5 tips Nutrisi Terbaik saat Kamu Berolahraga

by admin_mozaic
5 tips Nutrisi Terbaik saat Kamu Berolahraga

Menjaga nutrisi harian sangatlah diperlukan agar tubuh kamu dalam kondisi yang fit dan tidak mudah lelah. Pola makan yang salah akan membuat tubuh seperti lelah dan akhirnya malas berolahraga.

Dikutip dari IndoTimes, ada beberapa makanan yang bernutrisi yang perlu kamu konsumsi. Dalam memilih makanan ini nantinya tinggal kamu cari yang paling mudah dan tingkat nutrisinya paling tinggi.

Pentingnya tips ini karena tidak semua makanan bagus untuk kamu yang suka berolahraga. Untuk itu perlu adanya pembagian dan mencari makanan terbaik agar tubuh tidak mudah sakit atau selalu fit.

Makanan yang Seimbang

Dalam menjalani olahraga pentingnya rasanya menjaga pola makanan yang seimbang. Bentuk keseimbangan ini meliputi karbohidrat, protein, dan berbagai kandungan lain yang seimbang.

Namun dalam hal ini, kamu perlu lebih mengutamakan makanan dengan karbohidrat yang tinggi. Sebab kandungan ini adalah bahan bakar ketika kamu sedang berolahraga.

Meski demikian, kandungan lain seperti protein, lemak juga penting untuk dikonsumsi. Sehingga kamu perlu menyembangkan dan sesuai dengan jenis olahraga yang dijalani. Jika jenisnya mengangkat beban maka kandungan karbohidrat harus lebih tinggi dari jenis olahraga lainnya.

Nutrisi Sebelum Olahraga

Ketika kamu menjalani olahraga maka perlu mengetahui jenis makanan sebelum berolahraga. Untuk makanan ini tergantung jenisnya olahraga yang dijalani dan pastikan dilakukan sekitar 4-6 jam sebelum berolahraga.

Misalnya untuk olahraga malam itu saat makan siang harus mencakup makanan yang mudah dicerna dan tinggi karbohidrat. Misalnya pasta gandum utuh, buah-buahan, roti gandum dan yang lainnya.

Namun untuk olahraga di pagi tentu asupan nutrisinya berbeda lagi. Dalam kondisi ini, kamu bisa sarapan ringan berupa buah dari selai kacang, roti panggang yang dicampur dengan selai.

Nutrisi 30 Menit Sebelum Berolahraga

Dalam menjalani olahraga tentu diperlukan nutrisi sebelum menjalaninya dan ini tergantung intensitas dan durasi latihan. Namun disarankan untuk minum air putih 1 hingga 2 gelas setiap 10 menit sekali.

Tetapi ketika durasi olahraganya hingga 90 menit maka perlu minum air yang di dalamnya mengandung 6-8% karbohidrat. Untuk jenis minuman bisa kamu konsumsi setiap 10 menit sekali.

Berbeda lagi jika durasi olahraganya kurang dari 1 jam itu tidak perlu mengkonsumsi minuman extra apapun. Sebab jenis olahraga ini tergolong ringan khususnya jika hanya jalan kaki.  Semua ini tentu kembali pribadi masing-masing namun yang paling disarankan adalah minum setiap 10 menit sekali.

Makan Setelah Olahraga

Setelah menjalani olahraga, kamu disarankan untuk makan demi menjaga keseimbangan pada tubuh. Untuk waktunya bisa 15 menit setelah berolahraga dan pastikan nutrisinya mencukupi.

Namun jika durasi latihannya panjang, kamu bisa langsung makan setelah dua jam. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak kekurangan karbohidrat atau glikogen sehingga tubuh tetap sehat.

Berikan Waktu Beristirahat

Ketika olahraga juga dilayani maka atur agar dalam setiap hari ada waktu untuk beristirahat. Untuk waktu istirahat ini bisa dengan tidur atau kegiatan santai lainnya. Seperti nonton film favorit, mendengarkan musik, mandi busa dan berbagai aktivitas lainnya.

Dengan seperti ini maka waktu tidur kamu akan lebih berkualitas dan mencukupi ketika malam hari. Jika sudah demikian maka tubuh pun akan tetap sehat dan terhindar dari keletihan.

Jadi nutrisi saat berolahraga ini sangat penting baik sebelum atau setelah menjalaninya. Untuk nutrisinya tergantung dari intensitas olahraga dan semakin tinggi maka makanan yang perlu dikonsumsi harus tercukupi.

You may also like