Genset untuk Optimasi Energi Listrik Industri

by admin_mozaic
Genset

Rental genset sangat membantu untuk mengoptimasi ataupun audit energi listrik untuk industri. Audit energi sendiri merupakan proses evaluasi dalam pemanfaatan energi serta identifikasi peluang penghematan energi untuk meningkatkan efisiensi suatu industri/ perusahaan. Arti kata Audit memiliki makna yang sangat luas yaitu evaluasi terhadap suatu sistem, organisasi, proses, ataupun produk. Biasanya hanya pihak yang berkompeten, tidak memihak dan objektif yang disebut auditor.

Hal ini bertujuan untuk memverifikasi subjek dari audit berjalan sesuai standarisasi, regulasi, serta praktik yang sudah diterima dan disetujui. Audit energi dibutuhkan untuk penggunaan energi lebih terukur, saat pengelolaan energi akan ada energy accounting guna merekam serta  menghubungkan penggunaan energi dengan biaya yang dikeluarkan. Ini akan sangat membantu dalam memonitor penggunaan energi

Keuntungan audit energi listrik untuk industri

Keuntungan audit energi listrik industri adalah untuk meningkatkan pengetahuan mengenai efisiensi energi, identifikasi biaya energi serta meminimumkan sesuatu hal terbuang. Selain itu guna membuat perubahan prosedur, sistem dan peralatan buat menyimpan energi dan menghemat sumber energi yang tidak bisa diperbaharui.

Hal ini juga turut dalam menjaga lingkungan karena berkurangnya pembangkitan tenaga sehingga mengurangi running costs. Ini juga akan membantu untuk mengetahui berapa energi yang dikonsumsi serta berapa besar energi yang digunakan hingga yang tidak digunakan. Untuk itulah dilakukan proses audit energi agar bisa mengetahui potensi ini.

Tahapan dalam proses audit energi ada 3 tahapan sebagai berikut :

TAHAPAN 1: Audit energi awal

Pada tahapan ini terjadi proses pengumpulan serta penyusunan data energi dari tahun sebelumnya. Sehingga bisa menghitung Intensitas Konsumsi Energi (IKE) dari tahun sebelumnya serta bisa membandingkannya dengan standar IKE.

TAHAPAN 2: Audit energi perincian

Jika terjadi indikasi pemborosan, akan dilakukan tahapan selanjutnya yaitu meneliti dan mengukur konsumsi energi dan membandingkan hasil pengukurannya dengan standard IKE.

TAHAPAN 3. Melakukan implementasi

Implementasi merupakan rekomendasi berdasarkan hasil analisis PHE Re enginering Investasi. Selanjutnya dilakukan monitoring serta evaluasi implementasi untuk kemungkinan hasilnya.

Dalam audit energi sangat dibutuhkan rental genset sebagai bentuk upaya mengoptimasi energi listrik industri. Selain itu, pastikan Anda bekerjasama dengan penyedia audit energi yang profesional dan kredibel.

You may also like