Cara Kirim Barang dari Singapore ke Indonesia

by admin_mozaic
Cara Kirim Barang dari Singapore ke Indonesia

Kirim barang dari Singapore ke Indonesia menjadi semakin mudah, murah, cepat, aman, pasti sampai tujuan dengan jasa ekspor kilo.id. Anda tidak perlu khawatir mengenai keadaan barang. Caranya pun tidak sulit.

Estimasi Biaya

Siapa bilang kirim barang dari Singapore ke Indonesia mahal? Kilo.id menawarkan biaya yang terjangkau untuk pengiriman reguler, yakni mulai dari Rp 195 ribu per kilogram dengan estimasi perjalanan 7-10 hari saja.

Langkah-langkah Ekspor

Hanya dengan 9 langkah sederhana ini, kirim barang dari Singapore ke Indonesia menjadi sangat mudah.

1. Mengubungi Customer Service

Anda perlu menghubungi CS Kilo.id melalui WhatsApp atau ke situs resmi. CS akan segera menjawab, kemudian memberi arahan kepada Anda mengenai prosedur pengiriman, mulai dari estimasi biaya, cara pembayaran, dokumen yang dibutuhkan, dan sebagainya.

2. Penghitungan Estimasi Biaya

Setelah Anda fix mengenai barang yang akan dikirim, kilo.id akan menghitung estimasi biaya yang perlu Anda bayar.

Ini hanya estimasi, ya, artinya bukan harga sebenarnya, melainkan gambaran. Apabila terjadi perubahan baik itu selisih maupun lebihan, kilo.id akan mengonfirmasikan kepada Anda.

3. Lakukan Pembayaran

Ketika Anda menerima rincian estimasi biaya untuk dibayarkan, Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan arahan kilo.id. Pastikan Anda membayar sesuai panduan, ya, agar apabila terjadi kendala, bisa segera diurus.

4. Menerima Airway Bills

Setelah pembayaran selesai, Anda akan menerima ariway bills atau tanda terima barang, sebagai bukti bahwa telah melakukan pembayaran.

5. Persiapan Dokumen

Selanjutnya Anda bisa menyiapkan dokumen, berupa NPWP atau dokumen lain yang dibutuhkan, menyesuaian aturan yang berlaku. Namun, untuk ekspor perseorangan tidak memerlukan dokumen yang terlalu ribet.

6. Proses Penjemputan Barang

Ketika dokumen telah siap, Anda tidak perlu mengantar barang ke ekspedisi. Cukup tunggu di rumah, dan kilo.id akan melakukan pick up  atas barang Anda.

Adapun kota yang mendapat layanan free pickup antara lain Queenstown, Jurong West, Bukit Merah, Central Water Catchmen, Changi, Serangoon, Bedok, Kaliang, Woodlands, Seletar, Sengkang, dan Western Water Catchment.

7. Menghitung Ulang

Ketika barang Anda telah diterima, ekspedisi akan menghitung ulang, mulai dari berat barang, dimensi volume, dan harga. Yang menjadi acuan dasar sebagai biaya kirim adalah berat volumetrik.

Anda pun bisa menghitung berat volumetrik ini untuk mendapatkan gambaran mengenai estimasi biaya. Rumus menghitung berat volumetrik untuk ekspedisi internasional menggunakan rumus panjang x lebar x tinggi : 5000.

Contohnya adalah suatu paket memiliki berat aktual 50 kg dan berat volumetrik 40 kg, maka berat volumetriklah yang akan menjadi acuan dasar biaya kirim.

Apabila suatu paket memiliki berat aktual 30 kg dan berat volumetrik 50 kg, maka berat volumetrik 50 kg yang menjadi acuan dasar biaya kirim.

8. Membayar Selisih Biaya (Bila Perlu)

Apabila terdapat selisih atau lebihan dalam proses menghitung ulang tersebut, kilo.id akan mengonfirmasikan kepada Anda. Bila terdapat selisih, maka Anda bisa melakukan pembayaran, namun apabila terjadi lebihan, maka ekspedisi akan mengembalikan lebihan tersebut.

9. Proses Pengiriman

Setelah segala proses administrasi selesai, barang Anda akan dikirim sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Anda hanya perlu menunggu hingga barang tiba ke alamat tujuan. Mudah, bukan?

Keunggulan Menggunakan Jasa Ekspor/Impor Kilo.id

Selain mudah, termurah, efisien, dan tepat waktu, keuntungan lain apabila memakai layanan jasa ekspor Kilo.id adalah Anda bisa kirim barang dari Singapore ke Indonesia untuk barang satuan tanpa adanya perbedaan waktu pengiriman satu sama lain.

You may also like