Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar, Jangan Tergesa-gesa Beli Baru!

by admin_mozaic
Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar, Jangan Tergesa-gesa Beli Baru!

Bagi orang lanjut usia atau yang mengalami gangguan pendengaran, tentu tidak asing dengan alat bantu dengar yang menjadi alat penting dalam kesehariannya. Namun, jika alat yang digunakan mengalami kerusakan tentu sangat berdampak buruk. Berikut cara memperbaiki alat bantu dengar paling efektif yang bisa dilakukan serta cara kerjanya:

Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar

Alat dengan teknologi modern tentunya juga akan mengalami kerusakan juga. Hal tersebut bisa karena perawatan yang kurang baik ataupun usia barang yang sudah lama. Seperti halnya alat bantu dengar juga bisa mengalami kerusakan. Adapun cara memperbaiki alat bantu dengar bisa dilakukan dengan hal-hal berikut:

1. Mengecek Keadaan Alat Bantu Pendengaran

Sebelum melakukan perbaikan ada baiknya pengguna mengecek terlebih dahulu kondisi dari alat tersebut. Permasalahan yang umum terjadi yaitu tidak munculnya suara pada alat. Ada beberapa penyebab tidak muncul suara pada alat bantu dengar. Salah satu tahap awal pengecekan adalah pengguna bisa pastikan baterai telah terpasang dengan baik dan alat bisa dinyalakan. 

2. Memastikan Kondisi Baterai

Pengguna bisa mengecek pada kondisi baterai. Bisa jadi alat tidak berfungsi karena pemasangan baterai yang salah. Pasalnya tidak jarang pengguna meletakkan kondisi kutub positif berada di bagian kutub negatif dan sebaliknya.  Tentunya kondisi seperti ini akan menyebabkan alat tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. 

Selain itu pastikan juga bahwa daya pada baterai masih kuat. Bisa juga alat bantu dengar tidak berfungsi karena baterai telah habis dayanya. Jika sudah begini, solusinya adalah mengganti dengan yang baru.

3. Mengecek Alat Bantu Dengar Tidak Tersumbat

Adakalanya alat bantu pendengaran tidak berfungsi karena tersumbat dengan kotoran yang ada dalam telinga. Hal ini tentu akan membuat mikrofon, port suara dan komponen yang lain terganggu. Oleh sebab itu pengguna bisa membersihkannya secara berkala. Untuk cara membersihkannya akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar

Seperti alat-alat lain, tentunya alat bantu pendengaran juga memerlukan perawatan yang ekstra. Adapun salah satu penyebab kerusakannya bisa jadi karena penumpukan kotoran pada alat tersebut. Oleh karena itu pengguna harus rajin membersihkannya sebagai upaya perawatan. Pertama siapkan alat pembersih terlebih dahulu. 

Alat yang pertama adalah tisu, kawat khusus untuk membersihkan alat, kemudian sikat pembersih. Adapun sikat pembersih ini memiliki bulu lembut dan halus sehingga tidak akan menggores alat. Setelah alat pembersih sudah siap, tentunya pengguna melepas alat tersebut dari telinga terlebih dahulu. 

Selanjutnya bisa mengusapkan alat bantu dengar dengan kain atau tisu dengan kondisi yang kering. Usahakan mengelap ke seluruh bagian alat. Kemudian perhatikan pada lubang mikrofon, pada area ini tidak jarang sering terjadi penumpukan kotoran. Sehingga pengguna bisa menyikatnya dengan perlahan dan agar kotoran tidak masuk lagi ke dalam.

Setelah itu jika alat tidak bekerja maksimal ada baiknya juga melakukan pergantian terhadap wax guard alias bagian pelindung dalamnya. Rajin membersihkan alat adalah upaya perawatan yang akan membuat alat awet tentunya. Tidak lupa juga menyiapkan segala alat untuk proses pembersihan dan berikan jadwal membersihkan dengan rutin. 

Demikian cara memperbaiki alat bantu dengar dengan mudah. Tentunya pengguna tidak perlu panik dan cemas terlebih dahulu. Jika alat masih memungkinkan untuk diperbaiki maka lebih baik untuk diperbaiki. Namun, jika tidak maka saatnya membeli alat bantu dengar yang baru. Untuk informasi lengkap terkait alat bantu dengar bisa dicek di Aqm-hearingcenter.com.

You may also like