Line vs Telegram, Mana yang Lebih Pas buat Group Chat?

by admin_mozaic
Line vs Telegram, Mana yang Lebih Pas buat Group Chat

Tenang, kamu nggak sendiri kok. Sebagai salah satu messenger app yang paling banyak digunakan, group chat WhatsApp seakan menjadi standard menggantikan BBM yang sempat jaya pada masanya. Sayangnya, sebagai chat app yang paling banyak digunakan, WhatsApp sekarang sudah mulai tertinggal fiturnya–makanya kami sarankan untuk tinggalin aja si WhatsApp sekarang juga. Apalagi, untuk grup chat.

Sebagai alternatif, kamu bisa mulai mengajak teman-teman kamu untuk berpindah ke Line atau Telegram. Dua aplikasi chat ini mulai naik daun dan banyak digunakan di Indonesia. Butuh perbandingan mana yang lebih bikin kamu nyaman?

Stiker

Akui ajalah, masa-masa emoji sudah lewat. Sekarang, siapa yang nggak suka mengirim sticker ke lawan bicaranya. Untuk soal stiker, LINE terkenal sebagai aplikasi chat pertama yang memiliki fitur ini. Kamu bisa download ratusan stiker gratis–dari Raisa hinga Isyana, sampai yang butuh keluar uang untuk mendapatkannya.

Tapi Telegram juga nggak mau kalah. Jika di LINE kamu hanya bisa download stiker yang sudah tersedia, di Telegram kamu bahkan bisa upload stiker kamu sendiri dengan gratis. Semua stiker Telegram pun gratis, nggak berbayar. Jadi, ada lebih banyak pilihan untuk grup chat kamu.

Reply Message

Salah paham, bahkan #baper, sering terjadi di grup WhatsApp dan LINE. Alasannya, karena sering banget kita nggak tahu siapa membalas siapa. Dengan fitur Reply Message di Telegram, kamu bisa jawab atau komentar spesifik pada satu message dari teman kamu. Jadi nggak perlu khawatir terjadi miskom lagi antara kamu dan gebetan kamu di grup kantor.

Mention

Biasanya, grup aktif akan memproduksi setidaknya 100 hingga 200 pesan dalam satu jam. Nah, kadang saat kamu sedang sibuk, pasti nggak punya waktu untuk mantengin grup supaya nggak ketinggalan pembicaraan. Nggak jarang kelewatan pertanyaan dari teman karena kita nggak dapat notif dan terlewat begitu saja.

Untungnya, ada fitur mention di Telegram. Cara kerjanya sama seperti Twitter dan media sosial lainnya. Kamu harus mendaftarkan username kamu agar teman kamu bisa mention di chat-nya. Setiap username kamu di-mention, maka kamu akan menerima notifikasi di smartphone, walaupun kamu mute grup tersebut. Enak banget kan?

Notes

Ini dia fitur paling penting di grup chat. Biasanya, Notes akan digunakan untuk mencatat itinerary perjalanan berikutnya, atau bahkan list hutang-piutang nongkrong bareng malam Minggu. Untuk yang satu ini, LINE jagoannya. Dengan fitur Notes punya LINE, kamu bisa simpan tulisan, location, link, hingga gambar dengan aman. Notes ini bisa diakses oleh semua anggota grup dan bisa dikomen juga. Nggak perlu khawatir lagi kamu kelupaan nagih hutang teman-teman di akhir bulan.

Berbagi Link dan File

Hasrat ingin berbagi sebuah konten yang ditemukan di dunia online ke dalam grup seringkali muncul. Konten tersebut bisa berupa link, atau bahkan file yang sudah kamu download sebelumnya. Line dan Telegram sama-sama memberikan preview saat kamu membagikan link di grup. Jadi, kamu bisa terhindar dari jebakan batman teman kamu yang memberikan link NSFW di siang hari bolong.

Soal Aplikasi Secara Keseluruhan

Buat kamu yang sudah pernah download LINE maupun Telegram, pasti tahu banget mana yang paling ringan aplikasinya. Iya bener banget, Telegram. Banyak banget orang yang mengeluhkan pakai LINE itu berat banget kerasa di smartphone-nya. Jadi mau buka aja butuh jeda. Apalagi kalau chatnya sudah sampai beratus-ratus. Makin berat aja si LINE dibuka. Buat kamu yang punya smartphone makin lemot, mending lupain aja pakai LINE. Beda halnya dengan Telegram yang masih aja tetap ringan dan nggak ada masalah meski chatnya sudah nggak karuan banyaknya.

Winner: Telegram!

Setelah menimbang-nimbang beberapa fitur yang disebutkan di atas, kami sih bisa nyimpulin banget kalau Telegram adalah aplikasi chat terbaik saat ini untuk grup chat. Walaupun belum banyak yang menggunakan Telegram untuk grup chat, kamu bisa mulai meracuni teman kamu untuk meninggalkan WhatsApp dan mulai menggunakan Telegram sekarang.

Jadi, buat kamu yang masih pakai WhatsApp untuk grup chat…duh. Pikir lagi deh.

You may also like