Kategori Limbah B3 Beserta Contoh dan Pengolahannya

by admin_mozaic
3KATEG~1

Dewasa ini, perkembangan dunia industri sudah semakin meningkat. Maka dari itulah, tidak heran jika limbah yang dihasilkan juga semakin banyak. Salah satunya yang kini menjadi permasalahan kita bersama adalah limbah B3.

Pada dasarnya, B3 ini memiliki maksud tersendiri, yakni bahan berbahaya dan beracun. Dengan kata lain, limbah ini merupakan limbah yang berbahaya dan juga beracun.

Limbah ini berasal dari sisa usaha maupun kegiatan yang mengandung racun dan memiliki sifat berbahaya. Baik itu berbahaya untuk makhluk hidup maupun lingkungan sekitar kita.

Selain itu, limbah ini merupakan hasil dari kegiatan atau usaha, seperti sektor industri, domestik rumah tangga, pelayanan kesehatan, hingga sektor pariwisata. Mengingat begitu banyak tempat yang menghasilkan limbah, maka melakukan pengangkutan maupun pengolahan menjadi kebutuhan paling tepat.

Kategori Limbah B3

Pada dasarnya, pengolahan limbah yang satu ini terdiri atas berbagai macam proses. Mulai dari penyimpanan, pengumpulan, pengangkutan, pemanfaatan, hingga pengolahan dan juga penimbunan.

Sebagai industri berskala kecil hingga besar, tidak harus melakukan pengolahan limbah sendiri. Pasalnya, saat ini pihak-pihak tertentu telah memberikan jasa pengolahan limbah tersebut.

Salah satunya adalah perusahaan pengolahan Limbah B3 yang mana bisa anda gunakan dengan prosedur mudah dan perizinan jelas. Sebenarnya, sebelum kita memutuskan untuk melakukan pengolahan limbah tersebut ada baiknya memperhatikan kategorinya.

Hal tersebut bertujuan untuk mengelompokkan limbah-limbah tersebut berdasarkan sifat dan tingkat bahayanya. Sehingga pengolahan yang kita lakukan dapat berjalan dengan sangat baik.

Mudah Meledak atau Explosive

Limbah yang mudah meledak merupakan limbah dengan suhu serta tekanan standar bisa meledak. Hal tersebut dikarenakan limbah tersebut bisa menghasilkan gas bersuhu dan bertekanan tinggi.

Bahkan sampai melewati reaksi fisika maupun reaksi kimia sederhana. Penting untuk kita pahami bersama bahwa limbah ini sangatlah berbahaya ketika pengangkutan, penanganan, hingga pembuangannya.

Sebab dapat menimbulkan ledakan tanpa kita sangka-sangka. Berikut ini adalah contoh limbah B3 yang dapat kita kategorikan mudah meledak, seperti limbah laboratorium misalnya asam prikat, dan limbah bahan eksplosif.

Beracun atau Moderately Toxic

Kategori selanjutnya yakni limbah beracun. Limbah ini mempunyai kandungan zat yang bersifat racun.

Baik itu, bagi manusia maupun hewan dan makhluk hidup lainnya. Ketika limbah ini masuk ke dalam tubuh makhluk hidup, maka dapat mengakibatkan sakit, keracuan, hingga kematian.

Entah itu melalui kontak pernapasan, mulut, maupun kulit. Sebagai contoh yakni seperti limbah pertanian misalnya buangan pestisida.

Berbahaya atau Harmful

Limbah dengan kategori berbahaya ini merupakan limbah, baik itu dalam fase padat, gas, maupun cair. Yang mana dapat mengakibatkan bahaya pada kesehatan.

Bahkan bahaya tersebut hingga tingkat tertentu yang berasal dari kontak oral maupun inhalasi. Tentu saja limbah B3 ini tidak dapat kita pandang sebelah mata, mengingat dampak yang ditimbulkan.

Pengolahan Limbah

Pada umumnya, kategori limbah tersebut bukan hanya itu saja. Akan tetapi, masih ada yang lainnya, seperti limbah mudah menyala, korosif, bersifat iritasi, dan lain sebagainya.

Saking banyaknya limbah-limbah yang industri hasilkan, tentu saja berbagai upaya untuk menanganinya harus kita lakukan. Anda bisa menggunakan jasa pengangkutan limbah.

Dengan menggunakan jasa pengangkutan limbah B3 di Jakarta ini, maka anda akan mendapatkan penanganan limbah yang tepat. Menggunakan teknologi yang ramah lingkungan sehingga sangatlah aman. Selain itu, anda juga akan mendapatkan laporan alur pengolahan limbah yang sesuai, benar, jelas, dan sistematis.

You may also like