Begini Cara Melihat Analytic YouTube dan Pelajari Menu Utamanya!

by admin_mozaic
Begini Cara Melihat Analytic YouTube dan Pelajari Menu Utamanya!

Memulai jadi YouTuber tidak hanya memerlukan kreativitas untuk menciptakan suatu karya dalam bentuk video. Terdapat pula fitur-fitur YouTube yang harus dipahami dan dipelajari, termasuk analytic YouTube. Cara melihat analytic YouTube sangatlah mudah dipahami.

Selain mencoba cara melihat analytic pada YouTube, pengguna juga perlu mengetahui menu-menu yang menjadi aspek penting pada analytic YouTube yang memiliki fungsi masing-masing. Menganalisis YouTube dapat bermanfaat sebagai pengembangan akun YouTube ke depannya.

Cara Membaca Analytic YouTube

Analytic YouTube adalah alat sebagai pengukur performa akun dan video YouTube, yang dapat diukur berdasarkan menu metrik yang akan ditampilkan dalam bentuk grafik. Analytic YouTube dapat diakses oleh akun YouTube pribadi milik pengguna.

Maka dari itu, analytic YouTube hanya dapat berguna untuk melihat perkembangan akun YouTube sendiri, dan bukan akun YouTube orang lain. Manfaat fitur analytic ini adalah untuk mengevaluasi channel Youtube, mengetahui pendapatan dan sebagai sumber pengetahuan traffic.

Analytic YouTube sangat berguna bagi Youtubers pemula maupun profesional. Melihat analytics pada channel YouTube dapat menjadi aspek pengukur keberhasilan channel YouTube. Berikut panduan cara melihat analytic YouTube yang mudah untuk diikuti:

  • Masuk ke akun YouTube pribadi.
  • Klik ikon “Profile”.
  • Pilih opsi “YouTube Studio (Beta)”.
  • Klik opsi “Analytics”.
  • Selesai.

Aspek Menu Metrik yang Diukur Pada Analytic YouTube

Setelah pengguna mengerti cara melihat analytic pada akun YouTube, maka pengguna juga perlu mengetahui aspek metrik yang terdapat di dalam grafik analytics. Terdapat 4 aspek yang wajib diketahui oleh pengguna, yaitu:

1. Reach atau Jangkauan

Aspek metrik ini berfungsi untuk menginfokan berapa banyak viewers yang didapatkan oleh konten video yang diunggah pengguna. Aspek ini juga memberitahu bagaimana video pengguna dapat ditemukan, misal dari hasil rekomendasi atau viewers menonton videonya karena hasil browsing.

2. Overview atau Ringkasan Data

Cara melihat analytic YouTube adalah membaca aspek metrik overview, yang mana menunjukan grafik tinjauan keseluruhan performa channel YouTube pengguna. Misal, overview ini menunjukkan real time activity pada 48 jam terakhir.

3. Engagement atau Interaksi

Aspek engagement merupakan respons yang dilakukan oleh viewers terhadap konten video miliki pengguna di akun YouTube. Pengguna dapat melihat durasi yang digunakan oleh viewers untuk menonton video pengguna. Selain itu juga, menu metrik ini dapat mengetahui jumlah klik video pengguna.

4. Audience atau Penonton

Aspek metrik pada analytic YouTube yang terakhir adalah audience, yang mana akan ditunjukkan demografi penonton konten video YouTube pengguna. Demografi tersebut seperti usia, lokasi, gender dan penggunaan subtitle. Untuk info lebih lengkap mengenai informasi demografi dapat diakses pada situs pasca-uinsuska.id.

Itulah berbagai informasi tentang cara melihat analytic YouTube yang berfungsi untuk membantu mengembangkan channel YouTube milik pengguna. Fitur analytic ini berbentuk grafik yang mana dapat dibaca dengan mudah dan sederhana bagi Youtubers pemula dan profesional.

You may also like