Mengetahui Biaya Kuliah Psikologi di Indonesia

by admin_mozaic
Mengetahui Biaya Kuliah Psikologi di Indonesia

Biaya kuliah untuk jurusan Psikologi tiap universitas pastinya berbeda-beda. Sebelum masuk dan menentukan pilihan di jurusan Psikologi, kita harus mengetahui terlebih dahulu informasi biaya yang dibutuhkan sampai masa kuliah selesai. Jadi, persiapan dalam hal biaya yang dibutuhkan untuk kuliah sudah ada.

Namun, di zaman sekarang, biaya kuliah terkadang menjadi suatu hal yang menakutkan bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan. Mengapa demikian? Karena biaya kuliah saat ini sudah cukup mahal dibandingkan dulu. Tak sedikit pelajar yang harus berhenti kuliah karena masalah biaya.

Untuk mengatasi hal ini, banyak pelajar yang mempersiapkan dirinya dengan baik untuk mengikuti beasiswa yang bisa meringankan biaya kuliah.

Sekilas Tentang Biaya Kuliah Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi salah satu jurusan yang ada di berbagai universitas. Baik itu universitas negeri maupun universitas swasta. Jurusan ini juga sangat populer sehingga banyak memiliki peminat. Jurusan Psikologi adalah jurusan yang mempelajari ilmu psikologi yang di kehidupan manusia sangat berguna. Peluang kerja dari jurusan ini juga cukup baik. Kita bisa bekerja sebagai HRD di suatu perusahaan, dan lainnnya

Lalu, berapa biaya yang digunakan untuk mendaftar jurusan Psikologi? Rata-rata biaya yang harus kita keluarkan untuk jurusan ini pada tingkat S1 adalah antara 4 juta hingga 7 juta tiap semesternya. Kisaran biaya ini bisa berbeda-beda di tiap universitas. Bahkan jika mengikuti kondisi dan situasi, mungkin saja biaya di atas dapat berubah. Ada yang lebih murah, tetapi ada juga yang biayanya lebih mahal.

Penentuan biaya kuliah ini biasanya juga ditentukan oleh salah satu faktor, yaitu pendapatan dari orang tua. Tiap universitas memiliki kebijakan biaya kuliah dari pendapatan orang tua. Apabila biaya yang didapat masih terlalu tinggi dari pendapatan yang ada, pelajar bisa mengajukan keringanan. Maka, tiap-tiap pelajar memiliki kesempatan belajar yang baik dalam masa kuliah.

Biaya Kuliah di beberapa Universitas

Di bawah ini akan dijelaskan kisaran biaya di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Simak pembahasannya :

1. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Di universitas ini, jurusan Psikologi memiliki Akreditasi A. Banyak pelajaran yang akan kita dapatkan saat mengambil jurusan Psikologi, yaitu Psikologi kepribadian, Psikologi perkembangan, fungsi-fungsi Psikologi, dan masih banyak lagi.

Di UNPAD, UKT per semesternya mulai dari Rp500.000 – Rp7.500.000 sesuai tingkatannya masing-masing. Untuk yang mengikuti program bidik misi, biaya kuliahnya pun kisaran Rp2.500.000

2. Universitas Indonesia (UI)

Program studi yang ada di Universitas Indonesia ada 2, yaitu untuk jenjang Sarjana, Magister, dan Doctor adalah Ilmu Psikologi. Sedangkan untuk jenjang Magister adalah Psikologi Profesi. Biaya kuliah atau UKT yang dikenakan di jurusan Psikologi untuk program reguler S1 kisaran Rp100.000 – Rp5.000.000. Sedangkan untuk program paralel S1 kisaran Rp8.500.000 – Rp11.000.000.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Psikologi di Universitas Gadjah Mada juga telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Biaya perkuliahan untuk program studi ini berkisar dari Rp500.000 – Rp12.000.000 sesuai dengan tingkatannya masing-masing. Pelajaran yang akan didapat di jurusan Psikologi, yaitu Psikologi Hukum, Psikologi Olahraga, Psikologi Budaya, Psikologi Agama, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa contoh biaya untuk kuliah jurusan Psikologi. Tiap universitas memiliki kebijakan masing-masing dalam memberikan UKT pada mahasiswanya. Jika dirasa UKT yang didapat terlalu tinggi, kita bisa melakukan pengajuan keringanan dan pihak universitas akan mempertimbangkannya. Pastikan kita juga mencari tahu informasi lain tentang jurusan Psikologi selain biaya. Jika butuh informasi lebih lengkap mengenai dunia Psikologi, klik di sini.

You may also like