Cara Mengatasi HP Lemot Hanya dalam Hitungan Menit

by admin_mozaic
Cara Mengatasi HP Lemot Hanya dalam Hitungan Menit

Cara mengatasi HP lemot memang mudah sekali apabila pengguna sudah tahu apa penyebabnya. Seringkali pengguna hanya menduga-duga saja masalah yang terjadi pada HP sehingga masalah tidak kunjung tuntas. Mengalami masalah HP lemot tidak perlu dibawa ke tukang service karena cara yang akan disajikan berikut ini dapat membantunya:

1. Melakukan Update Pada Setiap Aplikasi yang Dimiliki

Banyak pengguna yang merasa acuh dengan update aplikasi yang ada pada HP. Terdapat juga anggapan bahwa update ini tidak penting dan tidak berpengaruh apa-apa terhadap keberlangsungan HP kedepannya. Nyatanya, anggapan tersebut tidak benar karena dengan mengupdate aplikasi maka akan ada pembaharuan yang semakin mempermudah pekerjaan pengguna.

Kelebihan lain dari memperbaharui aplikasi ini adalah aplikasinya menjadi lebih ringan. Cara memperbaharui aplikasinya dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Play Store kemudian mengetik aplikasi yang akan di update. Selanjutnya, jika aplikasi sudah ditemukan klik update. Mudah sekali melakukan cara ini dan pengguna harus memastikan semua aplikasi terupdate secara sempurna.

2. Melakukan Instal Aplikasi yang Ringan

Dewasa ini banyak sekali aplikasi tiruan yang fungsi serupa dengan aplikasi yang sesungguhnya. Aplikasi tiruan tersebut biasanya memiliki kapasitas yang lebih ringan, sehingga sangat cocok sekali untuk HP yang tidak memiliki banyak RAM. Beberapa aplikasi tersebut dapat dicari pada web avandaalvin.com.

Menginstal aplikasi yang lebih ringan akan membantu kinerja sistem Android menjadi lebih optimal karena memorinya tidak terlalu penuh. Segera harus aplikasi yang berat dan gantilah dengan menggunakan aplikasi yang lebih ringan agar semakin memudahkan pekerjaan yang membutuhkan HP Android.

3. Merestart Ponsel

Cara mengatasi HP lemot yang selanjutnya adalah dengan melakukan restrat HP. Tujuannya adalah memulihkan sistem yang sempat lemot dan dengan waktu yang cepat. Nantinya HP akan mati sejenak kemudian hidup kembali dengan hanya satu kali klik saja. Pengguna yang melakukan restart dapat menghapus semua cache dan menghentikan semua tugas agar dapat berjalan normal kembali.

Mudah sekali melakukan restart atau muat ulang ini dan setiap ponsel memiliki caranya masing-masing. Umumnya, cara ini dapat dilakukan dengan menekan tombol power agak lama, kemudian klik start dan klik oke. Cukup dengan cara tersebut, HP Android pengguna sudah dapat berjalan normal lagi tanpa terjadi HP lemot.

4. Membersihkan Layar Beranda

Isilah layar beranda dengan aplikasi yang penting saja. Jangan sampai mengisinya dengan aplikasi yang seringnya tidak digunakan. Hal tersebut justru memicu HP menjadi lemot. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan tidak memasang wallpaper live, namun gantilah dengan gambar statis yang estetik saja.

5. Mengembalikan ke Peraturan Pabrik

Langkah ini merupakan yang terakhir apabila sudah mencoba beberapa cara di atas namun tidak berhasil. Kerugian yang akan didapatkan adalah semua data hilang beserta dengan aplikasi yang pernah diunduh. Dibalik kerugian tersebut terdapat keuntungan yang besar yaitu HP menjadi lebih ringan dan tidak akan ada yang namanya lemot.

Semua data yang ada pada ponsel beserta dengan sampah atau cache akan hilang semua. Pengguna harus mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini karena akan menjadikan HP menjadi seperti baru lagi. Dihimbau kepada pengguna untuk mengamankan terlebih dahulu data pentingnya agar tidak hilang.

Cara mengatasi HP lemot tersebut akan membantu pengguna ketika sedang dalam kesusahan. Pengguna pun tidak perlu meminta bantuan orang lain untuk memperbaiki Hpnya karena sekarang sudah dapat melakukannya sendiri. Bagaimana, tertarik untuk mencoba cara-cara tersebut? Pastikan membaca informasi dengan teliti agar tidak salah.

You may also like