5 Cara Mencegah Penularan Virus Korona

by admin_mozaic
Cara Mencegah Penularan Virus Korona

Virus korona telah menyerang ribuan orang dari berbagai negara dan sudah menelan ratusan bahkan ribuan korban jiwa. Penyebab dari pandemic ini adalah sebuah virus jenis baru yang dikenal dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit jenis ini termasuk ke dalam golongan virus yang sama dengan penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Infeksi virus ini pertama kali terjadi di kota wuhan, China. Namun saat ini telah tersebar di berbagai negara. Berbagai upaya pun telah dilakukan untuk memutus rantai penularan virus ini. Untuk mencegah agar tidak tertular penyakit ini anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  1. Mencuci Tangan dengan Benar

Saat ini Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mencuci tangan dengan benar. Ini adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik untuk membunuh kuman yang menempel di tangan.

Jangan lupa untuk memastikan seluruh bagian tangan tercuci dengan bersih termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari dan kuku. Perlu juga untuk menggunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif dalam membasmi kuman.

  1. Menggunakan Masker

Dalam penggunaan masker, terdapat dua tipe masker yang bisa anda gunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan dikalangan masyarakat. Karena, masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Sedangkan untuk cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih ini terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

  1. Selalu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit pada tubuh. penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran,buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Untuk menambah daya tahan tubuh agar tetap sehat, maka anda bisa mengkonsumsi suplemen sesuai anjuran dokter. Apalagi kini ada halodoc yang akan memberikan kemudahan untuk anda berkonsultasi dengan dokter. Ada banyak dokter terpercaya yang akan membantu anda memberikan tips dan anjuran menjaga daya tahan tubuh yang baik.

  1. Tidak Bepergian ke Negara Terjangkit

Meski berasal dari Tiongkok, virus Corona saat ini sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa. Selain itu virus Corona juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Jadi, lebih baik untuk menghindari untuk bepergian ke tempat tersebut.

  1. Menghindari Kontak dengan Hewan yang Berpotensi Menularkan Virus Corona

Virus ini diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari kontak dengan hewan-hewan tersebut. Jika anda ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan dengan baik daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang.

Untuk informasi lain perihal virus korona ini, Anda dapat membacanya lebih lanjut di situs kesehatan Halodoc. Halodoc menyediakan berbagai informasi kesehatan terpercaya yang bisa Anda jadikan rujukan informasi..

Itulah lima cara mencegah penularan virus korona. Seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati ini benar adanya. Jika bisa mencegah tentu ini lebih baik. jadi, perhatikan lingkungan sekitar untuk selalu bersih dan jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat.

 

You may also like