah lainnya. Dengan kandungannya tersebut tidak salah bila bawang merah punya banyak manfaat untuk tubuh kita.

Keunggulan bawang merah sebagai komoditas paling laris dalam hal kesehatan

Mengkonsumsi bawang merah mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita selain menambah cita rasa masakan. Manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh kita antara lain adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi bawang merah adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang kita. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita baik yang belum maupun sudah mengalami menopause menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Penelitian ini dilakukan dengan cara sebagian wanita mengkonsumsi bawang merah sekali dalam sehari atau bisa lebih dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Hasilnya menunjukkan mereka yang mengkonsumsi bawang merah kepadatan tulangnya meningkat 5% lebih besar dari mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Fakta lain yang didapatkan dari penelitian tersebut adalah bahkan wanita yang lebih tua yang mengkonsumsi bawang merah dapat menurunkan resiko akan patah tulang pinggul hingga 20%. Selain meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, bawang merah juga baik untuk meningkatkan kesehatan gigi.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas

Bawang merah juga mempunyai khasiat lain yaitu membantu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Manfaat ini bisa digunakan untuk menangkal berbagai jenis penyakit maupun infeksi umum lainnya mulai dari demam, pilek, flu dan lainnya. Akan tetapi memang ada sebagian orang yang tidak mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah. Solusinya adalah dengan memasukkan bawang merah ke dalam burger, pecel urab, salad sayur dan jenis makanan lainnya.

3. Untuk Melegakan Tenggorokan

Bila tenggorokan Anda sedang sakit, maka mengkonsumsi bawang merah dapat membantu meredakan sakit tenggorokan Anda. Bawang merah ini bisa dibuat menjadi jus untuk membantu melegakan tenggorokan Anda yang sakit karena terserang pilek maupun batuk. Apabila Anda tidak suka dengan rasa dan aroma bawang mentah, tambahkan perasa manis alami seperti madu atau gule merah / jawa.

4. Dapat Mengontrol Diabetes

Seperti yang kita ketahui bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Kandungan flavonoid dalam bawang merah bisa diandalkan dalam melawan berbagai jenis penyakit termasuk diabetes.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa konsumsi bawang merah dapat membantu tubuh untuk meningkatkan produksi insulin. Tidak hanya itu, konsumsi bawang merah juga membantu dalam merangsang sekresi insulin guna menurunkan inflamasi yang ada hubungannya dengan diabetes.

5. Mencegah Berkembangnya Sel Kanker

Penyakit berbahaya lainnya yang dapat ditanggal atau dicegah dengan mengkonsumsi bawang merah adalah penyakit kanker. Bawang merah dapat mencegah kanker prostat dan mencegah munculnya jenis sel kanker lainnya karena mengandung belerang di dalamnya. Tidak hanya itu saja, bawang merah yang dikonsumsi secara mentah juga dapat membantu melindungi perut, dada, paru-paru hingga kolon Anda.

6. Baik Bagi Kesehatan Otak

Manfaat luar biasa lainnya dari mengkonsumsi bawang merah adalah dapat membantu menjaga kesehatan otak Anda. Hal ini disebabkan karena bawang merah mengandung folat di dalamnya. Folat ini merupakan salah satu jenis vitamin B yang mempunyai manfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

Tidak hanya itu, folat ini juga berkontribusi untuk kesehatan emosional maupun mental Anda. Bahkan kandungan senyawa yang satu ini juga baik untuk menjaga dan melindungi DNA dan RNA pada tubuh Anda.

Tidak hanya folat, bawang merah juga mengandung zat lain yang bagus untuk otak yaitu zat besi. Bahkan bawang merah juga mengandung senyawa berupa pyrithione yang baik dalam melawan peradangan otak dan baik untuk meningkatkan adanya aktivitas neurologis.

7. Obat Herbal untuk Bayi

Manfaat lain dari bawang merah adalah berguna sebagai obat herbal untuk bayi, manfaat ini sudah sejak lama dimanfaatkan para ibu untuk anaknya. Bawang merah baik untuk obat alami bagi bayi dalam melawan dan menangkal penyakit seperti flu dan batuk. Biasanya bawang merah akan diracik dengan mengiris 1 hingga 2 siung bawang merah. Selanjutnya irisan bawang merah ini dibalurkan pada punggung bayi, kaki hingga tangannya.

Untuk menambah khasiatnya, seringkali bawang merah yang dibalurkan ini ditambah dengan minyak telon untuk menciptakan rasa hangat dan harum. Selain bayi akan menjadi rileks, campuran ini juga ampuh untuk mengatasi flu dan batuk pada bayi.

Dari banyaknya manfaat dengan mengkonsumsi bawang merah ini tentu tidak ada salahnya Anda mulai mengkonsumsi bawang merah. Bila Anda tidak suka dengan aroma dan rasanya yang cukup menyengat, Anda bisa mengolahnya lebih dulu. Pastikan setelah mengkonsumsinya Anda menggosok gigi untuk menghilangkan baunya.

Cara Menyimpan Bawang Merah Supaya Lebih Awet

Mulai dari proses menanam bawang merah sampai pada panennya, tentu agar tetap bisa memberikan manfaatnya, bawang merah harus disimpan dengan baik. Berikut adalah cara menyimpan bawang merah agar bisa lebih awet :

1. Simpanlah Bawang Secara Utuh

Bawang merah sebaiknya disimpan secara utuh dan pada tempat yang terbuka, hal ini agar bawang merah tidak cepat mengalami pembusukan. Untuk menyimpan bawang merah, Anda bisa menggunakan wadah berupa jaring maupun wadah lainnya yang mempunyai ventilasi. Pastikan pula bawang disimpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

2. Jemur Bawang Merah Sesekali

Salah satu cara agar bawang merah lebih awet disimpan adalah dengan menjemurnya sesekali agar bawang tidak lembab. Penjemuran juga tidak membutuhkan waktu lama, cukup dengan menempatkan bawang di ruangan terbuka dan diangin-anginkan saja. Hal ini bertujuan agar kadar kelembaban pada bagian permukaannya berkurang.

3. Pisahkan Bawang Merah dengan Bawang Putih

Seringkali penjual bawang mencapurkan atau menempatkan bawang merah dan bawang putih dalam satu wadah. Namun tahukah Anda bahwa kedua jenis bawang ini mengeluarkan jenis gas yang berbeda. Gas ini akan berpengaruh pada proses pembusukan bawang akan lebih cepat. Karenanya sebaiknya simpan kedua jenis bawang ini pada wadah yang berbeda.

4. Bila ingin Dimasukkan ke dalam kulkas, maka bawang harus dikupas dahulu

Jenis bawang baik bawang merah maupun putih tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas bahkan ketika masih dalam keadaan utuh. Bila Anda ingin menyimpannya di dalam kulkas maka sebaiknya bawang dikupas lebih dulu.

Demikian adalah beberapa tips menyimpan bawang merah agar lebih awet. Setelah mengetahui manfaat bawang merah dan cara menyimpannya, tidak ada salahnya bila Anda mempunyai stok bawang merah lebih banyak.

 

You may also like