Bingung Kenapa GB WA Lemot? Ini Cara Mengatasinya

by admin_mozaic
Bingung Kenapa GB WA Lemot? Ini Cara Mengatasinya

Aplikasi GB Whatsapp tentunya tidak luput dari kendala yang hampir sama seperti aplikasi Whatsapp biasanya. Banyaknya pengguna bingung kenapa GB WA lemot sehingga sulit untuk digunakan berkomunikasi dengan yang lainnya. Namun, pengguna tak perlu khawatir, karena masalah tersebut sudah biasa dan bisa diatasi dengan mudah.

Banyaknya pengguna yang telah memakai GB Whatsapp, menjadikan aplikasi tersebut termasuk ke dalam aplikasi populer. Namun sama seperti aplikasi lainnya, terkadang GB Whastapp memiliki beragam kendala ketika digunakan, contohnya lemot sehingga tak bisa menerima pesan. Berikut ialah cara yang dapat diterapkan untuk mengatasi Whatsapp GB yang lemot:

1. Melakukan Pengecekan Jaringan

Apabila GB WA mengalami kendala seperti tidak bisa mengirim ataupun menerima pesan, coba periksa jaringan yang digunakan. Beberapa aplikasi memerlukan koneksi jaringan yang stabil hingga kuat, jadi pastikan jaringan tidak mengalami kendala.

Jaringan yang tidak stabil bisa disebabkan dari area yang dijangkau, pengguna mungkin saja berada di area dengan minim jaringan. Pengguna bisa pindah ke area yang jaringannya bisa lebih stabil, sehingga GB WA bisa digunakan seperti biasanya.

2. Mengupdate Aplikasi

Melakukan update aplikasi diperlukan, mungkin alasan kenapa GB WA lemot ketika akan mengirim atau menerima pesan karena aplikasi perlu diupdate. Oleh sebab itu, pengguna perlu mengupdate aplikasi dengan versi terbaru yang telah tersedia. Cara update aplikasi GB WA berbeda dengan cara update aplikasi WA resmi. Update WA GB hanya bisa dilakukan melalui situs unduhannya.

Caranya yang pertama yaitu masuk pada WhatsApp GB, kemudian klik titik tiga pada kanan atas. Masuk menu aero mods dan pilih menu tentang aplikasi. Klik menu package dan pengguna akan diarahkan ke step-step pengunduhan. Jika sudah terinstall, pengguna bisa mengecek apakah WA GB sudah terupdate pada menu pembaruan. 

3. Menghapus Data Aplikasi di GB WA

Penyebab yang paling umum menimbulkan masalah WA menjadi lemot adalah data yang sudah penuh pada aplikasi. Sebaiknya hapus data pada aplikasi GB WA yang sudah tidak diperlukan, untuk menghemat ruang penyimpanan yang tersedia di ponsel. Ruang penyimpanan yang terlalu penuh juga akan menimbulkan kendala lainnya yang akan terjadi pada aplikasi.

Pengguna bisa masuk ke menu pengaturan pada ponsel, pilih manajer aplikasi dan cari aplikasi GB WA. Selanjutnya, pengguna bisa klik menu penyimpanan, menghapus data, lalu tekan tombol OK. Pada menu penyimpanan akan terlihat berapa kapasitas ruang penyimpanan yang telah digunakan oleh pengguna.

4. Melakukan Restart Ponsel

Jika cara yang lainnya tidak berhasil, cobalah untuk melakukan restart pada ponsel yang digunakan untuk GB WA. Hal tersebut dilakukan untuk memulihkan kembali fungsi beberapa aplikasi yang telah dihapus datanya. Ponsel akan berfungsi seperti semula dan aplikasi akan memulihkan fungsinya setelah beberapa data dihapus.

Restart ponsel tentu tidak akan mengembalikan data yang telah terhapus sebelumnya, sebaiknya pastikan data penting telah di backup sebelumnya. Cobalah buka kembali aplikasi GB WA yang mengalami masalah sebelumnya, jika masih bermasalah coba install kembali aplikasi tersebut.

Pengguna aplikasi yang kebingungan kenapa GB WA lemot ketika mengirim dan menerima pesan, akan teratasi dengan beberapa cara tersebut. Apabila beberapa cara tak bisa memulihkan aplikasi, mungkin saja ponsel yang digunakan memiliki kendala lainnya. Pengguna juga bisa mengunduh GB Whatsapp di starpetrochem.co.id merupakan situs terpercaya untuk mengunduh aplikasi GB WA.

You may also like