Cara Mengatasi Windows Update error Pada Windows 10 dengan Mudah

by admin_mozaic
cara mengatasi windows update error pada windows 10

Mengupdate pembaruan pada windows akan memberikan keuntungan pada pengguna. Dengan mengupdate pengguna bisa mendapatkan perbaikan pada sistem, fitur terbaru, tampilan hingga keamanan yang akan menunjang kinerja sistem jadi lebih baik. Walaupun demikian, terkadang ketika mengupdate tersebut, terjadi masalah seperti error. Nah, berikut ada cara mengatasi Windows update error pada Windows 10 yang bisa diatasi sendiri:

1. Bersihkan File Cache Sistem

Cache ini pada dasarnya berguna untuk mengoptimalkan dan mempercepat kinerja sistem. Namun, ada beberapa kondisi, dimana ketika file-file cache terlalu banyak atau menumpuk, malah menimbulkan masalah. Misalnya seperti menyebabkan error, lemot, dan macet pada program atau sistem. Hal itulah, yang bisa saja menjadi penyebab error saat update Windows 10. Nah, berikut cara hapus file cache:

  • Pertama, bukalah jendela RUN dengan menekan Windows+R di keyboard.
  • Setelah muncul jendela, ketikkan %temp% pada kolom yang disediakan, lalu tekan OK.
  • Nah, jika sudah akan muncul tampilan baru dimana file cache berada. Disitu akan ada banyak file cache.
  • Lalu, hapus semua data-data tersebut, dengan memblok semua dan hapus.
  • Selanjutnya lakukan Restart perangkat. Jika sudah, pengguna bisa memulai kembali untuk mengupdate Windows dan selesai.

2. Jalankan Perintah SFC dan DISM di Command Prompt

Selanjutnya cara mengatasi Windows update error pada Windows 10, bisa saja terjadi karena file sistem yang rusak di perangkat. Nah, untuk memperbaikinya bisa dengan memanfaatkan perintah CMD seperti DISM, selain itu jalankan perintah SFC. Berikut langkah yang bisa dilakukan:

  • Buka Command Prompt menggunakan mode administrator. Selanjutnya, jalankan DSIM dengan tekan Enter.
  • Tunggulah hingga proses selesai atau proses DSIM mencapai 100%.
  • Jika sudah, jalankan SFC atau System File Checker lalu tekan Enter.
  • Terakhir, apabila selesai semua lakukan Restart. Kemudian, bisa melanjutkan kembali update Windows.

3. Menjalankan Troubleshooter Windows Update

Troubleshooter Windows update merupakan sebuah fitur yang dapat mendeteksi sekaligus memperbaiki masalah dengan otomatis. Hal itu, juga bisa digunakan untuk mengatasi ketika terjadi error saat update Windows 10. Caranya pun cukup mudah, pengguna bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Pertama, bukalah ikon Start menu yang tersedia. Setelah itu, tekan Settings.
  • Selanjutnya, pilihlah opsi Update and Security.
  • Apabila sudah, berikutnya tekan Windows update.
  • Kemudian, pilih menu Run the troubleshooter. Tunggulah hingga proses pengecekan selesai. Pengguna bisa mengikuti arahan yang diberikan sampai selesai.

Melakukan Windows update adalah hal yang sangat penting. Namun, ketika dalam proses update terdapat error, tentu itu bukan masalah besar jika diatasi dengan benar. Jika pengguna ingin tahu lebih banyak bisa kunjungi situs biggu. Disana pengguna akan mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya, tentunya berkaitan dengan ini.

Itulah cara mengatasi windows update error pada windows 10 yang bisa diatasi dengan sendirinya di rumah dengan mudah. Sebenarnya, dalam mengatasi error diatas masih ada banyak cara/metode lain yang bisa dilakukan. Nah, pastikan dalam menerapkan cara diatas dilakukan dengan baik dan benar, agar dapat berhasil.

You may also like