Mudah, Beberapa Keuntungan ini Ada di Kawasan Industri

by admin_mozaic
Kawasan Industri

Kawasan industri di Indonesia berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Pemerintah memang sedang gencar-gencarnya membangun kawasan industri demi mendorong pertumbuhan sector manufaktur dan pemerataan ekonomi sehingga mampu mendongkrak daya saing Indonesia dengan negara lainnya.

Sejak awal, pemerintah memang sengaja menjadikan kawasan industri sebagai pusat berdirinya banyak perusahaan. Jadi, jangan heran kalau Anda pergi ke satu kawasan industri dan ada banyak perusahaan atau pabrik di sana.

Pemerintah sendiri menawarkan insentif yang enarik kepada investor. Kawasan industri juga menjadi cara yang efisien dan efektif dari segi biaya bagi para investor untuk membangun pabrik atau perusahaannya. Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan kawasan industri Indonesia kepada para investor, seperti:

  1. Infrastruktur yang lengkap

Kawasan industri menyediakan infrastruktur dan fasilitas yang cukup untuk pabrik seperti misalnya listrik, gas, jalan raya dan air. Semua fasilitas tersebut bisa didapatkan dengan mudah karena memang dibangun untuk mengembangkan area tersebut. Ini menjadi alasan banyaknya para investor yang membangun pabrik di area industri karena mereka tak perlu lagi membangun infrastruktur dari awal.

Kawasan industri juga biasanya membrikan akses yang baik untuk transportasi dan distribusi produksi pabrik. Ditambah lagi di Indonesia saat ini sudah banyak perusahaan outsourcing yang menyediakan pelayanan cleaning service untuk industri, pabrik, gudang, dan komersil.

  1. Lahan yang sudah tersedia

Akan sulit jika Anda harus mencari lahan terlebih dahulu untuk membangun sebuah pabrik. Proses yang harus Anda lalui mungkin akan sangat panjang dan melelahkan. Belum lagi, penduduk di sekitar pabrik yang bisa jadi tidak setuju dengan pembangunan pabrik tersebut. Kawasan industri menawarkan lahan ang sudah siap untuk ditempati. Anda tidak perlu lagi berhadapan dengan konflik yang tidak perlu.

  1. Lisensi konstruksi yang tidak wajib

Banyak persetujuan lisensi manufaktur yang bergantung pada lokasi yang Anda tuju untuk pembangunan pabrik. Namun, kawasan industri menawarkan kemudahan lain, Anda tak perlu lagi mendapatkan izin bangunan untuk lokasi yang Anda incar. Namun harus tetap diperhatikan faktor lingkungan seperti ijin AMDAL, kelengkapan infrastruktur wastewater treatment plant yang memadai untuk kawasan industri, dan sistem pengolahan limbah yang jelas dan terencana.

Hal ini bisa menghemat modal Anda dan mempercepat proses Anda untuk memasuki dunia bisnis. Tak hanya izin bangunan, kawasan industri biasanya juga telah memegang izin lingkungan. Ini menjadi nilai plus untuk Anda daripada Anda harus membangun pabrik di area yang melarang kegiatan operasional.

Kawasan industri menawarkan banyak kemudahan untuk Anda. Tak heran jika ada banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan area kawasan industri yang paling tepat untuk pabrik mereka. Temukan area industri yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.  

You may also like