Jenis Surat Lamaran Pekerjaan Dan Tips Pembuatannya

by admin_mozaic
Jenis Surat Lamaran Pekerjaan Dan Tips Pembuatannya

Menulis surat lamaran pekerjaan adalah hal pertama yang paling penting dilakukan dalam melamar sebuah pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan surat lamaran pekerjaan dapat digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan diri dengan maksimal. Jenis surat lamaran pekerjaan ada dua. Kedua jenis tersebut yakni surat lamaran pekerjaan digabung dengan CV dan surat lamaran kerja yang tidak gabung dengan CV.

Pencari kerja kadang sering bingung dalam cara pembuatan surat lamaran. Apalagi yang baru saja lulus sekolah atau kuliah. Pelamar kerja fresh graduate tentu harus tahu jenis-jenis surat lamaran kerja. Hal tersebut dikarenakan agar dapat membuat lamaran kerja yang diinginkan.

Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan CV atau Riwayat Hidup

Surat Lamaran pekerjaan yang dibuat menggunakan CV merupakan surat untuk melamar pekerjaan yang ditulis dengan menggabungkan surat lamaran dengan CV atau riwayat hidup. Dengan begitu CV pelamar kerja menjadi isi surat lamaran karena di jadikan satu.

CV atau Daftar riwayat hidup merupakan uraian mengenai segala sesuatu yang sudah dilalui seseorang atau bisa disebut biografi. Jenis surat ini sering digunakan oleh sebagian pelamar kerja. Contoh surat untuk melamar kerja yang dijadikan satu dengan daftar riwayat hidup bisa dilihat dengan klik contoh surat lamaran kerjanya.

Surat Lamaran Kerja Yang Tidak Menggunakan CV

Jenis surat lamaran pekerjaan yang bisa coba dibuat oleh pelamar kerja yakni surat lamaran kerja yang tidak memakai CV. Dalam menulis surat yang digunakan untuk melamar kerja dalam pembuatannya surat harus dipisahkan dengan CV (Curriculum Vitae) yang dimiliki. Bedanya dalam mengajukan lamaran pekerjaan dengan surat jenis ini disamping surat lamaran pekerjaan juga harus menyertakan daftar riwayat hidup.

Kelebihan dari Surat lamaran pekerjaan ini yakni pelamar kerja dapat melampirkan bermacam-macam riwayat hidup yang dipunyai. Hal itu sangat menguntungkan bagi pelamar kerja karena dapat menyampaikan deskripsi kemampuan diri yang dimiliki secara lengkap dan juga sangat detail. Contoh surat untuk melamar kerja yang tidak ada CV bisa di lihat dengan klik link ini https://sickforprofit.com/contoh-surat-lamaran-kerja

Tips pembuatan Surat lamaran Kerja

Pencari kerja juga harus memperhatikan akta pendukung dari surat lamaran pekerjaan yang dibuat untuk melamar pekerjaan yang diinginkan. Ada dua jenis surat lamaran kerja yang bisa dipakai sebagai acuan dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang tepat. selain mengacu pada 2 jenis surat tersebut, pelamar juga bisa mengikuti tips-tips dibawah ini:

  • Memakai tata bahasa yang resmi atau formal.
  • Susunan kalimat harus rapi dan tidak boleh bertele-tele.
  • Lengkapilah data-data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan yang tempat melamar pekerjaan
  • Melampirkan surat-surat pendukung lainnya seperti sertifikat-sertifikat yang dimiliki.

Nah itulah pembahasan tentang dua Jenis surat lamaran pekerjaan  dan Teknik pembuatannya. Jenis dan Teknik pembuatan sangat penting untuk diketahui karena bisa mempermudah dalam pembuatan lamaran kerja.

You may also like