Memahami Perubahan Fisik Remaja dari Mustika Pustaka Negeri

by admin_mozaic
Memahami Perubahan Fisik Remaja dari Mustika Pustaka Negeri

Manusia pastilah akan mengalami pertambahan usia. Seiring dengan bertambahnya usia tersebut, pasti akan mengalami perubahan fisik pada remaja. Seperti halnya yang telah dijelaskan pada buku yang diterbitkan oleh Mustika Pustaka Negeri. Dimana didalamnya membahas perubahan pada diri remaja.

Sebenarnya manusia itu mengalami pertumbuhan dan perkembangan sejak bayi hingga lansia. Namun perubahan yang sangat terlihat pada tubuh manusia yaitu ketika masa remaja. Dimana pada masa tersebut merupakan fase pubertas. Perubahan tersebut akan beda yang dialami antara remaja putri dan putra.

Perubahan Fisik Pada Remaja Putri

Pada masa pubertas, remaja putri akan mengalami perubahan pada fisiknya di berbagai bagian. Ketika anak mengalami masa ini, peran orang tua sangat dibutuhkan di dalamnya. Sebab pada Fase ini anak butuh untuk diajarkan beberapa hal san juga diberi pengertian tentang perubahan yang terjadi pada dirinya.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya pada uku terbitan mustika pustaka negeri. Bahwasanya perubahan fisik remaja putri yang akan dialami dan terlihat yaitu sebagai berikut:

  • Payudara membesar. Bagian dada depan pada remaja putri biasanya akan semakin membesar ketika masa pubertas.
  • Tumbuh bulu ketiak dan kemaluan. Biasanya anak yang sudah menginjak usia remaja akan mengalami perubahan seperti tumbuh bulu di bagian lipatan ketiak dan juga kemaluan.
  • Muncul jerawat. Masa pubertas pada seorang anak akan memicu kinerja hormon yang dapat menimbulkan jerawat.
  • Mudah berkeringat. Remaja putri akan mengalami mudah keringat saat memasuki usia pubertas. Hal ini merupakan suatu masalah yang wajar.

Perubahan Fisik Pada Remaja Putra

Selain perempuan, remaja putra juga akan mengalami perubahan fisik ketika masa pubertas. Perubahan pada remaja putra berbeda dengan putri. Namun peranan orang tua juga sama pentingnya dengan remaja putri.

Semua itu agar anak dapat terarah kedepannya. Sebab biasanya masa remaja akan merasa penasaran dengan hal baru. Beberapa perubahan fisik pada remaja putra yang bisa dilihat orang lain dan mampu dirasakan diri sendiri yaitu sebagai berikut:

  • Penis dan testis semakin besar. Yang dapat dilihat dan dirasakan oleh remaja itu sendiri yaitu perubahan pada alat kelaminnya yang semakin besar ukurannya. Pada masa remaja, penis dan testis akan mengalami pembesaran, memanjang dan menebal.
  • Tumbuh rambut di ketiak dan kemaluan. Sama seperti remaja putri, putra juga akan mengalami tumbuh rambut di area tubuh tertentu. Contohnya pada kemaluan dan juga ketiak. Namun, pertumbuhan rambut ini lebih tebal dibandingkan dengan remaja putri.
  • Perubahan suara. Perubahan lain yang bisa dirasakan oleh semua orang adalah, suara akan semakin berat pada masa remaja.
  • Tumbuh jakun. Pada remaja putra akan terlihat perubahan yang mencolok yaitu di bagian leher. Pada bagian tersebut akan muncul jakun yang ukurannya berbeda-beda setiap remaja.

Itulah tadi perubahan fisik yang bisa dirasakan dan dilihat pada remaja. Semua pembahasan diatas telah disampaikan pada salah satu buku yang telah diterbitkan oleh mustika pustaka negeri. Seperti yang telah dijelaskan tadi, jika perubahan pada masa remaja sangat memerlukan peranan orang tua untuk mendampingi.

 

You may also like