Mengenal Jenis Tusuk Jahitan, Belajar Menjahit Menjadi Lebih Mudah!

by admin_mozaic
Jenis Tusuk Jahitan

Banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu di masa pandemi seperti ini, salah satunya adalah dengan belajar menjahit. Meskipun terkesan sulit untuk belajar menjahit secara otodidak, namun menjahit bukanlah sesuatu yang tidak bisa untuk dipelajari oleh pemula. Langkah paling awal yang bisa dilakukan adalah dengan mengenal jenis tusuk jahitan. Dengan mempelajari hal tersebut maka proses selanjutnya akan terasa lebih mudah.

Proses menjahit tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan mesin, Anda bisa mempraktekannya dengan cara manual menggunakan tangan. Banyak yang bisa dihasilkan dengan menekuni aktivitas menjahit, diantaranya baju, sprei, sarung bantal, tas, dompet, taplak meja, dan lain-lain. Anda bisa belajar menjahit dengan membuat hal yang paling sederhana terlebih dahulu.

Membuat barang sederhana akan melatih keterampilan agar hasil jahitan menjadi lebih rapi nantinya. Selain itu, tingkat keberhasilan yang lebih tinggi juga akan memacu semangat untuk terus belajar menjahit dan mengembangkan kemampuan. Jika Anda memulainya dengan membuat sesuatu yang rumit, banyak kendala yang akan ditemui dan hal tersebut bisa saja melemahkan semangat. Jadi mulailah belajar dari hal yang paling dasar terlebih dahulu.

Oleh karenanya, Anda wajib mengenal beragam jenis tusuk jahitan terlebih dahulu. Setiap jenis memiliki cara dan kegunaan yang berbeda. Anda juga harus mengerti jika ingin membuat jahitan pada bagian tertentu, maka harus menggunakan teknik yang mana. Bukan tanpa alasan, hal tersebut harus dilakukan agar hasil jahitan lebih rapi.

Untuk membuat satu barang dengan hasil yang bagus, maka diperlukan teknik menjahit yang sesuai dengan bahan yang digunakan. Tanpa teknik yang baik maka Anda tidak bisa menghasilkan barang yang berkualitas sebagus apapun pola yang sudah dibuat. Bahkan jika menguasai teknik tersebut, Anda bisa menghasilkan jahitan yang rapi seperti jahitan menggunakan mesin, meskipun sebenarnya dilakukan secara manual menggunakan tangan.

Untuk dapat mempelajari beragam jenis tusukan jahitan, ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan. Antara lain:

  1. Siapkan benang

Pilihan benang sebaiknya disesuaikan dengan warna kain agar hasil jahitan yang dibuat lebih indah dan juga lebih rapi dipandang mata. Jika tidak ada, pilihlah yang mendekati warna kain. Selain itu pastikan benang yang digunakan memiliki kualitas yang baik dengan warna yang cerah dan tidak mudah putus.

  1. Siapkan Jarum

Setelah benang tersedia, siapkan jarum jahit. Sesuaikan ukuran jarum jahit dengan keperluan serta benang yang digunakan. Sebaiknya gunakan jarum yang dengan ujung runcing yang tajam. Agar Anda lebih mudah dalam menjahit.

  1. Siapkan Kain

Pilih kain yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk pemula yang masih baru belajar menjahit, sebaiknya jangan memilih kain yang harganya mahal.

  1. Siapkan Jarum Pentul

Jarum pentul disiapkan bila mana ingin menandai jalur jahitan agar hasil yang didapat lebih rapi. Jika tidak ingin menggunakan jarum pentul, cara lain yang bisa dipakai adalah menandai garis dengan kapur.

Setelah apa yang dibutuhkan siap, maka Anda bisa mempraktekan langsung bagaimana cara membuat beragam jenis tusuk jahitan sesuai dengan keterangan yang bisa dilihat pada artikel mengenai hal tersebut. Untuk menjahit bagian tepi dan bagian lainnya diperlukan teknik yang berbeda. Beberapa jenis tusukan juga diperuntukkan untuk tujuan tertentu dalam proses menjahit.

Meskipun terlihat sepele, namun Anda tetap harus fokus dalam mempelajari hal ini. Jangan ragu untuk langsung mempraktekannya, Karena dengan praktek, kemampuan yang Anda akan terlihat dan bila mana terdapat kesalahan maka bisa langsung diperbaiki.

 

 

You may also like