5 Cara Bersihkan Mesin Mobil dengan Benar dan Aman

by admin_mozaic
5 Cara Bersihkan Mesin Mobil dengan Benar dan Aman

Mengetahui cara bersihkan mesin mobil adalah bekal pengendara mobil agar dapat merawat mobil dengan baik. Apalagi semakin tua mobil usia mesinnya pun semakin tua dan turun efektifitas fungsinya. Tidak dipungkiri, debu dan kotoran juga menjadi pengaruh mesin mobil menurun.

Oleh sebab itu, menjadi sangat penting bagi pemilik mobil mengetahui perawatan mesin yang benar dan aman. Walaupun memang ada jasa servis tapi tidak ada salahnya untuk merawat mobil kesayangan dengan tangan sendiri. Bagi yang belum tau bagaimana cara membersihkan mesin mobil yang benar, bisa ikuti langkah cara berikut:

1. Sediakan Peralatan dan Pastikan Mesin dalam Kondisi Dingin

Perkakas atau peralatan yang perlu disiapkan untuk membersihkan mesin mobil diantaranya air, selang, ember, sabun mobil, spons, engine degreaser serta lap juga. Selain itu, setelah menyiapkan data tersebut mesin yang ingin dibersihkan sudah dalam kondisi dingin agar tidak terjadi masalah baru pada mesin dan membahayakan diri sendiri.

2. Bersihkan Mulai dari Debu-Debu Kecil

Pembersihan mesin mobil dimulai dengan membersihkan terlebih dahulu debu-debu ringan yang menempel. Biasanya kotoran atau debu yang menempel tersebut mudah dibersihkan dengan lap saja tanpa air. Bersihkan dengan menyapu permukaan sampai ke sela-selanya.

3. Angkat Aki Mobil

Mengangkat aki mobil merupakan langkah selanjutnya dari membersihkan mesin mobil. Upaya ini dilakukan agar pembersihan lebih maksimal serta memudahkan dalam pengerjaan dan memutus aliran listrik. Dengan demikian, ancaman korsleting listrik saat membersihkan mesin tidak terjadi.

4. Bersihkan Mesin Secara Menyeluruh

Pada langkah inti dari cara bersihkan mesin mobil yaitu membersihkan mesin secara menyeluruh tetapi disarankan memulai dari bagian bawah kap mobil terlebih dahulu. Setelah itu, mulai basahi permukaan mesin dengan air. Gunakan cairan pembersih dan sikat untuk menggosok kotoran yang membandel. Setelah dipastikan sudah bersih maksimal lanjut dengan penggunaan alat di degreaser.

Bersihkan mesin secara menyeluruh sampai ke pori-porinya. Lakukan dengan menyiram air secara hati-hati sampai seluruh bagian mesin basah dan barmi langkah tersebut dengan menggosok permukaan mesin. Usahakan gosok secara teratur untuk mengantisipasi adanya goresan supaya mesin performanya tetap terjaga.

5. Lakukan Pengeringan

Tahap terakhir dalam melakukan pembersihan mesin ini yaitu mengeringkan komponen mesin dengan lap chamois. Waktu pengeringan mobil menghabiskan 2 sampai 3 jam. Jika seluruh bagian mesin kering lanjut dengan memasangkan aki mobil dengan hati-hati serta pastikan baut-baut yang diperlukan agar terpasang sempurna.

Itulah langkah cara bersihkan mesin mobil yang bisa dilakukan dengan mudah dan aman. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait cara-cara merawat mesin atau perangkat mobil lainnya bisa kunjungi Mobilku. Di sana banyak informasi penting terkait perawatan otomotif yang benar dan aman. Jadi, kalau terjadi permasalahan pada kendaraan langsung cek pada website Mobilku tersebut.

You may also like