Apa yang Dimaksud Dengan Shot Therapy di Pondok Pesantren?

by admin_mozaic
Apa yang Dimaksud Dengan Shot Therapy di Pondok Pesantren

Begitu mendengar kata SHOT therapy mungkin anda akan bertanya apa maksudnya? Apalagi disangkutpautkan dengan pondok pesantren terbaik di Jawa Barat, Pondok pesantren Nurul Firdaus. Ternyata Shot adalah salah satu bagian dari methode rehabilitasi mental yang ada di Pondok pesantren tersebut. Artikel ini akan menjelaskan dengan detail tentang SHOT, jika anda tertarik silahkan melanjutkan membaca artikel ini.

Definisi dan Konsep SHOT

Dikutip dari http://gumilar.net/, SHOT adalah singkatan dari Spiritual Hypnosis Motivasi dan Therapy. Shot therapy ini ternyata dibuat sejak tahun 2006 dari hasil pemikiran dan berbagai uji coba yang dilakukan oleh Dr. Gumilar, S.Pd.,MMdidukung oleh hasil penelitian ilmiah lainnya dari para pakar pendidikan. Para pakar juga telah menyimpulkan bahwa teknik ini berdampak positif dan signifikan sebagai alternatif therapy melalui hypnosis.

SHOT yang juga disebut sebagai Spiritual – Hypnotivation Therapy ini memiliki konsep yang berbeda dengan konsep-konsep yang ada dan berkembang saat ini. Konsep ini membuktikan bahwa penggabungan empat dimensi tidaklah sulit dan mungkin. Pola pikir yang seimbang dan berubah diperoleh melaluiperubahan pola pikir dengan hypnosis dan pemberian motivasi dan pola sikap. Semua ini dibantu dengan konsep mistisisme islam.

Tujuan dan Sasaran SHOT

SHOT memiliki tujuan untuk memberikan kompetensi pengembangan diri dan juga kepribadian, diikuti oleh pengoptimalan kemampuan yang ada pada diri sendiri. Sehingga bisa melakukan aktivitas secara maksimal, tanpa keraguan dan inovasi yang tinggi. Tujuan ini bisa diraih dengan menanamkan keyakinan positif melalui sugesti-sugesti positif. Kemudian menetapkan pola pikir teroptimalisasi pada otak dan hati.

Diikuti dengan menghilangkan dan mengganti seluruh sikap negatif menjadi sikap positif. Memantapkan kepribadian serta perubahan diri ke arah yang lebih baik, menetapkan tujuan hidup yang jelas, menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, berdedikasi dan berloyalitas tinggi serta memberikan makna terhadap diri dan orang lain. Tujuan inilah yang diharapkan oleh Dr. Gumilar, S.Pd.,MM sebagai pemimpin utama pesantren terbaik di Jawa Barat ini.

Begitu juga dengan sasaran SHOT yaitu: mengganti kebiasaan buruk dengan yang baik; mengganti dan menghapus ingatan yang menyusahkan dengan yang menggairahkan; menghancurkan ketakutan untuk gagal; hilangkan kebiasaan menunda dan menghilangkan inferiority complex.

Metode Pelatihan

Mungkin sampai disini anda mulai tertarik dengan dasar pemikiran SHOT ini.  Dengan tujuan dan sasarannya yang selalu menuju ke hal positif, mungkin anda akan mulai merasa tertarik untuk belajar atau mempraktikkan SHOT ini. Jika anda memang tertarik, anda perlu mengetahui bahwa SHOT memiliki metode palatihannya sendiri.

Metode Shot-training di desain dengan cara: membentuk team work yang solid dengan cara learning by doing; pelaksanaan dilaksanakan secara interaktif, dimana persentase praktik lebih besar dari teori; kemudian training akan diberikan dalam bentuk simulasi dan diskusi kelompok yang juga diikuti dengan game simulasi.

Materi program dan pelatihan

Materi program yang dimiliki oleh SHOT adalah membangun rasa keterbukaan beserta keberanian yang tinggi, dengan harapan membangun potensi sebagai pemimpin juara, yang didukung oleh pembangun sikap diri yang penuh syukurdan mampu merenung dan menginstropeksi diri. Dapat dilihat pesantren terbaik di Jawa Barat, Ponpes Nurul Firdaus, juga menanamkan materi tersebut untuk para santrinya.

Materi yang dilakukan akan dimulai dengan affirmation dimana penanaman sugesti agama sesuai keyakinan masing-masing dilakukan. Kemudian di stage hypnotist, akan di tunjukkan secara nyata bahwa metode hypnosis dan hypnotherapi memang terbukti nyata bekerja. Dilanjutkan dengan Self-hypnosis, parts therapy, object imagery, inner motivation dan berbagai macam materi lainnya yang bisa dipelajari.

Jenjang training

Seperti yang disampaikan sebelumnya, jika anda berminat untuk mengikuti pelatihannya maka anda bisa mempelajari lebih banyak dan menjadi praktisioner SHOT. Pelatihan Shot memiliki beberapa jenjang training yaitu: Training of member shot(TOM), training of trainer(TOT), dan Training to be a master trainer (TomT).

Cukup sampai di sini informasi yang bisa saya berikan berkaitan dengan SHOT therapy. Saya harap informasi ini bisa memberikan penjelasan yang cukup mengenai apa, tujuan, dan materi Shot therapy. Mungkin saja di kesempatan lain, anda merasa tertarik untuk ikut mempelajari teknik SHOT therapy ini. Terima kasih.

You may also like