Fakta dan Masalah yang Disebabkan oleh Rayap yang Harus Anda Tahu!

by admin_mozaic
Fakta dan Masalah yang Disebabkan oleh Rayap yang Harus Anda Tahu!

Sebagian besar dari Anda tentu sekedar tahu bahwa rayap adalah hewan pengganggu yang bisa merusak berbagai bangunan, termasuk pondasi rumah yang terbuat dari kayu. Namun, Anda masih belum memahami dengan baik tentang berbagai fakta unik dan menarik dari rayap.

Serta berbagai masalah yang bisa ditimbulkannya, mengingat kerugian yang bisa disebabkan oleh rayap pun bisa mencapai trilliunan seperti yang tercatat di media. Hal ini terjadi ketika mereka berhasil membuat lapuk hampir seluruh bangunan tertentu.

Fakta Penting yang Perlu Anda Ketahui Tentang Rayap

Rayap adalah hewan yang hidup dengan cara merayap, hewan ini sebenarnya memiliki dua golongan jenis yakni rayap tanah dan rayap kayu kering. Rayap tanah dalam kehidupannya sangat bergantung pada kelembaban udara dan ketersediaan tanah sehingga mereka akan menyusun jalan dengan jalan yang berupa tabung lumpur dari bawah merambat ke atas. Sedangkan rayap kayu kering seringkali hidup di rangka kayu rumah untuk membuat jalan dan makanan.

Fakta unik lainnya tentang rayap yakni kemampuan berkembangbiaknya yang sangat cepat. Rayap memiliki hirarki kehidupan sehingg ratu rayap memiliki peran untuk bertelus setiap 15 detik dalam hidupnya. Bahkan hewan ini pun tidak pernah beristirahat dengan masa hidup selama 2 tahun hanya dihabiskan untuk bekerja keras tiada henti.

Inilah Beragam Masalah yang Disebabkan Oleh Rayap

Rayap adalah pemakan kayu, dan terkadang tidak membutuhkan air untuk minum sehingga hewan ini bisa berhari-bari menggorogoti berbagai barang atau bangunan kayu Anda. Hal tersebut bisa dibilang cukup remeh, namun akan bermasalah ketika rayap telah melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Membuat Struktur Atau Rangka Bangunan Lapuk

Jika rayap telah hidup lama di beberapa rangka bangunan rumah Anda maka waspadalah. Karena hewan ini bisa membuat kerangka bangunan menjadi lapuk dan tidak kuat lagi menahan beban di atasnya. Hal itu terjadi ketika rayap berhari-hari menggerogoti bagian rumah dan bersarang di dalamnya.

2. Membuat Dinding Tampak Kotor

Rayap tanah akan meninggalkan jejak yang nampak jelas ketika berada di tempat yang lembab, terutama jika itu dinding rumah Anda. Rumah rayap yang terbuat dari tabung lumpur ini akan terlihat kotor dan menyebabkan rumah tampat tidak terawat. Bahkan ketika Anda membersihkannya pun bekas atau jejak dari rumah rayap tersebut masih terlihat dengan jelas.

3. Bangunan Dinding Tampak Keropos

Jika rayap telah lama bertempat tinggal dan bersarang di sudut dinding rumah yang cenderung lembab, maka perhatikanlah karena dinding bisa keropos. Beberapa bagian dari bangunan bisa dijadikan sebagai rumah baru bagi rayap, dan sebagian lainnya bisa dijadikan sebagai lahan untuk mencari makan setiap hari tanpa henti.

4. Menyebabkan Bangunan Ambruk

Di beberapa media, telah tertulis bahwa terdapat beberapa bangunan yang diperkirakan ambruk karena dimakan rayap selama bertahun-tahun. Hal ini menyebabkan pondasinya menjadi lapuk, begitupun dengan rangka untuk menahan genteng di bagian atap. Semuanya bahkan bisa ambruk bersamaan jika rayap sudah memenuhi seluruh bangunan, dan bertempat tinggal di bagian rangka kayu maupun dinding yang lembab.

Mengetahui penjelasan tentang pentingnya masalah yang disebabkan oleh ulah rayap di atas sebaiknya jadikanlah hal yang perlu diwaspadai. Jika rumah Anda telah dipenuhi oleh rayap sebaiknya gunakan jasa basmi rayap. Mereka akan membasminya secara tuntas dan memberikan Anda tips agar rumah benar-benar terhindar dari rayap yang mengganggu.

You may also like