Penting! Inilah 4 Cara Anti Rayap Paling Efektif yang Harus Anda Ketahui

by admin_mozaic
Penting! Inilah 4 Cara Anti Rayap Paling Efektif yang Harus Anda Ketahui

Penting! Inilah 4 Cara Anti Rayap Paling Efektif yang Harus Anda Ketahui. Rumah yang banyak mempunyai elemen kayu di eksterior ataupun interiornya, maka tentu saja butuh perawatan yang lebih. Di negara tropis seperti halnya Indonesia, kayu itu memiliki musuh nomor satu yaitu rayap.

Jika tidak Anda perhatikan perawatannya, maka masalah rayap ini pasti akan membuat Anda sangat pusing. Namun Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini akan diberikan beberapa tips untuk bisa mencegah dan membasmi rayap secara efektif.

Rayap Paling Suka di Tempat yang Lembab

Habitat favorit para rayap untuk bisa bersarang yaitu daerah gelap dan juga lembab. Supaya perabotan Anda tidak mudah keropos dan habis digerogoti rayap, maka Anda bisa menjemur perabotan tersebut di bawah sinar matahari. Hal ini dikarenakan rayap tidak suka di tempat yang cukup panas. Lakukan hal tersebut secara rutin dengan menjemur perabotan, supaya rayap cepat menghilang dari tempat tersebut.

Lindungi Rumah Kayu Dari Rayap

Jika rumah Anda tersebut terdiri dari banyak material kayu, maka bahan bangunan yang satu ini memang sangat mudah sekali untuk diserang rayap. Untuk itu Anda bisa menggunakan anti rayap dengan menyemprotkan atau mengolesi bagian yang sering dimakan rayap dengan menggunakan  minyak tanah. Maka secara perlahan semua rayap akan mati dan juga bagian tersebut akan hilang dari semua serangan rayap.

Periksa Rumah Setiap 3-6 Bulan Sekali

Untuk bisa mencegah dan juga membasmi rayap pada bangunan rumah ataupun furnitur. Maka Anda juga bisa mendatangkan jasa pest control atau kontrol hama untuk pembasmian rayap. Anda bisa memeriksa rumah Anda paling tidak setiap 3-6 bulan, hal ini untuk memastikan kalau rumah Anda bebas dari rayap.

Rapikan Buku dan Kertas

Jika Anda hobi membaca dan juga memiliki banyak koleksi buku yang ada di rumah, maka sebaiknya koleksi tersebut dibersihkan secara rutin. Ini merupakan salah satu cara anti rayap yang cukup handal. Rayap dan juga serangga sangat suka pada kertas, karena kertas tersebut terbuat dari serat kayu. Maka sebaiknya Anda rapihkan dan bersihkan rak, buku, kertas-kertas sampai wallpaper dinding Anda jika Anda ingin bisa menghindari sarang rayap.

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membasmi rayap. Tahapan anti rayap ini dianggap paling efektif untuk dilakukan. Sehingga rumah dan perabot Anda bisa bebas dari serangan rayap. Selamat mencoba!

 

 

 

 

You may also like