Apa Itu Press Release? Inilah Penjelasannya

by admin_mozaic
Apa Itu Press Release? Inilah Penjelasannya

Salah satu hal yang dipelajari ketika menjadi public relation (humas) di suatu lembaga atau perusahaan adalah press release. Fungsinya yaitu menyampaikan suatu informasi dengan tujuan tertentu. Lebih lanjut mengenai press release, diterangkan dalam penjelasan di bawah:

Apa Itu Press Release?

Press release atau yang juga disebut siaran pers adalah penyampaian informasi menggunakan media massa kepada khalayak. Pihak yang menggunakan press release bisa dari perusahaan, organisasi, hingga personal. Informasi yang tertera disesuaikan dengan jenis siaran pers dan penggunaannya.

Isi dari press release harus komprehensif dan dapat dimengerti oleh semua masyarakat. Karena memang tujuannya agar publik tahu informasi yang tengah disampaikan. Bahasa dibuat menarik supaya dilirik oleh jurnalis media, sehingga dapat diterbitkan atau ditampilkan.

Jenis-jenis press release beragam. Ada yang dibuat untuk peluncuran dan pengumuman suatu produk. Jenis lainnya seperti siaran pers acara, rebranding, dan perubahan staf di perusahaan besar.

Manfaat Menggunakan Jasa Press Release

Umumnya, pihak yang membuat press release adalah bagian humas. Tapi jika ingin mendapatkan artikel yang berkualitas bisa menggunakan jasa press release.  Selain peluang terbit besar, ada manfaat lain yang akan diperoleh, seperti:

1. Mengenalkan Produk

Bagi yang mulai usaha, disarankan untuk menggunakan jasa press release. Sebab siaran pers menjadi media tempat mengenalkan produk kepada calon pembeli. Isi dari press release berupa highlight yang menginformasikan keunggulan produk. Tujuannya agar brand awareness konsumen bisa meningkat.

2. Mendapatkan Konten Berkualitas

Jasa press release ditangani dengan teknik jurnalistik profesional. Sudah pasti konten yang akan didapatkan berkualitas dan berpeluang menjadi guest post media nasional. Tidak mudah sebenarnya masuk ke media nasional karena pemeriksaannya ketat. Tapi dengan menggunakan jasa tersebut, berpeluang untuk di-publish.

3. Mendapatkan Kepercayaan Publik

Manfaat inilah yang penting bagi perusahaan. Ketika konten ditangani oleh jasa berpengalaman, sangat mungkin siaran pers dirilis. Kebenaran press release juga teruji yang bisa menaikkan trust (kepercayaan) publik terhadap lembaga atau perusahaan tersebut.

Baca juga : Selalu Ada di Setiap Acara, Apa Pengertian MC (Master of Ceremony)?

4. Hemat Biaya

Press release termasuk cara promosi yang hemat. Dana yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan marketing offline. Khalayak yang menjadi target lebih mudah diakses, terutama jika siaran pers masuk media nasional. Apalagi sekarang banyak jasa press release yang menawarkan paket hemat menarik.

5. Mendapatkan Tim Pemasaran Berpengalaman

Ketika menggunakan jasa press release, otomatis akan tergabung dengan tim pemasaran berpengalaman. Tim yang sudah kompeten sangat menunjang kebutuhan promosi. Konten yang dibuat mampu mengenalkan produk, acara, atau informasi lain kepada pihak yang ditargetkan.

Demikian penjelasan mengenai press release sebagai sarana untuk menyampaikan informasi tertentu kepada masyarakat. Membuat press release lebih mudah jika diserahkan kepada agensi siaran pers. Selain konten berpeluang besar di-publish media nasional, ada manfaat lain yang penting bagi perusahaan dan lembaga.

You may also like