Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Mobil Menurut Otoklix

by admin_mozaic

Mobil berbau tidak sedap memang sangat tidak nyaman bagi penumpang. Tidak jarang, kita mencari cara penghilang bau mobil. Sebelum baunya bertambah parah, sebaiknya segera lakukan cara menghilangkan bau apek pada mobil di bawah ini. Caranya mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. 

Cara Menghilangkan Bau di Mobil

Benda-benda sederhana di sekitar kita bisa dipakai untuk menghilangkan bau apek pada mobil. Ini dia ulasannya. 

1. Vacuum cleaner

Vacuum cleaner bisa digunakan sebagai penghilang bau mobil. Biasanya bau dalam mobil disebabkan oleh kotoran,sisa makanan, asap rokok, dan lainnya. Dengan menggunakan vacuum cleaner, kita bisa menghilangkan bau apek pada mobil dari bahan-bahan penyebab bau tersebut. 

Caranya adalah dengan menggunakan vacuum cleaner untuk seluruh interior mobil berbahan kain, karpet mobil, alas kaki, dan jok. Bentuk vacuum cleaner yang disarankan adalah yang ujungnya ramping. 

2. Sabun, sikat, dan air

Ada kemungkinan kabin mobil terkena tumpahan benda cair, misalnya makanan atau minuman. Untuk menghindari baunya semakin parah, kita bisa langsung mencuci mobil dengan menggunakan sabun (disarankan sabun batangan), sikat, dan air untuk membersihkan area yang terkena tumpahan tersebut. Caranya seperti menyikat noda pada baju yang kotor. Kemudian, biarkan sampai kering. Kalau perlu taburkan bubuk kopi agar aromanya kembali netral. 

3. Bubuk kopi

Kopi memang dipercaya bisa menghilangkan bau tidak sedap, termasuk sebagai penghilang bau mobil. Bau tidak sedap di dalam mobil bisa dinetralisir dengan menaburkan bubuk kopi di kabin mobil. Jangan lupa setelah didiamkan beberapa saat, kopi dibersihkan kembali. 

4. Jemur di sinar matahari

Cara menghilangkan bau apek pada mobil berikutnya adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari memang bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap pada kain atau bahan lainnya. Termasuk interior mobil. Caranya adalah dengan mengeluarkan aksesoris mobil yang bisa dilepas, misalnya karpet pelapisnya, bersihkan bagian yang kotor, lalu jemur di bawah sinar matahari langsung.

5. Pengharum beraroma lembut

Memakai pengharum mobil beraroma lembut juga bisa jadi solusi jitu menghilangkan bau apek pada mobil. Sebaiknya tidak memilih dengan bau menyengat agar baunya tidak bertabrakan dengan bau mobil. Caranya adalah dengan menyemprotkan parfum ke dalam kabin mobil. Setelah itu, sebaiknya jangan langsung menutup pintu dan kaca mobil. Biarkan terbuka selama kurang lebih 30 menit agar sirkulasi udara bekerja maksimal.

6. Daun pandan

Selain kopi, bahan alami yang bisa dipakai untuk penghilang bau mobil adalah daun pandan. Daun pandan memang biasanya ditambahkan pada masakan untuk menambah aroma wangi. Namun, ternyata daun ini juga sangat efektif menghilangkan bau apek, termasuk yang sulit hilang.

Caranya cukup meletakkan 8-10 helai daun pandan segar di bawah dashboard atau jok mobil. Aroma ini akan menguar dengan lembut sehingga penumpang di dalam mobil juga merasa nyaman.

7. Gunakan air purifier

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mobil adalah dengan menggunakan air purifier. Fungsi dari alat ini adalah untuk memaksimalkan sirkulasi udara sehingga bau tidak sedap bisa diminimalisasi.

Itu dia 7 cara menghilangkan bau tidak sedap di dalam mobil. Bagaimana dengan bau rokok? Simak cara menghilangkan bau rokok di dalam mobil berikut ini.

Penghilang Bau Rokok di Mobil

Paling tidak ada 6 cara yang bisa dilakukan sebagai penghilang bau rokok di mobil. Mari kita ulas satu per satu cara di bawah ini.

1. Membersihkan sampah di mobil

Tong sampah di dalam mobil memang penting. Namun, jangan sampai lupa membuang sampah tersebut setelah membuang puntung rokok di dalamnya. Hal ini bisa membuat bau rokok tetap bertahan di dalam mobil. Memang sebaiknya tidak membuang puntung rokok di dalam mobil. Keluarkan sampah-sampah di dalam mobil secara rutin setiap hari. 

Setelah membuang sampah, coba bersihkan bagian interior lainnya menggunakan cairan pembersih khusus mobil. Bau rokok bisa menempel pada jok, karpet, dan langit-langit. Bisa juga ditambah membersihkan celah-celah mobil menggunakan penyedot debu. Setelah semua bagian mobil dibersihkan, kita bisa berkendara dengan semua kaca jendela setengah terbuka selama 5 – 10 menit agar aroma tidak sedap bisa keluar.

2. Pakai penghilang bau mobil berbahan enzim

Kalau cara di atas masih belum cukup menghilangkan bau mobil, kita bisa pakai penghilang bau berbahan enzim. Harganya memang cukup tinggi, tetapi hasilnya lebih baik dalam menghilangkan bau tidak sedap. Bau asap rokok yang tidak sedap bisa cepat hilang.

3. Memakai bahan alami

Cara menghilangkan bau rokok di dalam mobil juga bisa dengan bahan-bahan alami lainnya selain kopi dan daun pandan. Bahan yang bisa jadi alternatif adalah kulit jeruk, teh celup, arang, cuka, baking soda, atau bubuk kayu manis.

Cara menghilangkan bau tidak sedap pada mobil dengan bubuk kopi, teh celup, kulit jeruk, dan cuka adalah langsung menaruhnya di dalam kabin mobil. Bisa juga menggunakan mangkuk khusus untuk teh celup atau bisa digantung di spion tengah.

Cara menggunakan baking soda sebagai penghilang bau rokok di dalam mobil adalah dengan menaburkannya di bawah karpet penumpang, di bawah dashboard, dan di bawah jok. Setelah itu diamkan beberapa saat baru dibersihkan. Untuk memudahkan pembersihan, bisa menggunakan vacuum cleaner.

Terakhir, cara menggunakan arang sebagai penghilang bau mobil adalah memotongkan dalam ukuran kecil, lalu taruh di sudut-sudut mobil. Diamkan selama beberapa hari agar efeknya lebih maksimal.

4. Membuka jendela saat merokok

Cara ini dilakukan sebagai pencegahan agar tidak ada bau rokok di dalam mobil. Caranya adalah dengan membuka kaca jendela mobil saat merokok. Pertama, matikan dulu AC mobil, baru buka kaca jendela. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi bau rokok berlebihan di dalam mobil. Namun, pastikan membuka kaca mobil di tempat yang minim asap dan debu supaya kotorannya tidak malah masuk kabin mobil.

Itu dia cara-cara penghilang bau mobil dan penghilang bau rokok di dalam mobil. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi AC mobil di bengkel AC mobil terdekat. Caranya bisa dengan mencari via aplikasi Otoklix.

You may also like

Leave a Comment